Mancing C & R di Kampung Batu. Ada Toman, Alligator, Peacock Bass & Red Tail

Kampung Batu 1

Kabarmancing.com, Bandung – Kegiatan mancing hobi yang saya sukai. Seperti hari-hari sebelumnya, dimana ada waktu saya yang bermukim di Bandung selalu menyempatkan diri untuk memancing. Dan untuk kesekian kalinya di bulan Agustus ini saya kembali melakukan trip mancing ke Kampung Batu yang luasnya  cukup lumayan seperti danau dan bisa untuk menampung 150 angler.

Ceritanya pukul 6 pagi keinginan mancing pun muncul dan kembali saya melakukan trip mancing air tawar bersama teman. Setelah waktu yang ditentukan kami berdua meluncur menggunakan kendaraan roda dua ke spot mancing yang ada di kawasan pinggiran Kota Bandung, Kampung Batu Malakasari, untuk memancing dengan sistem catch & release (tangkap lepas).

Saya  dengan ikan bawal hasil pancingan

Saya dengan bawal hasil pancingan

Sedikit informasi, kawasan yang akan dituju ini adalah kawasan wisata alam yang kental nuansa edukasi dengan nama Kampung Batu, Malakasari. Lokasinya di Jalan Raya Banjaran (Rencong) Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Bandung. Jarak untuk menuju kesini sekitar 6 km dari pintu Tol Buah Batu atau 7 km kalau lewat Tol Mochamad Toha. Dan untuk mencapai tempat ini dari Jalan Raya Baleendah, kita harus lewat pemukiman penduduk dulu. Jadi memang agak tersembunyi.

Selama dalam perjalanan ke lokasi saya tidak sabar lagi untuk segera strike and fight dengan ikan-ikan buruan yang akan dipancing nanti. Akhirnya kami berdua tiba di lokasi sekitar jam 7 pagi. Suasana di sekitar tempat wisata ini cukup bagus, bersih dan nyaman. Untuk mancing disini dikenakan biaya 3 jam Rp 50 ribu dan full day Rp 100 ribu per orang dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore atau sekitar Rp 200 ribu + makan (tiket mancing seharian Rp 100 ribu + makan Rp 100 ribu) dan kedi pun ada disini dengan biaya seiklasnya.

Strike toman

Tak perlu lama-lama lagi segera saya men-setting tackle dengan menggunakan piranti Daiwa Rod Tatula 602MHB, Daiwa Reel Tatula 103 SHL-TW, PE Line Fins Original PRT #30Lb, Diameter 0,25MM, Lure Pradco Heddon-X0361BF Baby Torpedo.

Setelah setting piranti selesai, saya lalu mencari posisi yang baik untuk segera menuntaskan pertarungan dengan ikan-ikan yang ada di disana. Ya, ikannya di pemancingan Kampung Batu besar-besar, cukup seru dan tarikannya lumayan asik. Ikan disini bervariasi ada bawal/pacu, snakehead (toman, gabus, piang), alligator, lele, gurame, nila, mas, peacock bass, red tail, patin dan lainnya. Ikan yang paling berat baru keangkat bawal 8 kg, lele 9,5 kg, alligator 5 kg, toman 2,5 kg, gurame 4 kg.

Ikan toman Kampung Batu

Senangnya dapat toman Kampung Batu

Karena sudah tidak sabar lagi setelah tackle terpasang dan lure terpasang saya melempar lure ke air yang tampak beriak karena sudah waktu frienzy ikan saat itu. Saya lempar lure ke tengah perairan begitu lure menyentuh air….hap…..gejeburrr . ‘Ahh mocel,” teriak saya. Sasaran masih meleset dan setelah beberapa kali saya melempar akhirnya hook up “fish on” dan seekor bawal ukuran 3 kg berhasil landed juga.

Tidak sampai di situ saja, setelah sambaran itu saya semakin bersemangat, dan terlihat ada penampakan ikan yang cukup menarik perhatian dan saya mulai berganti lure menggunakan spinner bait seberat 15 gr,  saya lempar ke arah penampakan itu namun tidak terjadi sambaran pada lemparan pertama, setelah 10-15 kali melempar tiba-tiba ril saya mulai berdecit karena lure ditarik ikan dan hook up. Gentakan joran pun menahan pergerakan ikan dan mulailah pertarungan dengan sang ikan dimulai.

Dengan tenaga yang masih tersisa dan sekian lama bertarung dengan sang ikan akhirnya ikan mau menuruti tarikan dan gulungan dari ril dan akhirnya tampaklah ikan toman dengan ukuran berat 2 kg. Ikan dapat landed dengan bantuan dari sang kedi. Betapa senangnya saya ketika itu. Selain ikan toman yang didapat hari itu saya juga dapat bawal 6 kg, toman 2 kg, gabus 1 kg, gurame 3,5 kg, lele 7,5 kg dan alligator 5 kg

Puas dengan mancing ikan-ikan besar di Danau Kampung Batu, dari pagi sampai sore akhirnya acara memancing ini pun saya sudahi. Dengan perasaan capai karena tarikan ikan-ikan monster tersebut namun saya tetap senang apa yang didapatkan di hari itu.(lilia-bandung/foto:dok.lilia)

example banner example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below