Apa Saja Sih Peralatan & Keamanan Untuk Kayak Fishing Itu ? (3)

kayak saya 3

Texas – Peralatan dan teknik keamanan yang digunakan dalam kayak fishing biasanya memiliki unsur yang sama dengan yang digunakan jika memancing menggunakan kapal pancing pada umumnya. Perbedaannya adalah cara alat-alat tersebut di set-up, bagaimana masing-masing peralatan disesuaikan untuk ruang kecil di dalam kayak dan bagaimana setiap kegiatan dilakukan pada ruang tempat yang sangat terbatas.

    Alat-alat krusial untuk keselamatan di atas kayak mencakup life vest yang sebaiknya digunakan pada saat apapun ketika sedang berada diatas kayak, pelampung pengaman yang bisa dilepas dan diikatkan kemana saja, pisau belati yang sudah di asah tajam dan plier mancing yang harus selalu bisa dicapai jangkauan tangan, senter atau sumber penerangan apa saja, tali pengaman yang dikaitkan pada dayung dan alat pancing, dan kotak P3K.

Isi kayak saya

Isi kayak saya

    Jika memancing di lokasi yang agak terpencil kompas dan alat komunikasi juga menjadi keharusan. Pemancing diharuskan membawa landing gear seperti lip gripper dan jaring atau ganco untuk bisa memancing dari atas kayak. Untuk fishing gear yang dipakai, spinning reel Daiwa kelas 3500, Shimano kelas 5000-6000, atau reel tipe conventional dengan size menengah diisi dengan benang braid atau monofilamen kelas 12-40lbs sudah sangat cukup untuk hampir segala situasi memancing.

    Lain halnya jika sang pemancing memang menargetkan ikan-ikan besar yang mengharuskan pemancing untuk memakai gear yang lebih kuat. Rod holder di dalam kayak dan tackle box yang bisa mengapung diatas air juga sangat dianjurkan. Jika tidak ingin memancing dengan cara drifting atau pada saat gelombang dan arus agak besar, jangkar kecil biasanya di gunakan oleh para pemancing. Casting net dan kontainer umpan hidup juga menjadi peralatan yang essential jika ingin memancing menggunakan umpan hidup.

    Untuk kenyamanan dan keefektifan memancing dari kayak para pemancing biasa menambahkan asesoris-asesoris lainya di kayak mereka. Tidak jarang pemancing memasang motor troling kecil di belakang kayak mereka supaya dapat mengitari areal yang lebih besar. GPS dan fishfinder juga sering dipasang di dalam kayak, terlebih jika si pemancing suka melakukan kegiatan ini di perairan yang cukup luas dan dalam. Terkadang kacamata polaroid dan alat binocular bisa menjadi penolong paling efektif untuk melihat boiling ikan.(jusuf aurum merukh-usa/foto:dok.jusuf am)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

3 Responses

  1. nikoMarch 27, 2015 at 2:35 amReply

    Pak bro beli di mana nih kayak yg begini?harganya berapa?email ya ke queto29@gmail.com

  2. fish finderMarch 20, 2018 at 7:29 pmReply

    Thank you for posting this awesome article. I’m a long time reader but I’ve never been compelled to leave a comment. I subscribed to your blog and shared this on my Twitter. Thanks again for a great post!

  3. Huey SoggeMay 22, 2018 at 9:17 pmReply

    I can’t believe how great this site is. You keep up the good work. That’s my advice pal.

Leave a Reply