HSP Putra : Kolam Borongan, Lomba Mingguan Ikan Mas & GT Patin

Cover HSP

Kabarmancing.com, Cibiru, Bandung – Mau mancing di Bandung, datang saja ke Pemancingan HSP Putra di daerah Cibiru, Bandung. Ya, di HSP ada beragam ikan disana. Dari penuturan Agus Some (pemilik HSP) ada ikan mas dan patin untuk dipancing. Jadi tinggal pilih saja mana disuka.

Kolam pemancingan untuk lomba dengan tiket bervariasi

Kolam lomba dengan tiket bervariasi

    Bagi Agus membangun HSP sejak ia pegang tahun 2007 lalu didukung kesukaannya akan mancing. Dari situlah Agus paham betul untuk mengelola dan memenej sebuah kolam pemancingan, ditambah lagi rekan-rekannya banyak pemancing. Lambat laun HSP mulai dikenal, pamornya pun mulai terangkat di wilayah Bandung Raya dan sekitarnya. Selain itu HSP juga kerap disewa oleh perusahaan atau komunitas mancing di Bandung. Bahkan kata Agus, tahun lalu kolamnya pernah disewa pemancing dari Jakarta untuk mengadakan lomba.

Kolam borongan

Kolam borongan

    Kepada kabarmancing.com Agus menjelaskan, HSP Putra punya 4 kolam. Dengan rinci beliau menerangkan satu persatu, diawali dari kolam borongan yang pertama. Dengan luas 9 x 14 meter kolam borongan atau sewa ini ada 10 lapak yang dihuni ikan mas. Selanjutnya kolam kedua masih sama kolam borongan juga, bedanya dari ukuran kolam, kalau yang ini luasnya 18 x 14 meter yang dihuni ikan mas dengan jumlah lapak 16. Berikutnya kolam ketiga yang dipakai untuk borongan dan lomba pelampungan ikan mas dengan jumlah lapak 30 atau bisa juga dipakai 40 lapak dengan luas kolam 30 x 20 meter. 

Kolan galatama patin buka malam hari

Kolam galatama patin buka malam hari

    “Kolam lomba bisa diisi 1 lapak untuk 2 orang,” ujar Agus. Jadwal lomba digelar hari Minggu, diluar itu dipakai untuk kolam borongan. Di kolam lomba tiket dibandrol mulai dari Rp 500 ribu s/d Rp 1,5 juta per lapak. Masing-masing harga tiket itu Agus merinci berapa hadiah yang harus diterima para juara.

    Pemenangnya pun bukan kategori induk terberat melainkan total prestasi ikan terbanyak. Hadiah untuk Juara 1 sebesar Rp 2,5 Juta, Juara 2, Rp 1,250 ribu dan Juara 3, Rp 700 ribu, yang dihitung dari jumlah ikan per ekor bukan timbang total. Untuk lomba tiket Rp 500 ribu ikan rame yang turun 200 kg dengan ukuran sekilo 5 dan 6.

    HSP 11Selanjutnya tiket bandrolan Rp 1,5 juta digelar sebulan sekali. Susunan hadiahnya untuk juara pertama total prestasi terbanyak Rp 17 juta, Juara 2, Rp 12 juta, Juara 3, Rp 7 juta dan juara terbanyak ikan merah Rp 2 juta. Jumlah ikan rame yang diturunkan sebanyak 400 kg. Namun tambah Agus ada peraturan yaitu peserta dilarang pakai umpan hidup, ngebom tidak boleh dan ikan tidak harus makan, maksudnya, jika kena badan atau buntut sah. “Umpan mayoritas pemancing disini menggunakan umpan putih,” imbuhnya lagi. 

    Kemudian kolam keempat yang ada di HSP, kolam Galatama (GT) patin. Ukuran kolam patin 34 x 24 meter dengan jumlah lapak 28. Setiap hari malam harinya ujar Agus, kolam patin ramai didatangi pemancing dan main 2 sesi. Sesi 1 dimulai jam 7 malam s/d jam 9 malam dengan tiket Rp 25 ribu. Sesi 2 dari jam 9 malam s/d jam 11 malam tiket sama Rp 25 ribu, jikalau hari libur tiketnya Rp 35 ribu.

Agus Some

Agus Some

    “Untuk main galatama patin mata kail satu, nomor 9 dan 10, kail harus menancap di mulut,” jelas Agus. Adapun jumlah ikan patin di kolam jumlahnya 6,5 ton mulai dari ukuran sekilo 3 sampai ukuran 10 kg.

    Dan bagi Anda yang ingin sewa atau borong kolam juga ada aturannya, yaitu membeli ikan disini dengan harga ikan mas fluktuatif, bahkan tidak ada uang sewa/borong kolam, begitu pula jumlah ikan tidak ada batasan. “Yang mau sewa atau borong kolam silahkan, pilih mau kolam yang mana dan tidak ada uang sewa, hanya beli ikan disini, batasan jumlah ikan tidak ada, terserah mau berapa kilo,” terang Agus kepada kabarmancing.com

    Alasan Agus tidak ada uang sewa dikarenakan persaingan kolam pemancingan di wilayah Bandung sangat ketat, sebab itulah Agus punya kiat khusus untuk mendatangkan pemancing dengan beragam cara, salah satunya ialah memudahkan pemancing untuk menyewa kolamnya agar terus ramai didatangi.

    Usai menjelaskan keempat kolamnya itu, pertanyaan berikutnya apa saja fasilitas di HSP ? Ya, tentunya Agus memberikan yang terbaik seperti kantin keperluan makan dan minum untuk pemancing, toilet, musholla dan lahan parkir.(rambe/foto:dok.hsp)

Pemancingan HSP Putra
d/a Babakan Dangdeur Rt 02/04, Pasir Biru, Cibiru, Bandung
Telp : 0812 – 2122540 / 0812 – 23853239

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply