Telaga Setu Sawangan : Pelampungan Mas 62 Lapak, Buka Kamis & Minggu

Cover TSS 1

Kabarmancing.com, Sawangan, Depok - Pemancingan di daerah Sawangan bertambah lagi. Sejak 3 bulan lalu ada pemancingan baru namanya Telaga Setu Sawangan (sebelumnya bernama Setu Playangan) yang disiapkan untuk para pemancing pelampungan ikan mas. Dengan ukuran luas dan jumlah lapak puluhan, Telaga Setu Sawangan pun berbenah diri untuk melayani secara profesional pemancing yang datang.

    Ya, karena usianya masih seumur jagung, Handy (pemilik kolam) mulai gencar mempromosikan kolam miliknya itu yang tujuannya supaya dikenal luas agar bisa mendatangkan banyak pemancing dan komunitas mancing. Itulah diharapkan Handy pasca terjun ke usaha kolam. Untuk mengetahui lebih jauh mengapa beliau yang notabene bukan seorang pemancing memilih jalur tersebut, kabarmancing.com pun datang ke kolam miliknya itu.

62 lapak

62 lapak

    Dengan semangat Handy menceritakan, tahun 2015 ia punya lahan di Sawangan dan ingin buka kolam pancing. Awal mulanya terpikir kolam galatama mas yang berpartner dengan rekannya, namun kerjasama tersebut gagal. Tahun 2016, Handy merubah idenya dari galatama mas menjadi galatama lele. Rencana itu kembali kandas saat mengajak partner lainnya. Kegagalan berikutnya ini membuat Handy mulai menimbang lanjut atau tidak.

    Di saat lanjut atau tidak, kolam pancing yang masih dinamakan Setu Playangan, Handy pun jumpa dengan Baeng seorang pemancing. Dari Baeng ia banyak mendapat masukan positif yang berhubungan untuk kelanjutan usaha tersebut. Semangatnya kembali berkobar dan serius menggarapnya lagi di 2017. “Kolam ini harus jadi dan jalan,” ujarnya saat itu. Pembangunan kolam pun dilanjut, hasilnya sungguh memuaskan. Lapak yang jumlahnya puluhan, tiang dan atap yang kuat dan kokoh serta fasilitas kantin, ruang panitia, toilet yang bersih membuat pemancing datang merasa kerasan dan nyaman saat mancing. Keputusan Handy dan Baeng pun terwujud tapi bukan galatama mas dan lele melainkan pelampungan mas khusus lomba.

 

Event perdana lapak penuh

    Setelah semuanya siap dan layak digunakan untuk lomba pelampungan, nama Setu Playangan resmi diganti menjadi Telaga Setu Sawangan dan menggelar lomba perdana pada tanggal 11 Juni 2017 lalu. Merasa optimis bersama Baeng, mereka menyebar brosur ke toko-toko pancing dan dunia maya. Hasilnya lapak penuh dengan tiket Rp 500 ribu perlapak 2 joran. Di kolam ukuran luas 56×27 meter, jumlah lapak 62 dengan jarak antar lapak 1,80 meter, lomba perdana berjalan sukses dan lancar.

Kolamnya luas dengan jarak antar lapak 1,20 meter

Kolamnya luas dengan jarak antar lapak 1,80 meter

    Sukses lomba perdana, Handy optimis ke depan kolam miliknya itu bisa meraih hati pemancing. “Saya optimis kolam ini prospeknya bagus untuk ke depan,” ujarnya kepada kabarmancing.com. Sejak itulah ia memberlakukan Telaga Setu Sawangan dengan jadwal lomba seminggu 2 kali, Kamis dan Minggu dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore dengan tiket Rp 300 ribu untuk hari Kamis, tiket Minggu Rp 350 ribu dan tiket awal bulan Rp 1 juta.  

    Susunan hadiahnya jika tiket Rp 350 ribu 2 joran dihitung full lapak maka Induk 1, Rp 4 juta, Induk 2, Rp 2 juta, Induk 3, Rp 1,5 juta, Induk 4 Rp 1 juta, Total Prestasi Kiri Kanan @Rp 350 ribu dan Total Induk A dan B @Rp 300 ribu, jumlah ikan ramenya 300 kg dan super 90 kg. Kemudian untuk tiket Rp 300 ribu 2 joran rinciannya, Induk 1, Rp 3,5 juta Induk 2, Rp 2 juta, Induk 3, Rp 1,5 juta, Induk 4, Rp 1 juta, Total Prestasi Kiri Kanan @Rp 300 ribu dan Total Induk A dan B @Rp 300 ribu dan turun ikan rame 300 kg dan super Rp 50 kg.

Kolam lomba pelampungan mas buka JKamis dan Minggu

Kolam lomba pelampungan mas buka Kamis dan Minggu

    Selanjutnya Handy memberitahu untuk tiket Rp 1 juta 2 joran yang digelar awal bulan jika lapak full, Induk 1, Rp 12 juta+piala, Induk 2, Rp 6 juta+piala, Induk 3, Rp 4 juta+piala, Induk 4, Rp 2 juta+piala, Total Ptrestasi Kiri dan Kanan @Rp 1 juta+piala dan ikan pita sebanyak 62 ekor @Rp 50 ribu dengan turun ikan rame 800 kg dan super 200 kg,

    “Sejak dibuka hingga sekarang rata-rata pemancing yang datang saat lomba terhitung diatas 50 lapak yang berarti untuk ikan dan hadiahnya akan berubah,” terang Handy. Untuk aturan lomba Telaga Setu Sawangan punya aturan ketat diantaranya maksimal 3 mata kail,  umpan pelet dan umpan hidup dilarang, umpan diperbolehkan umpan putih dan kuning. Ketika kabarmancing.com bertanya apakah kolam bisa disewa? Dengan tegas Handy menjawab, bisa disewa, dengan catatan minimal ikan turun 4 kuintal dan biaya untuk orang kolam bisa dibicarakan lebih lanjut.

    Nah, bagi Anda yang ingin mencoba merasakan ikut lomba silahkan saja datang. Fasilitas disana lengkap. “Mushollanya dalam tahap penyelesaian,” ujar Handy menutup perbincangan siang itu.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Telaga Setu Sawangan
Jalan Abdul Wahab Gang VI
(Depan Setu Bojong Sari) Sawangan, Depok
Telp : 0899 – 8774269 (Handy)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply