Koppaja : Tumpengan di Milad Pertama. Tetap Bersatu ‘Kita Keluarga’

Cover 2

Kabarmancing.com, Penggilingan, Jakarta Timur - Di ujung timur Jakarta, komunitas mancing dengan sebutan Koppaja singkatan dari Komunitas Pemancing Pinggiran Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2017 sedang bergembira, pasalnya di Pemancingan H.Zul (Bang Agam) di daerah Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, ratusan anggota Koppaja dengan tag ‘Kita Keluarga’ merayakan hari jadinya yang pertama.

    Koppaja 5Suasana riang gembira sejak pagi sampai sore terus menghidupi sekitar kolam. Bahkan untuk mengucapkan rasa syukurnya di usianya kesatu, Asto Tiele (Ketua Koppaja) menggelar potong tumpeng sebelum lomba dimulai. Pokoknya hari itu rasanya menjadi milik Koppaja.

    Bandrolan tiket untuk kegiatan milad ini dipatok Rp 500 ribu perlapak 2 joran dengan turun ikan total 5,5 kuintal. Di kolam ukuran 65×16 meter dengan sistem mancing pelampungan ikan mas dan aturan lomba sesuai ketentuan Kolam Zul, 62 lapak yang diisi 2 orang (tandem), sebanyak 124 pemancing tumpah ruah di sisi kiri dan kanan. Ya, minggu siang itu semua anggota tampak riang gembira merayakannya dari pagi sampai jam 3 sore.

Asto

Asto Tiele serahkan tumpeng kepada sesepuh Koppaja

    Aldi Suria selaku koordinator acara yang didampingi Asto Tiele menyebutkan, kegiatan ini banyak didukung sponsor dan donatur antara lain Umpan Lang Lang Buana, Tabgha Pemancingan, Lombok Fishing, Diva Pancing, Umpan Super Sprint, Umpan CGI, Bano Sport, Ade Fishing, Tepung Kerapu, Umpan Jawara dan Verry Fishing. Dari sekian donatur dari catatan panitia tertulis, ada memberikan dalam bentuk dana, paket umpan, kaos, joran, tas pancing, essen, ril, smart watch, essen oplosan, topi, handuk, pelampungan dan banyak lainnya.

Potong Tumpeng

Foto bersama usai potong tumpeng

    Dalam keterangannya Asto dan Aldi menceritakan waktu mula pertama Koppaja berdiri. Diawali oleh Asto Tiele (penggagas), Atoc Aja, Benzol dan Cheko dimana hari tiu pada tanggal 15 September 2016 dibuatlah Grup Facebook bernama Koppaja oleh Asto yang sekaligus ditunjuk sebagai ketua dan Aldi Suria sebagai Admin Facebook.

Sesepuh Koppalja

Asto Tiele (kiri) kembali serahkan tumpeng kepada sesepuh Koppaja

    Tak diduga seiring berjalannya waktu jumlah anggotanya kian bertambah dan mencapai 1000 orang dengan anggota aktif 150 orang yang telah memiliki jersey Koppaja. “Meski usianya baru setahun sudah 6 event pernah kami adakan dan memiliki beberapa prestasi di event lomba mancing seperti Milad FSWC sebagai Tim Terfavorit Jersey Terbaik dan juara di Cingreng Grup MIMPI,” ungkap Asto yang diiyakan Aldi di lokasi acara.

Pesera dengan ikan induk

Peserta dengan ikan induk

    Sebelum acara dimulai, seluruh anggota Koppaja dan panitia kumpul di sisi kolam. Acara dibuka jam 08.30 diawali pembacaan doa dipimpin Bustanul Arifin aka Pak RT. Tampak di meja sudah tersedia tumpeng yang siap disantap bersama-sama. Usai baca doa, Asto memotong tumpeng. Suasana riuh gembira begitu terasa saat tumpeng dipotong. Kemudian Asto  memberikan potongan tumpeng kepada 3 sesepuh Koppaja yaitu Pa’e Slamet Riyono, Bang Gayo aka Marullah Chuy dan Om Nasrudin.

   

Jalannya lomba

    Pasca tumpeng disantap dilanjut kocok lapak. Setengah jam kemudian peserta sudah menempati lapak masing-masing sesuai nomor lapak. Jam 9 pagi lomba Milad Koppaja dimulai. Penurunan ikan rame pertama sudah dilakukan dan sementara waktu peserta hanya mengejar ikan rame untuk mengumpulkan total prestasi terbanyak. Satu jam kemudian ikan induk turun. Disinilah peserta mulai mengejar induk untuk berebut juara pertama. Ya, kata Aldi ada 4 juara ikan induk di milad ini.

Daniel Juara Induk

Daniel Tabgha (kanan) pemenang Juara Induk 1

    Lomba terus berjalan, korang peserta mulai diturunkan. Siangnya, panitia di tengah-tengah acara mulai memainkan game ikan sprint, game ikan tarikan terakhir dan pembagian doorprize donasi dari donatur. Seru dan ramai sekali saat pembagian doorprize. Berbagai ulah panitia memainkan game membuat suasana jadi hidup dan tentunya membuat peserta bertambah semangatnya.

    Dilihat sepanjang perlombaan dari pagi sampai sore makan ikan bagus. Ikan rame semua lapak sudah dapat dan merata, untuk induk karena jumlah terbatas hanya lapak-lapak tertentu saja berhasil menggaetnya. Jam 2 siang panitia memanggil para donatur acara. “Para sponsor di acara ini kami berikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi panitia kepada mereka atas sumbangsihnya,” ujar Asto.

Juara Induk Koppaja

Juara Induk 2, 3 dan 4  event Milad Koppaja menerima uang, piala, goodybag dari Diva Pancing dan Umpan CGI

    Tak terasa jam mulai mengarah ke angka 3 sore yang berarti lomba harus selesai. Ya, panitia memberikan batas waktu sampai jam tiga. Catatan yang tertulis di kertas, keluar sebagai pemenang pertama jatuh kepada Daniel Tabgha (Qweb Ddb) yang berpasangan dengan Buch Onk. Dengan senangnya Daniel tidak menyangka bisa mengungguli kawan-kawan lainnya. Daniel menuju podium dan menerima piala, uang dan hadiah tambahan dari Diva Pancing dan Umpan CGI. Juara-juara induk lainnya 2, 3 dan 4 serta juara total lapak kecil dan besar menyusul dan mendapatkan hak yang sama, piala, uang dan hadiah dari sponsor.

Juara Total Koppaja

Pemenang Total Lapak Kecil dan Lapak Besar menerima hadiah uang, piala dan goodybag dari Diva Pancing dan Umpan CGI

    Usai sudah acara milad hari itu. Seluruh panitia merasa bersyukur lomba berjalan semarak, aman, lancar dan tidak ada hambatan apa pun. “Alhamdulillah Milad Koppaja berjalan sukses. Saya harapkan seluruh anggota Koppaja tetap bersatu dan semangat untuk memajukan komunitas ini. Sekali lagi terima kasih kepada donatur dan selamat kepada juara,” imbuh Asto yang didampingi panitia lainnya usai acara dengan semangat. Hidup Koppaja.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com-adil koppaja)

  • Induk 1 / Daniel Tabgha- Buch Onk / Rp 3 Juta+Goodybag Diva & Umpan CGI
  • Induk 2 / Herman Pettrosa / Rp 2 Juta+Goodybag Diva & Umpan CGI
  • Induk 3 / Jadmicko Micko / Rp 1,5 Juta+Goodybag Diva & Umpan CGI
  • Induk 4 / Irwan N Tanudjaja / Rp 1 Juta+Goodybag Diva & Umpan CGI
  • Ttl Lpk Kcl / Achmad Firdaus-Alam Murtado / Rp 500 Ribu+Goodybag Diva & Umpan CGI
  • Ttl Lpk Bsr / Verry FIshing – Nasrudin Udin / Rp 500 Ribu+Goodybag Diva & Umpan CGI
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply