Sambangi Kolam Kiloan Pa’Marn di Ramintra, Bangkok. Umpannya Roti

Pa'Marn 1

Kabarmancing.com, Ramintra, Bangkok – Pemancingan yang letaknya di pinggiran Kota Bangkok, layak disambangi jika suatu saat Anda bertandang ke Thailand. Kolamnya yang luas dan teduh membuat siapa saja betah mancing. Restorannya pun menyediakan makanan Muslim.

    Konotasi awal saat bertandang ke Bangkok, Thailand, saya menduga bahwa kondisi pemancingan yang ada di kota ini sama dengan Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia. Nyatanya tidak, yang dimaksud dengan pemancingan di Bangkok, kolamnya sangat  luas mirip sebuah setu.

    Ya, dari sekian banyak pemancingan di Bangkok, salah satunya yang kerap disambangi para pemancing Thailand adalah Pa’Marn di kawasan Ramintra (pinggiran Bangkok) atau 40 menit dari Kota Bangkok.

    Pa'Marn 2Saat saya menyambangi Pa’Marn, awalnya mengira luas pemancingannya sama seperti Jakarta. Apalagi di plang yang tertera di pinggir jalan raya utama Ramintra terbaca ‘Pa’Marn Fishing Park & Restaurant’. Pastinya, sebuah pemancingan tidak luas nan cantik. Saat menyusuri jalan masuk ke Pa’Marn, bayangan yang diperkirakan pun lenyap, ternyata pemancingan itu luasnya 1,5 hektar.

    Pa’Marn, arealnya cukup luas, seluas setu atau danau di Jakarta. Untuk sistem yang dipakai hampir sama dengan Indonesia, kiloan. Jenis ikan diisi plabeuk (patin mulut besar) dengan bobot dari 4 – 10 kg dan bawal dari berat 1 – 7 kg. Pa’Marn yang buka dari jam 9 pagi sampai 10 malam menggunakan sistem kiloan. Ketentuan yang berlaku, harga ikan per kilonya (pukul rata) 100 Baht (1 Baht Rp 325) dan ikan boleh dibawa pulang. Jika tidak membawa alat pancing disediakan penyewaan seharga Rp 30 ribu per satu joran lengkap dengan ril dan senar.

    Pa'Marn 5Nah, umpannya agak beda dengan Indonesia, saat melihat pemancing yang berlaga, umpan yang mereka gunakan umpan (lam bahasa Thai) berupa roti. Umpan roti ini diaduk-aduk dan dicampur sedikit essen, kemudian disangkutkan ke mata kail. Jarang sekali saya melihat pemancing disini memakai pellet.

    Ukuran mata kail untuk patin dan ikan bawal hampir sama dengan yang dipakai pemancing Indonesia. Rata-rata mereka menggunakan 2 atau 3 mata kail, plus pelampung. Untuk aturan main, setiap pemancing jika mendapatkan ikan diatas 3 kg dilarang bawa pulang dan dikembalikan ke kolam. Dan di bawah 3 kg diperbolehkan dibawa pulang.

    Pa'Marn 3Pa’Marn dengan kedalaman 4-5 meter terdiri dari 200 lapak. Hanya saja lapak disini bentuknya beda, lapaknya beratap dan disediakan bangku dan meja, sekilas mirip kedai. Tapi ada juga pemancing yang tidak suka duduk di lapak, mereka justru mencari lapak tak beratap dan membawa bangku sendiri.

    Pa’Marn juga menyiapkan jasa kedi yang siap membantu dengan biaya 50 Baht. Pa’Marn juga menyediakan fasilitas restoran yang menyajikan menu muslim (di Bangkok mencari restoran muslim agak sulit) yang menyajikan lunch dan dinner yang buka dari jam 8 pagi sampai 8 malam setiap harinya. Menu yang terkenal adalah daging sapi korea panggang.(rambe/foto:dok.rambe)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply