Pemburu Iwak Lunyu (PILU) : 400 Peserta Ikut ‘Mancing Sidat Kemerdekaan’

Cover Sidat

Kabarmancing.com, Sleman, Yogyakarta – Komunitas mancing dengan nama Angler Ndalu Team ‘Pemburu Iwak Lunyu’ atau disingkat PILU, pada tanggal 16 -17 Agustus 2017 kemarin, mengadakan Lomba Mancing Sidat Piala Bupati Bergilir yang terbuka untuk umum bagi pemancing penggemar mancing sidat.

Uoacara

Peserta lomba melakukan upacara bendera HUT RI Ke 72

    Kegiatan ini ujar Dino Bajak Laut selaku ketua pelaksana dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72. Dengan tema ‘Mancing Sidat Kemerdekaan’ lokasi atau spot yang dipilih atau diinginkan para peserta ada di sungai dan bebas memilih spot.

    Ya, selama pendaftaran dibuka untuk umum silih berganti para pemancing mulai dari grup atau komunitas maupun perorangan datang ke sekretariat lomba di Gang Gambir Catur Tunggal  X 1B, Karangasem Baru Rt 7 / Rw 2, Sleman, Yogyakarta. Bagi PILU ini adalah event perdana, namun bagi mereka ke depannya event seperti ini tetap diadakan dan menginginkan menjadi agenda tetap setiap tahunnya memperebutkan Piala Bupati Sleman.

Sidat pancingan peserta

Sidat pancingan peserta di meja panitia

    Dari keterangan Dino, setiap peserta dipungut biaya tiket Rp 30 ribu untuk Kelas Perorangan dan Kelas Grup biaya tiket Rp 300 ribu. Kegiatan mancing sidat ini dimulai sejak tanggal 16 Agustus pukul 00.00 sampai dengan keesokan harinya tanggal 17 Agustus jam 09.00 sebagai batas berakhirnya lomba.

Juara Grup

Juara Kategori Grup, menerima Piala Bergilir Bupati Sleman

    Pesertanya pun luar biasa banyak, hingga di akhir penutupan dari laporan panitia sudah tercatat sebanyak 400 orang yang dibagi Grup dan Perorangan. Untuk pemakaian umpan lanjut Dino, umpan bebas dan semua jenis diperbolehkan. Selain itu kata beliau, bagi para pemenang mendapatkan uang pembinaan dan piala. Dalam kegiatan ini tidak ada sponsor dan hanya para donatur saja yang ikut berpartisipasi untuk melancarkan kegiatan ini agar berjalan sukses. Untuk doorprize panitia menyediakan berbagai alat pancing bagi peserta yang beruntung mendapatkannya dan hari itu doorprize pun habis dengan diundi secara fairplay.

Juara Sidat perorangan

Juara 1 Sidat Kategori Perorangan

    Kategori atau Kelas yang diperlombakan tambah Dino, dibagi dalam 3 Kelas antara lain Kelas A (Mancing Grup) dengan hadiah Piala Bergilir Bupati Kabupaten Sleman dan uang pembinaan Rp 1,5 juta, Kelas B (Mancing Perseorangan) dengan mengambil 8 juara yang mendapatkan masing-masing uang pembinaan dan juara pertama meraih Piala Wakil Bupati dan terakhir Kelas C (Mancing Hasil Terbanyak) yang mendapatkan hadiah Piala Kepala Dinas Perikanan Peternakan dan Pertanian serta uang  pembinaan Rp 300 ribu.

 

Sidat terberat 7,985 kg

    Rabu malam 16 Agustus, menjelang pergantian hari, event Mancing Sidat Piala Bupati Bergilir dimulai tepat jam 00.00. Peserta yang mengikuti kegiatan ini mulai mencari spot-spot potensial di sungai yang dijadikan target pancingan untuk menggaet.

Foto bersama

Foto bersama usai acara

    Ya, para peserta tampak menyebar di berbagai lokasi sungai untuk mendapatkan sidat terberat dan terbanyak sesuai arahan panitia. Dan sidat yang dilombakan nantinya sidat-sidat tersebut dikembalikan lagi ke peserta usai ditimbang dan dilombakan. Untuk juara dihitung sidat terberat dan omset terbanyak.

Juara Sidat perorangan

Para pemenang Kategori Perorangan menerima hadiah 

    Selama 9 jam event berlangsung, keesokan harinya tanggal 17 Agustus jam 09.00 bertempat di depan GOR Klebengan Utara Fakultas Peternakan UGM, Jogja, peserta yang sudah mendapatkan hasil langsung menuju meja penimbangan dan penilaian untuk menyerahkan pancingan sidat-sidat mereka yang hari itu merupakan hasil penimbangan batas akhir hasil lomba.

Juara Sidat 2

Pemenang dengan senang menerima hadiah uang pembinaan dari panitia

    Setelah tidak ada lagi peserta yang menimbang dan waktu yang ditentukan telah selesai, hasil keputusan panitia diumumkan dan keluar sebagai pemenang untuk Kelas Perorangan, Juara pertama diraih Haryo dengan bobot ikan 7,985 kg dan Kelas Mancing Grup dipegang Grup LJSH dengan berat sidat mencapai 1,265 kg.

Juara Sidat

Pemenang Lomba Mancing Sidat Kemerdekaan terima hadiah uang

    Sebagai rasa terima kasih kepada para pemenang, panitia dan pengurus lomba memberikan hadiah kepada para juara dari 3 kategori di lokasi yang sama. Yang lebih menariknya lagi di event ini pun diadakan upacara bendera. Di akhir acara Dino mengharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali sebagai event piala bergilir setiap tahunnya.(prasht/foto:dok.pilu)

Mancing Grup :

  • Grup LJSH / 1,265 Kg / Rp 1,5 Juta+Piala Bergilir Bupati Sleman

Mancing Perseorangan :

  • Juara 1 / Haryo / No.Tiket 1099 / 7,985 Kg / Rp 1,5 Juta+Piala Wakil Bupati
  • Juara 2 / Jonatan / No.Tiket 1212 / 6,186 Kg / Rp 1 Juta
  • Juara 3 / Mbah Kuncung / No.Tiket 1152 / 4,90 Kg / Rp 750 Ribu
  • Juara 4 / Arif / No.Tiket 0205 / 4,280 kg / Rp 100 Ribu
  • Juara 5 / Eko Fitrianto / No.Tiket 0677 / 3,670 kg / Rp 100 Ribu
  • Juara 6 / Slamet Riyadi / No.Tiket 0004 / 3,125 kg / Rp 100 Ribu
  • Juara 7 / Justo / No.Tiket 1135 / 2,520 Kg / Rp 100 Ribu
  • Juara 8 / Ragil / No.Tiket 0905 / 2,320 kg / Rp 100 Ribu

Mancing Hasil Terbanyak :

  •  Pendol / Rp 300 Ribu+Piala Dinas Perikanan Peternakan dan Pertanian
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply