JFC : Berebut Piala Kemerdekaan Sambil Main Games, ‘Merdeka..Merdeka’

Cover Juara Umum

Juara Umum diraih JFC Korwil Ciputat dengan meraih Piala Kemerdekaan

Kabarmancing.com, Ciganjur, Jakarta Selatan – Ikut menggelar kegiatan di Hari Kemerdekaan  Indonesia, Jakarta Fishing Club (JFC) pun menyambutnya dengan cara berbeda. Tepat hari Kamis, 17 Agustus 2017 JFC gelar event mancing dengan tema ‘Tournament Piala Kemerdekaan ke 4’ yang setiap tahunnya selalu diselenggarakan sejak JFC terbentuk 19 Januari 2014 lalu.

    HUT RI 3Event yang berlangsung di Pemancingan Palem Indah, Jalan Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, berjalan lancar di kolam pelampungan mas. Hari itu semua peserta siap berlaga menjadi yang terbaik. Untuk aturan lomba, mata kail maksimal 3 dan umpan bebas. Ikan yang diturunkan ikan rame sejumlah 400 kg dan 50 ikan super dengan tiket dipatok Rp 450 ribu perlapak 2 joran.

    Ya, kegiatan mancing JFC ini diawali dengan cara berbeda, setelah salam pembukaan oleh MC, dilanjut Salam Kebangsaan (Indonesia Raya) secara bersama dengan berdiri tegak di lapak masing-masing, tujuannya adalah sebagai bentuk penghormatan dan nikmat atas Kemerdekaan Bangsa Indonesia terhadap para pejuang Kemerdekaan Indonesia. “Merdeka…merdeka…merdeka. JFC salah satu komunitas yang pertama melakukan lomba mancing yang berbeda diawali Salam Kebangsaan Indonesia Raya dengan menyanyikan secara bersama-sama oleh seluruh peserta mancing. Semoga menjadi contoh untuk komunitas lainnya, “ tutur M. Rasyid selaku Ketua Umum JFC dalam sambutannya.

Peserta pakaian adat kebangsaan & unik

Peserta pakaian adat kebangsaan dan yang unik

    Kegiatan lomba ini adalah agenda JFC ke 8 di 2017 dan masuk dalam Grand Strike Seri Ke 7. Ismail Yaman, selaku ketua pelaksana mengatakan, sebenarnya event Piala Kemerdekaan ini sebelumnya jatuh pada hari Minggu, 20 Agustus 2017, namun dirubah menjadi tepat pada HUT RI Ke 72 yang didukung beragam sponsor, ada Umpan Super Sprint, Umpan Lang Lang Buana, SS Bandung, spotmancing.com, PT. Prima Teknik Utama, Always Strike, RM. Sederhana dan kabarmancing.com.

    Hari itu semua korwil dan kortim JFC ikut serta, ada Petromax, KPMD, Ciputat, Rancho, Gatra, New Garden, Kuningan dan Condet, yang siap memulai event dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore untuk saling beradu gengsi dalam memulai strike. Di kegiatan ini JFC pun menyajikan beragam lomba di tengah berjalannya acara. Ismail dan tim sudah mempersiapkan beragam jenis lomba diantaranya, pakaian budaya nusantara/unik, membaca teks proklamasi, menghafal teks Pancasila dan kupon berisikan angka berkaitan dengan HUT RI.

Pemenang game haduah uang bawa bendera tengah kolam

Pemenang games hadiah uang bawa bendera di tengah kolam

 

Berenang bawa bendera

    Tepat jam 10 siang, siapa berani membaca Teks Proklamasi dimulai dengan undi lapak dan berhak mendapatkan Rp 100 ribu dari panitia atas donasi yang diberikan oleh Keluarga JFC KPMD. Games tak berhenti begitu saja, panitia melanjutkan games lagi bagi peserta yang hafal Teks Pancasila secara benar ada uang Rp 50 ribu per orang untuk 4 pemenang. Tampak  sekali peserta antusias mengikutinya. Dari 8 orang yang ikut ada beberapa orang lupa teks dan gagal dapat uang. Games lainnya dilanjut lagi ikan sprint yang dibandrol 1 kali strike ikan Rp 10 ribu perekor. Ikan sprint dimainkan sebanyak 120 ekor yang terbagi 3 tahap, yaitu 50, 40 dan 30 masing-masing terbagi 2 wilayah.

Juara 1 New Garden

Juara 1 Induk Terberat dari Korwil New Garden

    Tak kalah menarik, panitia juga memberikan uang bagi peserta yang mengenakan pakaian budaya nusantara atau pakaian unik yang telah diumumkan sebelumnya dengan diberikan hadiah. Respon cukup baik, ada beberapa peserta berpakaian sekolah SMP, legenda Betawi, adat Jawa Tengah dan ada juga yang unik ala David Presley. Wah, pokoknya hari itu seru dan rame kemasan acaranya.

    Seiring berjalannya waktu, pukul 13.00 kembali panitia menurunkan ikan terakhir, dilanjut permainan ikan sprint berhadiah uang. Panitia kembali mengumumkan dan memberikan kepada peserta yang sudah diberikan kupon untuk dibuka. Bagi yang mendapatkan nomor/angka berhubungan HUT RI diantaranya angka 17, 08, 45 dan 72 panitia sudah menyiapkan uang Rp 50 ribu untuk 4 orang.

    Di sela lomba ada kejutan lagi untuk peserta dari Bapak Sufin, sponsor PT. Prima Teknik yang memberikan Rp 500 ribu untuk 2 orang bagi yang berenang di tengah kolam sambil membawa bendera yang dimulai dari sisi kiri dan kanan kolam. Tanpa kesulitan peserta pun melakukannya dan responnya sangat cepat. Dengan senang hati 2 peserta siap berenang dan mendapatkan hadiah uang.

Juara HUT RI 2

Dari kiri ke kanan : Juara Induk Terberat 2, 3 dan 4

    Pukul 3 sore panitia mulai menghitung ikan dan membayar uang pita kepada peserta. Sesuai aturan lomba jam 4 sore dinyatakan selesai. Usai sudah event lomba mancing HUT RI. Panitia terlihat sibuk menghitung jumlah ikan di setiap lapak dan akumulasi jumlah ikan yang didapat sesuai urutan tim pesertanya untuk menentukan juara umum. Keluar sebagai juara pertama lapak 2A atas nama A, Rohman dan Nuryamin dari New Garden dengan bobot ikan 3,58 kg.

Juara HUT RI 1

Dari kiri ke kanan : Total A dan Total B menerima hadiah uang dan piala

    Setelah diumumkan siapa pemenangnya, Sufin dari PT. Prima Teknik dan Bakti Alam dari Umpan Super Sprint menyerahkan hadiah kepada juara dan M. Rasyid menyerahkan Piala Juara Umum kepada JFC Korwil Ciputat dilanjut foto bersama juara.(jayadi/foto:dok.jfc)

  • Juara 1 / A.Rohman-Nuryamin (New Garden) / Lapak  2A / 3,58 kg / Rp 2 Juta+Piala
  • Juara 2 / Wahyu-Verdy (Petromax) / Lapak 5A / 3,58 Kg / Rp 1,5 Juta+Piala   
  • Juara 3 / Toebils-Pitung (Petromax) / Lapak 4B / 3,56 Kg / Rp 1 Juta+Piala
  • Juara 4 / Thomplat- Mantu.S (Petromax) / Lapak 4E / 3,52 Kg / Rp 500 Ribu+Piala
  • Total A / Frass-Sonnet (Rancho) / Lapak 10F / 47 Ekor/ Rp 500 Ribu+Piala
  • Total B / Yadi-Aroy (Rancho) / Lapak  3A / 30 Ekor / Rp 500 Ribu+Piala
  • Juara Umum / Korwil Ciputat Tim 7 / Rp 1,5 Juta+Piala
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply