Serunya Mancing Pakai Kayak di Armand Bayou Nature Center, Texas, di Musim Panas (1)

Saya berpose dengan redfish

Saya berpose dengan redfish

Texas - Kayak fishing atau memancing dari atas kayak merupakan teknik memancing yang sering diterapkan di Negara Paman Sam, Amerika, mulai dari danau, sungai sampai muara. Kayak fishing dapat diterapkan di perairan manapun dengan aliran relatif tenang dan tidak terlalu berombak.

    Para pemancing di Amerika biasa menggunakan metode kayak fishing untuk mencapai spot-spot ikan yang terpencil dan sulit dicapai menggunakan kapal bermesin. Karena ukurannya yang hanya lebih besar sedikit dari papan surfing, pemancing dengan mudahnya dapat membawa kayak kemana-mana. Selain membuat pemancing menjadi lebih mudah dalam pemilihan spot, kayak fishing juga mengizinkan pemancing untuk menikmati pemandangan alam dari dekat sembari memancing.

Saya mancing dengan kayak

Saya mancing dengan kayak

    Kayak fishing juga menjadi pilihan yang baik untuk para pemancing yang ingin olahraga kardio sambil memancing dikarenakan oleh gerakan mendayung yang harus dilakukan untuk menggerakan kayak. Karena besarnya demand kegiatan outdoor, termasuk kayak fishing, di daerah Houston dan Galveston, Texas, sampai-sampai tidak jarang saya melihat mobil-mobil di jalanan dan parkiran SMA tempat saya menuntut ilmu dengan kayak terikat manis di atas atap mobil mereka.

    Penulis yang awalnya heran akhirnya berinisiatif untuk belajar metode mancing yang satu ini dan terus terang menjadi ketagihan dengan kayak fishing. Memancing menggunakan kayak di Texas bisa diterapkan pada saat kapan saja, namun karena cuaca dan ikan yang biasa lebih aktif saat musim panas, kayak fishing dan memancing pada umumnya dilakukan di musim panas.

 

Spot di Armand Bayou

    Salah satu lokasi paling popular untuk kayak fishing atau olahraga mendayung lainnya di daerah Houston adalah Armand Bayou Nature Center. Daerah ini merupakan sebuah cagar alam yang mengitari sungai berawa Armand Bayou. Terdapat beberapa lokasi docking kayak di sepanjang Sungai Armand Bayou.

Moncong longnose gar

Moncong longnose gar

    Karena lokasinya yang dekat dengan laut, sungai ini sering berair payau ketika pasang tiba. Salinitas air sungai yang berubah-ubah membuat ikan yang terdapat di sungai ini sangat bervariasi. Lokasi ini sangat digemari orang Houston karena aksesibilitas yang mudah. Jaraknya yang cukup dekat dengan Kota Houston dan fasilitas yang disediakan di dalam cagar alam tersebut menjadi keunggulan lokasi ini.

   Disebabkan ini merupakan suatu cagar alam, pemancing hanya boleh membawa pulang lima ekor ikan jenis catfish dan satu jenis ikan lainya. Cagar alam ini dibuka untuk publik setiap hari dari saat matahari terbit hingga terbenam. Bagi yang ingin menikmati keindahan alam cagar alam ini terdapat beberapa trek untuk bersepeda, berjalan kaki, mendayung dan bird watching.

    Cagar alam ini juga menyediakan tur alam setiap hari Sabtu. Flora dan fauna yang dapat dilihat di sekitar cagar alam pun sangat bervariasi, mulai dari burung cardinal yang cantik sampai snapping turtle yang terlihat garang. Orang-orang diharuskan untuk waspada atas segala flora dan fauna jika sedang memancing atau mendayung di sungai ini.

    Penulis sendiri sering saat ber-kayak fishing di lokasi ini kerap berpapasan dengan alligator dan ikan alligator gar raksasa ketika sedang berada di sungai. Hal lain yang harus diwaspadai ketika sedang berada di sungai ini adalah sarang alligator, poison ivy atau tanaman beracun lainnya dan daerah bersemak lebat di tepi sungai. Walau ada banyak bahaya ketika berada di sungai jika kita menghormati alam dan tidak mengganggu para penghuninya kita akan terjauh dari bahaya.

    Itulah sekelumit pengalaman saya mancing dengan kayak fishing yang ternyata begitu mengasikkan dan penuh tantangan. Semoga apa yang diuraikan diatas menambah ilmu bagi pemancing di tanah air.(jusuf aurum merukh-usa/foto:dok.jusuf am)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply