Rawa Barat FC : Asiknya Mancing Gembira Jelang Akhir Tahun

cover-rbfc

Kabarmancing.com, Ciganjur, Jakarta Selatan – Menjelang berakhirnya tahun 2016, Sabtu, 3 Desember 2016, komunitas Rawa Barat Fishing Club (RBFC) perkumpulan para pemancing dari warga Rawa Barat Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sesuai agenda 3 bulanan yang dijadwalkan, kembali melakukan aktifitas mancing bersama. Ya, kegiatan mancing bareng ini berlangsung di Pemancingan Palem Indah di daerah Ciganjur, Jakarta Selatan.

    event-rbfc-1Mancing bersama yang diselenggarakan dari pukul 9 pagi sampai jam 4 sore hanya dibatasi sebanyak 44 lapak saja oleh panitia, yang mengambil posisi di Kolam B yang diperuntukkan bagi lomba-lomba berkategori tiket kecil. Meski kegiatan RBFC bukan untuk pertama kalinya diadakan di Palem, namun nuansa meriah dan antusiasme para pemancing terlihat tinggi yang dihadiri 88 pemancing dimana satu lapak diisi 2 orang.

    Untuk bisa ikut di kegiatan akhir tahun, terang Achiel Ketua RBFC yang ditemui kabarmancing.com di arena lomba, para anggota wajib membayar uang tiket Rp 350 ribu perlapak per 2 joran dengan turun ikan rame 300 kg dan super 50 kg. “Dengan harga tiket itu setiap peserta mendapatkan masing-masing 1 kaos,” ujar Achiel. Dari penjelasan beliau, lomba ini memilih 6 juara. “Untuk juara pertama dapat uang satu setengah juta rupiah,” lanjutnya.

    event-rbfc-8Dengan bandrolan tiket tersebut tampaknya tidak mengurangi niat anggota ikut untuk memperebutkan 6 kategori juara yang ditawarkan. Dari kategori yang diperlombakan, urutan juara pertama sampai keempat berdasarkan bobot induk terberat, sedangkan juara kelima dan keenam berdasarkan jumlah total prestasi ikan terbanyak kiri kanan.

    Selain uang diperebutkan, tutur Achiel yang bertanggung jawab di kegiatan ini, ada hadiah hiburan untuk peserta yaitu ikan balap persembahan dari Kang Ito Rp 200 ribu dimana harga per ekornya Rp 20 ribu dan dari Pemancingan Tabgha Rp 200 ribu juga untuk ikan balap. Selain itu ada ikan pita 44 ekor @ Rp 10 ribu dari panitia. Sedangkan untuk doorprize, kabarmancing.com memberikan 1 mug dan 5 kaos yang diundi nomor lapak.

event-rbfc-2

 

Juara pertama 2,40 kg

    Satu jam mendekati pukul 9 pagi, panitia mengundi lapak. Peserta yang hadir tampak menyimak lontaran lantang dari panitia. Setelah mendapatkan nomor lapak mulailah pertarungan dimulai. Tepat pukul 9 ketua panitia memberikan aba-aba lomba dan peserta langsung melemparkan umpannya untuk segera mengail ikan. 88 peserta mulai terlihat menggeliat dengan berbagai aksi lemparan dan tarikan saat umpannya disambar.

    Perlahan namun pasti peserta terus melaporkan hasil pancingannya ke panitia terutama ikan induk. Jalannya lomba terlihat enjoy, namun walau bersifat fun tetap ada aturan ketat yaitu setiap peserta satu lapak diperbolehkan 2 joran atau 2 pemancing, menggunakan pelampung dan maksimal 3 mata kail. Untuk aturan main sepenuhnya diserahkan kepada aturan Palem.

Juara RBFC

Para pemenang ikan induk dan total kiri kanan, event Mancing Gembira RBFC 

    Beberapa jam lomba berjalan ikan super mulai terangkat satu persatu. Umpan lapak kiri dan kanan mulai disambar ikan induk, dimulai dari lapak 30 dengan berat ikan 2,15 kg dan disusul lapak 15 bobotnya 1,90 kg. Namun ada juga lapak peserta belum memperoleh hasil tangkapan ikan rame maupun induk. Tinggal bagaimana si pemancingnya saja mensiasati lewat racikan umpan.

    event-rbfcDiantara peserta yang ikut, terlihat ada pemancing wanita. Ya beliau adalah Ibu Jumroh yang pernah menjabat sebagai Lurah Rawa Barat. Kehadirannya ini memang rutin setiap RBFC menggelar kegiatannya, pasalnya beliau duduk sebagai pelindung dan kedekatannya begitu kuat di komunitas ini sampai sekarang.

    Siang harinya ikan balap dimainkan dan langsung habis hanya hitungan menit. Tak lama kemudian doorprize dari kabarmancing.com dibagikan ke peserta yang beruntung nomor lapaknya keluar. Ya, begitulah suasana jalannya lomba dari pagi sampai sore membuat suasana antar anggota RBFC terasa hangat dan bersahabat. Itulah diinginkan Achiel sebagai ketua.

    Pukul 4 sore lomba mancing RBFC usai sudah. Selama 7 jam berjalan seluruh peserta merasa senang akan kelancaran acara. Keuntungan menjadi juara tentulah hooky setiap orang. Akhirnya keluar sebagai juara pertama asal lapak 44, Bang Alam yang menorehkan hasil ikan terberat dan menjadi juara pertama dengan angkatan ikan 2,40 kg. Dengan senangnya Bang Alam berhasil membawa pulang Rp 1,5 juta.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com/rbfc)

  • Induk 1 / Bang Alam / Lapak 44 / 2,40 kg / Rp 1,5 Juta
  • Induk 2 / Achiel Fisherman Chiels – Fauzi Haza / Lapak 35 / 2,30 kg / Rp 1 Juta
  • Induk 3 / Amin – Ahmad / Lapak 25 / 2,30 kg / Rp 750 Ribu
  • Induk 4 / Ibu Jumroh – Yadi / Lapak 21 / 2,25 kg / Rp 500 Ribu
  • Total Kanan / Kiki Muchtar / Lapak 3 / 29 Ekor / Rp 300 Ribu
  • Total Kiri / Achiel Fisherman Chiels / Lapak 35 / 30 ekor / Rp 300 Ribu
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Ramona JordanMarch 13, 2018 at 2:03 amReply

    This is a message to the Rawa Barat FC : Asiknya Mancing Gembira Jelang Akhir Tahun | Kabar Mancing webmaster. Your website is missing out on at least 300 visitors per day. Our traffic system will dramatically increase your traffic to your website: http://xahl.de/p – We offer 500 free targeted visitors during our free trial period and we offer up to 30,000 targeted visitors per month. Hope this helps 🙂 Unsubscribe here: http://xahl.de/q

Leave a Reply