Bruim JakDep : Berlangsung Santai & Tetap Menjaga Persaudaraan

BRUIM 7

Kabarmancing.com, Depok – Minggu, 19 April 2015, komunitas dumay (dunia maya) facebook dengan julukan Bruim (Berbagi Resep Umpan Ikan Mas) ranting JakDep (Jakarta Depok) untuk kedua kalinya gelar mancing bareng (cingreng) sejak dikukuhkan Januari 2015 lalu. Bertempat di pemancingan Adhiraja DeLuna, Tanah Baru, Depok, 112 anggota JakDep hadir berbaur di kolam pelampungan ikan mas yang cukup luas itu.

    Bruim yang berdiri 2 tahun lalu dikenal suka berbagi resep umpan ikan mas ini, kini sudah melahirkan berbagai ranting  seperti di Jawa Barat, Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Di setiap ranting itulah agenda mancing kerap diselenggarakan, kali ini datang dari Bruim ranting JakDep. Itulah diutarakan Boedi Poernoto selaku ketua ranting Bruim JakDep.

    BRUIM 5Ditemui kabarmancing.com di tempat acara, Boedi didampingi Nana Sumarjo (humas Bruim JakDep) menjelaskan tujuan cingreng sebagai kegiatan mancing kebersamaan anggota Bruim di wilayah Jakarta dan Depok supaya anggota bisa mengenal lebih dekat lagi. “Tujuannya agar terjalin hubungan kekeluargaan dan kebersamaan diantara anggota. Dari mancing kami bisa silaturahmi dan tetap menjaga persaudaraan,” jelas Boedi.

    Ya, sebagai orang bertanggung jawab di Bruim JakDep, sesuai agenda  2015 ini kegiatan mancing bareng diadakan per 3 bulan di lokasi dan tempat berbeda. “Cingreng agenda rutin yang kami gelar. Dalam setahun empat kali,” kata Boedi yang ditimpali Nana.

    “Cingreng pertama sudah dilaksanakan Februari 2015 lalu. Untuk mancing bareng kedua ini setiap lapak diisi 2 peserta, dimana setiap peserta harus mencari sendiri pasangannya. Dari 56 lapak yang ada diisi jadi 112 lapak,” katanya dimana pasangan peserta bukanlah panitia menentukan tapi peserta sendiri mencarinya.

    BRUIM 4Sesuai aturan Adhiraja DeLuna tambah Boedi dan Nana, umpan dilarang menggunakan pelet. “Kami ikut aturan Ahdiraja DeLuna,” kata keduanya saat kabarmancing.com menanyakan umpan yang dilarang. Peserta pun wajib mematuhi aturan tersebut. Rincian ikan kembali Boedi menerangkan sebanyak 3 kuintal rame ukuran 4 dan 3 ekor perkilonya dan ikan babon/super 30 kg. Ada 5 juara dipilih, 3 juara ikan terberat, 2 juara total kiri dan kanan.

 

Berjalan tertib & lancar

    Sesuai jadwal panitia, cingreng pukul 9 pagi dimulai. 56 lapak yang diisi 112 orang menjadi ajang bagi peserta untuk mancing sambil refreshing. Meski santai namun panitia memberlakukan sistem cingreng dengan kategori ikan terberat dan total wilayah kiri kanan. “Setiap lapak dapat Umpan Djempol gratis. Acaranya rileks dan santai,” jelas Boedi.  

Juara 1 menerma hadiah dari Budi (kiri) Ketua Ranting JakDep

Juara 1 menerma hadiah dari Boedi (kiri) Ketua Ranting JakDep

    Anggota Bruim dengan mengenakan kaos hitam lengan panjang yang dibelakang kaos tertulis Bruim Ranting Jakarta Depok menjadi ciri khas bahwa yang berlaga itu dari komunitas Bruim. Namun ada pula sebagian anggotanya tidak menggunakan kaos tersebut.

    “Setiap peserta dikenakan biaya Rp150 ribu plus makan siang dan uang kas. Uang kas tujuannya untuk keperluan ranting, digunakan jika ada musibah yang terjadi diantara anggota kami,” kata Boedi. Meski tidak seluruh anggota hadir namun acara mancing tersebut tetap berlangsung santai dan sangat bermanfaat untuk menjalin tali silaturahmi

    Cingreng yang dimulai dari jam 9 pagi sampai 4 sore berjalan lancar, enjoy dan benar-benar berlangsung penuh keakraban. Saat pukul 12.00 seluruh peserta break dan angkat joran, untuk istirahat bersama dan makan siang serta melaksanakan shalat Dzuhur. Pukul 13.00 cingreng dimulai kembali.

Juara kedua

Juara Induk kedua

    Rangkaian panjang cingreng hingga jam 4 sore, pasca ikan super diturunkan jam 10 pagi dan ikan rame secara bertahap, lapak kecil ujung kiri mulai membuahkan hasil. Ipin dari lapak 25 pukul 11 lewat sudah menggaet ikan mas berbobot 3,05 kg. Keberhasilan Ipin ini belum jaminan bisa jadi juara. Waktu tersisa masih 5 jam lagi dan bisa saja Ipin ditiban.

    Selanjutnya ikan-ikan super mulai terangkat di lapak nomor kecil ujung kiri, begitu juga ikan-ikan rame mulai rata di setiap lapaknya, walaupun masih ada peserta belum menggaet ikan sama sekali. Teriakan saling ledek dan gurauan bergema diantara peserta. Timpal menimpal ejekan menjadi acara tampak kian ramai. Umpan putih yang digunakan peserta terus menjadi santapan ikan-ikan mas. Ikan babon di bawah 3 kg dari berbagai ukuran berat sebelum jam 12 siang mulai tergaet.

    Mancing santai ini jelas berbeda dengan mancing umumnya. Seluruh anggota nampak asik dan menikmati kebersamaan tersebut. Maklum, mancing ini untuk bersilaturahmi. Sebelum menginjak pukul 12 siang, panitia membagikan doorprize. Bagi yang berhasil langsung menuju meja panitia untuk ambil hadiah.

Juara Induk Tiga

Juara Induk Tiga

    Yang menggembirakan lagi terang Boedi, cingreng ini dapat dukungan dari sponsor yang ikut serta dalam kegiatan ini yang datang dari Umpan Djempol, Bang Dul (5 tas pancing), Bang Nakur (1 tas ransel), donasi uang dari Nasrullah Amin (Rp 150 ribu) dan Kang Ito (Rp 400 ribu).

    Mancing bareng Bruim JakDep yang berlangsung sejak pukul 09.00 dan berakhir pukul 16.00 berlangsung tertib. Panitia menyediakan hadiah untuk peserta yang berhasil mengangkat ikan induk terberat dan total wilayah kiri kanan. Setelah dinyatakan usai, Ipin yang sempat belum aman dengan hasil tangkapannya bisa bernapas lega karena tidak ada bisa mengungguli bobot ikannya.

    “Sebagai grup facebook tertutup dengan anggota 246 orang, ke depannya Bruim JakDep rencananya akan sparring antara ranting Bruim di tahun ini,” papar Boedi.(rambe)

Juara Cingreng Ranting Bruim JakDep :

  • Juara 1 / Terberat / Ipin / Lapak 25 / 3,05 kg / Rp 800 ribu
  • Juara 2 / Terberat / Mazyanto/ Lapak 22 / 2,85 kg / Rp 600 ribu
  • Juara 3 / Terberat / Junaedi Tegar – Yadi / Lapak 20 / 2,75 kg / Rp 400 ribu
  • Juara 4 / Total Wilayah Kiri / Kang Ito / 13,01 kg / Lapak 13 / Rp 300 ribu
  • Juara 5 / Total Wilayah Kanan / Budi Ebs Prayitno / 11,08 kg / Lapak 49 / Rp 300 ribu

Pengurus Ranting Bruim JakDep :

  • Ketua : Boedi Poernoto
  • Wakil Ketua : Sugi Zhu-gi
  • Sekretaris : Budi Darusalam
  • Bendahara : Hairul Soleh
  • Humas 1 : Nana Sumarjo
  • Humas 2 : Aira Gunawan
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

  1. KV331 Synthmaster 2.8 Free Download + CrackMarch 16, 2018 at 9:25 amReply

    Good, this is what I was looking for in google

  2. fortnite zip file downloadMarch 28, 2018 at 4:46 pmReply

    I simply must tell you that you have an excellent and unique web that I kinda enjoyed reading.

  3. useful sourceMay 3, 2018 at 5:32 pmReply

    I simply want to say I am just newbie to blogging and certainly liked you’re web blog. More than likely I’m going to bookmark your website . You surely have terrific articles. With thanks for revealing your website.

  4. her latest blogMay 5, 2018 at 12:38 pmReply

    I just want to mention I’m beginner to blogs and definitely savored your blog site. Probably I’m likely to bookmark your website . You absolutely have terrific stories. Kudos for sharing with us your blog.

Leave a Reply