Situ Manglayang : Udaranya Sejuk, Bisa Menampung Ratusan Pemancing

Cover SM

Kabarmancing.com, Ujung Berung, Bandung – Kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke Pemancingan Situ Manglayang, sekedar untuk melihatnya dari dekat atau ingin merasakan sensasi strike ikan mas disana atau juga bisa mengikuti lomba yang kerap digelar setiap bulannya.

    SML 8Menuju Situ Manglayang mudah, letaknya ada di daerah Ujung Berung, Bandung Timur. Dari Pasar Ujung Berung di Jalan Raya Ujung Berung, Cigending, Sukamulya, Cinambo, posisisnya jika datang dari arah Kota Bandung ada di sebelah kanan. Lalu putar balik dan sebelum pasar ada jalan ke kiri atau Jalan Nagrok. Lajukan terus kendaraan Anda, lokasinya sekitar 1,5 km di sebelah kiri dan disitulah Situ Manglayang berada.

    Sesampainya kabarmancing.com di Situ Manglayang, kebetulan hari itu sedang dipakai atau disewa oleh komunitas mancing asal Bandung. Woow…ternyata kolamnya besar dan ada 2 kolam disini. Lokasi pemancingannya pun menampilkan view yang keren, ditambah udara sejuk menerpa kulit. Pasalnya, letaknya berada di kaki Gunung Manglayang. Setelah memarkir kendaraan selanjutnya menjumpai dan bertemu dengan sang pemilik kolam.

Di tengah kolamnya terdapat sekat

Di tengah kolamnya terdapat sekat

    Setelah jumpa, pemilik kolam yang sibuk membantu kelancaran jalannya lomba menyambut hangat dan menceritakan tentang 2 kolam pancing di Manglayang. Ya, usianya yang sudah menginjak 10 tahun di lahan seluas 1 hektar nama Manglayang sudah dikenal tidak hanya di Bandung saja, pemancing Jakarta pun sudah mengenal namanya. Sebelum berbincang banyak tentang apa saja yang ada di Manglayang, kabarmancing.com menyempatkan diri berkeliling kolam sambil menyaksikan jalannya event komunitas tersebut. Ternyata kolamnya begitu luas, hari itu lapak dibuka sebanyak 132 dimana satu pemancing satu joran.

    Dalam keterangannya Unong (pemilik) memberitahu bahwa kolam besar sebenarnya disekat dan menjadi 2 kolam, namun jika ada yang sewa dan menginginkannya bisa digabung kedua kolam itu jika pesertanya mencapai ratusan orang begitu juga saat lomba yang digelar sekat tidak dibuka.

Letaknya di kaki Gunung Manglayang

Letaknya di kaki Gunung Manglayang

 

Fasilitasnya memadai

    Usai berkeliling kolam, Unong menjelaskan tentang 2 kolam tersebut. Kolam pertama berada di samping kolam besar yang diperuntukkan untuk borongan/sewa dengan luas kolam 24 x 14 yang dihuni ikan mas. Dan kolam yang kedua kolam besar dengan luas 98 x 16 meter yang difungsikan untuk kolam lomba dan kolam sewa dan masih sama diisi ikan mas.

    Dengan keberadaan 2 kolam tersebut, hingga kini Situ Manglayang kerap dijadikan ajang kumpul para komunitas mancing dengan menggelar event. Ya, banyak sudah komunitas mancing yang menggunakan Situ Manglayang untuk kegiatan mancing para komunitas. Selain fasilitas 2 kolam yang letaknya berdampingan, fasilitas lainnya tersedia disini ada kantin yang menyediakan beragam menu makanan ringan seperti goreng-gorengan, minuman mineral, kopi, teh dan mi instan. Pemancing pun tinggal pesan dan karyawan kantin akan mengantarkannya ke lapak. Begitu pula ruang sholat ada dan toilet serta lahan parkir mobil dan motor yang luas yang bisa menampung puluhan mobil dan motor.

    SML 2Bagi pemancing yang ingin sewa kolam besar atau kolam kecil di Situ Manglayang pun ada biaya sewanya. “Yang ingin sewa silahkan saja hubungi saya, nanti saya kasih tahu berapa uang sewa kolam,” ujar Unong. Ya, untuk kolam besar minimal ikan 6 kuintal jika disewa yang bisa menampung 132 pemancing satu joran. Umpan pun bebas kecuali umpan hidup dilarang.

    Untuk jelasnya bagaimana aturan sewa atau ingin coba sensasi mancing dengan udara sejuk di Manglayang, hubungi saja pemilik kolam dan tanyakan saja prosedur sewa atau kapan lomba diselenggarakan. Selanjutnya  tinggal waktu Anda saja untuk bisa merasakan mancing di udara sejuk di kaki Gunung Manglayang.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Situ Manglayang
Jalan Nagrok Atas, Kamoung Teluk Dengklok, Ujung Berung, Bandung
Telp : 0857 – 2200 4222

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply