Serunya Mabar & Baksos Bersama *ED-MAN*

Cover Edman

Kabarmancing.com, Batang, Jawa Tengah – Minggu, 7 Mei 2017, untuk pertama kalinya, sebuah perhelatan mancing akbar berlatar belakang kepedulian sosial digelar di Pelabuhan Batang, Jawa Tengah.

    Ya, serombongan besar pemancing yang tergabung dalam berbagai komunitas dari kota-kota/daerah di Pesisir Pantai Utara, Jawa Tengah dan Jawa Barat seperti dari Mancing Barramundi Brebes (Mabbes), Boncos (Pekalongan), Weleri Angler Community (WAC), Pemancing Muka Lama (Pemula), Sigandu Bersatu, Mancing Tegal – Brebes (MTB), Mancing Mania Cirebon (MMC), Buru Barra Spot Cirebon (BBS), KMMP, Kendal Angler dan banyak lagi, tampak hadir mengikuti kegiatan mancing bersama yang dikemas dalam bentuk sebuah Event Mancing Barramundi (kakap putih) Bersama oleh komunitas mancing *ED-MAN* (Edan Mancing) Kabupaten Batang.

Panitia menimbang berat ikan

Panitia menimbang berat ikan

    Kehadiran serombongan besar pemancing yang berasal dari berbagai kota/daerah di Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah dan Jawa Barat ini, sontak membuat suasana Pelabuhan Batang tampak meriah dan semarak. Apalagi target buruan mancing bersama dan kegiatan sosial ini barramundi (kakap putih), yang nota bene adalah ikan kharismatik yang penuh daya tarik dan buruan utama sebagian besar pemancing pantai di Jawa Tengah dan sekitarnya. Maka tak heran, jika kegiatan yang digelar mulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIB, mampu mengetuk dan merangsang minat para pemancing di daerah tersebut, untuk turut berpartisipasi dalam event yang bersifat sosial.

    Bagi masyarakat dan pehobi mancing di Kabupaten Batang, adanya gelaran mancing bersama tersebut, tentu sangat menggembirakan dan membanggakan mereka. Karena secara langsung atau tidak langsung, event mancing bersama ini telah memberikan andil yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan wisata bahari di Kabupaten Batang, termasuk di dalamnya wisata mancing.

Para pemenang

Para pemenang kegiatan Mancing Bersama dan Bakti Sosial

    Sementara pada sisi lain, melimpahnya jumlah peserta pada event ini tidak saja mendatangkan kegembiraan, tapi juga memberi kejutan tersendiri pada panitia penyelenggara. Hal itu menandakan bahwa, misi sosial yang tengah dijalankan oleh Komunitas *ED-MAN* telah berhasil mencapai sasarannya dengan baik.

 

Pemberian santunan kepada Nasihin

    Kepada kabarmancing.com Ketua Komunitas *ED-MAN* Arif Sulistiyanto mengatakan, bahwa penyelenggaraan mancing bersama ini salah satu bentuk upaya dari komunitasnya dalam membangun, memperkuat dan mempertahankan tali silaturahim diantara sesama pemancing dalam satu komunitas, maupun antara anggota dan komunitas mancing yang satu dengan anggota serta komunitas mancing lainnya.

Nasihin dalam perawatan di rumah sakit

Nasihin dalam perawatan di rumah sakit

    Sedangkan bakti sosial yang akan dilakukan Komunitas *ED-MAN* adalah, pemberian santunan kepada Nasihin (32 tahun), seorang pemancing asal Desa Wonomerto Rt 06/01, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, yang mengalami musibah salah satu kakinya terpaksa harus diamputasi, akibat tertimpa pecahan batu gunung berukuran besar saat tengah beraktifitas mancing di sungai.

    Melihat secara langsung jalannya Mancing Bersama dan Bakti Sosial yang digelar Komunitas *ED-MAN* di Pelabuhan Batang ini, memang sangat menarik. Karena selain kegiatan mancing sebagai unsur hobi, di dalamnya juga terdapat unsur olahraga dimana para pemancing dituntut untuk memiliki kondisi fisik dan stamina yang prima, guna menghadapi medan bebatuan dan tripod beton sepanjang lebih dari 1 km, yang tentunya akan terasa cukup berat dan melelahkan bagi peserta.   

Edman 4

    Selain itu, pada event di Batang ini para pemancing tidak hanya dituntut untuk memiliki semangat tinggi, kesabaran dan kemahiran memancing semata, tapi juga pengetahuan, kecerdasan, kecerdikan dan kemampuan dalam memilih/menentukan lokasi yang tepat untuk memilih lokasi memancing. Hal lain yang menarik dan patut dibanggakan dari kegiatan mancing bersama ini adalah, keberhasilan Komunitas *ED-MAN* dalam menggugah rasa kepedulian sosial para pemancing terhadap sesama pehobi mancing, yang memerlukan bantuan dan uluran tangan demi kelangsungan hidupnya.

Pemenang, peserta dan panitia foto bersama

Pemenang, peserta dan panitia foto bersama

    Di acara Mancing Bersama dan Bakti Sosial ini, akhirnya diperoleh urutan pemenangnya diantaranya, Juara 1 diraih Yoga (MMC)  dengan berat ikan 1,250 kg, Juara 2 oleh Mila (Pemula) bobot ikan 1, 215 kg dan Juara 3, Bowo (Mabbes) dengan perolehan ikan 0,785 kg.

    Di akhir pertemuan dengan Ketua Komunitas *ED-MAN*, Arif Sulistiyanto mengatakan, dirinya dan komunitasnya membuka pintu selebar-lebarnya bagi rekan-rekan pemancing dan masyarakat luas, yang ingin turut berpartisipasi memberikan donasi bagi Saudara Nasihin, dengan cara menghubungi Arif Sulistiyanto 0816 – 577616 dan Batara Kamajaya 0858 – 76227878.(m.iskandar.z-cirebon)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply