Kurawa Fishing Fighter : 34 Tim Kumpul, Sambut Datangnya Ramadhan

Cover Kurawa

Kabarmancing.com, Ujung Berung, Bandung – Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan yang tinggal 3 minggu lagi, komunitas mancing Kurawa Fishing Fighter asal Bandung menggelar event mancing silaturahmi Balad Kurawa bareng komunitas yang ada di Bandung dan Jakarta, Minggu, 7 Mei 2017 kemarin.

    Kurawa 5Lokasi kegiatan tersebut ada di Pemancingan Situ Manglayang, Ujung Berung. Kabupaten Bandung. Ya, hari itu 136 lapak yang disiapkan panitia penuh hingga meninggalkan banyak cadangan. Ketua pelaksana, Irma Kurniawan pun berjibaku bersama anggotanya untuk mensukseskan kegiatan ini dan hasilnya lomba berjalan lancar. Itulah diharapkan Kurawa.

    Kurawa 8Ditemui kabarmancing.com di lokasi, Irma banyak menceritakan awal mula berdirinya Kurawa. Ya, sejak 2015 lalu, Kurawa FF resmi dibentuk oleh Irma yang dibantu rekan-rekannya. “Awal mulanya kami sering bertemu di pemancingan di seputaran Bandung dan saya berinisiatif membentuk komunitas mancing dan teman-teman setuju dan dukung,” kenang Irma yang rela rumahnya dijadikan sekretariat di daerah Ketapang, Bandung.

Juara 1 Total Tim

Juara 1 Total Tim

    Rencana kegiatan kumpul bersama para komunitas mancing ini, Irma usulkan kepada anggota Kurawa 2 bulan sebelumnya dalam menyambut puasa dengan nama kegiatan ‘Silaturahmi Balad Kurawa Lomba Mancing Antar Tim’. Kegiatan ini pun disambut baik oleh anggota dan komunitas mancing yang tersebar di Bandung. “Hingga Hari H, ada 34 tim dari Bandung dan Jakarta. Masing-masing tim dijatah 4 lapak dimana satu lapak satu joran,“ lanjut Irma senang.

Juara 2 Total Tim

Juara 2 Total Tim

    Dengan biaya per tim Rp 1 juta rupiah atau 1 lapak Rp 250 ribu per orang untuk 1 tim 4 lapak plus dapat kaos dan makan siang. Kolam yang begitu luas ini mampu menampung 136 peserta. Namun ada yang unik, panitia menyekat kolam menjadi 4 bagian/sekat. Maksudnya, satu peserta dari masing-masing tim akan menempati satu kolam. Jadi setiap sekat itu diisi 34 tim. Selain itu ikan juga tidak ngeblok di satu tempat.

    Lomba yang 2 kali pengocokan dimulai jam 10 pagi sampai jam 12.15. Setelah itu kocok lapak kedua dan mulai lagi jam 12.30 siang sampai jam 3 sore.  Dalam keterangannya Irma memberitahu, kegiatan Kurawa mendapat simpati dukungan sponsor dan donatur bahkan sponsor dari Jakarta ikut serta seperti Umpan Djempol, Diva Pancing dan kabarmancing.com sedangkan lainnya dari wilayah Jawa Barat ada dari Dr. Osman Hasan (Donasi ikan 1 kuintal),  Umpan STUM dan Essence SEAK (Kang Iman Zachirman), Ci Gesit Irit & Pandawa Lima (Kang Hermansyah Cha), Umpan Magnum (Kang Ian Uber), Essens Ugeur (Kang Kusnadi Kus), Rangkaian Kail Bandung (by Rhoman Sacenti), Oplosan Si Magic (Kang Nadzar Almunnawar), WA Sang Pencerah, Umpan Super Sprint (Kang Bakti Alam), East Bandung Team, Essen Ngeleyeud (Kang Ariel Onah), RL Fishing Essen (Kang Diki) dan Essen KN (Kang Nug Mancing Essen)

Juara Total Induk

Juara Total Induk dengan jumlah ikan sama ada 6 pemenang

    Dari sekian sponsor itu ada memberikan dalam bentuk dana, ikan, minuman, produk, kaos, mug, payung, ril dan banyak lainnya. Pokoknya hari itu banyak sekali doorprize dari sponsor yang dibagikan kepada peserta.

 

Sesi 2 pindah lapak

     Usai undi lapak di sesi pertama oleh para kapten tim, dimana satu tim mendapat satu nomor lapak yang masing-masing menempati lapak yang sama di Kolam A, B, C dan D yang sudah disekat. Selanjutnya peserta mendatangi lapak sesuai nomor. Jam 10 lomba antar tim dimulai.

Juara Total Induk berikutnya

Juara Total Induk berikutnya

    Untuk aturan lomba, mata kail bebas, penghitungan hasil akumulatif tim, peraturan full power dan tidak ada hadiah ganda. Tampak pula peserta lebih dominan menggunakan umpan putih. Kolam yang disekat menjadi 4 mulai disiasati peserta. Siraman ikan rame 400 kg ukuran sekilo 4 s/d 6 dan ikan induk 50 kg bertahap diturunkan ke masing-masing sekat.

Juara induk lainnya

Juara Total Induk lainnya

    Di sesi satu, panitia membagikan doorprize dari Diva Pancing dan kabarmancing.com. Selebihnya doorprize kembali diundi di Sesi 2. Suasana lomba begitu hangat, peserta yang berlainan tim ini ada sudah kenal dan ada belum mengenal. Di hari itu peserta saling menghibur satu sama lainnya. Ketika peserta ada mocel, muncul candaan dan kata semangat begitu juga saat tetangga kiri kanannya dapat induk lontaran kata-kata gembira terlontar. Itulah yang terjadi di Sesi 1 dan Sesi 2.

Irma Kurniawan

Irma Kurniawan

    Sesi pertama jam 12.15 usai. Peserta dikasih waktu 15 menit angkat joran untuk mengocok lapak di Sesi 2, sambil dilakukan penanaman ikan induk. Di Sesi 2 diberikan waktu lebih lama dengan harapan ikan induk bisa naik semua. Selanjutnya jam 12,30, Sesi 2 dimulai. Peserta di sesi pertama yang tadinya neter, beberapa jam kemudian saat pindah lapak mulai boncos. Ya, itulah mancing, ada hokky ada apes.

    Jam 3 sore aturan yang diterapkan, event mancing kumpul antar komunitas pun usai. Tak lama kemudian panitia mengumumkan siapa jadi juara. Ya, dari informasi panitia ada 3 juara grup untuk total ikan dan 3 juara grup untuk total induk yang seluruh pemenang mendapatkan uang tunai.

    Setelah hasil penghitungan ikan di lapak peserta selesai dilakukan panitia, tercatat, untuk juara ketiga total tim pemenangnya dibagi 3, karena jumlah ikannya sama 48 ekor. Begtu pula dengan juara total induk dibagi 6 pemenang karena jumlah ikannya sama masing-masing 3 ekor induk. 

    Penyerahan hadiah berlangsung dalam suasana gembira bagi yang berhasil naik podium. Dengan senang dan bangga akhirnya event Kurawa tuntas jelang sore hari. Sukses buat Kurawa Fishing Fighter.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com/kurawa ff)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply