172 Angler Se-Kalimantan Selatan Kumpul di Mekatani Fishing, Banjarbaru

Cakra (kiri) Ketua Pelaksana Lomba menyerahkan piala untuk Juara 1 

Kabarmancing.com, Banjarbaru, Kalimantan Selatan – Event mancing Se-Kalimantan Selatan digelar Sabtu, 21 Juli 2018 kemarin. Ya, para angler Se-Kalimantan Selatan pun berebut ikut serta meramaikan ajang lomba berhadiah 3 sepeda motor dengan bandrolan tiket terjangkau. Sontak begitu diumumkan oleh panitia, seluruh pemancing berbondong-bondong mendaftar. Dari 172 lapak yang disiapkan panitia di event ini tiket pun habis terjual, bahkan masih banyak pemancing tidak kebagian lapak.

    Dari keterangan Cakra selaku ketua pelaksana lomba, event mancing ini diadakan dalam rangka ajang silahturahmi dengan sahabat-sahabat anglers Se-Kalimantan Selatan. Lokasi ajang kumpul pun dilaksanakan di Pemancingan Mekatani Fishing di Jalan Ahmad Yani Km 30, Mekatani, Banjarbaru (Eks Penangkaran Buaya), Kalimantan Selatan.

    Sabtu itu sejak pagi ratusan pemancing mulai berdatangan untuk mengisi 172 lapak di Mekatani. Luar biasa dengan jumlah ratusan lapak, para pemancing mulai memadati sekitar kolam hingga membuat suasana jadi ramai sekali dengan kedatangan angler dari wilayah yang ada di Kalimantan Selatan.

    Dengan tiket Rp 400 ribu per orang per lapak, usai daftar ulang, registrasi dan kocok lapak, peserta mulai menempati lapaknya masing-masing. Selanjutnya jam 10.30 lomba dimulai. Seperti biasanya event di Kalimantan Selatan ada jeda waktu istirahat menjelang siang untuk melakukan Isoma dan kembali dilanjutkan setelah Isoma sampai selesai. Begitu pula dengan event ini dari jam 10.30 sampai jam 12.30 WITA, lalu istirahat selama satu jam kemudian lanjut lagi jam setengah dua siang sampai berakhir setengah empat sore.

    Cakra pun merasa senang kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses serta kondusif. Cakra yang dibantu Rusdy, Surya, Fadli, Gangsar dan Ahmad, berjibaku agar kegiatan hari itu sukses dan tanpa ada kendala dan hambatan. Beberapa menit lomba dimulai sasaran ikan yang dituju mulai terangkat. Pemancingan Mekatani yang sudah menggunakan atap membuat peserta nyaman untuk melindungi para angler dari hujan dan sengatan matahari. Hari itu kondisi cuaca di Banjarbaru terasa panas sejak dimulai sampai selesai. Karena kondisi Mekatani sangat baik apalagi kolam tempat lomba sudah standar untuk pelaksanaan event mancing Se-Kalimantan Selatan, peserta pun merasa enjoy dari pagi sampai sore.

    Aturan main di Mekatani, sesuai dengan aturan kolam yang sudah dibuat lanjut Cakra, peserta wajib menggunakan satu mata kail, dilarang melempar umpan keluar jalur pada batas yang telah disediakan dan dilarang membuang/bom menggunakan tangan. Dari catatan panitia, peserta yang hadir datang dari Kabupaten Tapin 30 orang, Hulu Sungai Tengah 18 orang, Hulu Sungai Utara 12 orang, Tabalong 8 orang, Sungai Danau 2 orang, Tanah Laut 12 orang, Marabahan 11 orang, Banjarbaru dan Martapura 25 orang serta dari Banjarmasin sebanyak 25 orang. Wah……pokoknya hari itu pemancing yang datang Se-Kalimantan Selatan terasa ramai dan menghidupi suasana kolam. 

Cakra (kiri) dan Beta (panitia)

    Jumlah ikan yang ditebar di event ini sebanyak 600 kg (6 pikul) dari jenis tombro (mas). Untuk sponsor lanjut Cakra datang dari dealer Honda berupa sepeda motor. Kategori juara diambil 5 orang untuk induk terberat. Dimana juara 1, 2 dan 3 hadiahnya sepeda motor (off the road) dan juara 4 dan 5 hadiahnya mesin cuci dan dispenser. Lomba hari itu bukan berhadiah uang tunai namun sepeda motor dan barang.

    Dari jam ke jam sejak pagi sampai siang jelang sore, peserta terus berusaha agar bisa memenangkan lomba. Dengan  menggunakan umpan-umpan yang dipersiapkan pun berharap jadi juara. Lima juara sementara belum bisa terjawab dan pasti, siapakah akan memenangkan lomba ini dengan hadiah sepeda motor untuk 3 juara. Pertanyaan itulah membuat panitia terus mencatat berat ikan yang terangkat.

Para pemenang Induk Terberat berhadiah motor, mesin cuci dan dispenser foto bersama

    Lana dari Banjarbaru asal lapak 167 dengan berat ikan 1,025 kg tampaknya mulai sumringah yang memimpin di posisi teratas. Bila tidak ada yang menibannya, berarti beliau akan membawa pulang sepeda motor Honda Beat Pop. Pukul 4 sore panitia mengumumkan lomba berakhir. Juara pertama jatuh kepada Lana. Selanjutnya Cakra menyerahkan hadiah motor dan tropi kepada Juara 1 dilanjut hadiah motor untuk Juara 2 dan 3 serta mesin cuci untuk Juara 4 dan dispenser Juara 4.

    “Saya senang dan puas lomba berjalan sesuai rencana. Antusias pemancing Se-Kalimantan Selatan sangat luar biasa mengikuti event ini. Mudah-mudahan di lain waktu akan kembali saya gelar. Terima kasih kepada sponsor, rekan-rekan pemancing yang hadir dan teman-teman panitia yang turut membantu hingga terlaksananya acara ini,” pungkas Cakra dengan bangga.(langlang beta/foto:dok.langlang beta)

  • Induk 1 / Lana (Banjarbaru) / Lapak 167 / 1,025 Kg / Motor Honda Beat Pop + Tropi
  • Induk 2 / Fani (Banjarmasin) / Lapak 170 / 0,950 Kg / Motor Honda Beat Sporty + Tropi
  • Induk 3 / Raja Kupak (Banjarbaru) / Lapak 83 / 0,910 Kg / Motor Honda Revo + Tropi
  • Induk 4 / Kikuk (Banjarmasin) / Lapak 08 / 0,890 Kg / Mesin Cuci
  • Induk 5 / Hoki Kabayan (Banjarbaru) / Lapak 57 / 0,855 Kg / Dispenser
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. NOVIANJanuary 18, 2019 at 8:07 amReply

    Ini acara diadain tiap tahun ya?

Leave a Reply