Yasin : Mancing Harian Mas, Setiap Lapak Dapat Jatah Ikan 2 Kilo

Yasin

Kabarmancing.com, Rawa Bokor, Jakarta Barat – Lokasinya yang berada di kawasan Rawa Bokor, Jakarta Barat, tidak pernah sepi didatangi pemancing. Dari Jalan Raya Atang Sanjaya ke pemancingan ini hanya berjarak 50 meter saja. Ya, pemancingan ini namanya Yasin yang diambil dari nama pemiliknya sendiri, Yasin Hassan.

Kolam Utama dengan jumlah lapak 50

Kolam Utama jumlah lapak 50

    Pemancingan Yasin bisa dibilang pemancingan baru di Jakarta Barat. Berdiri sejak 2015 lalu dimana awal mulanya digunakan untuk mancing harian mujair, namun di 2017, Yasin menggantinya ke pancingan ikan mas hingga kini. Di atas lahan garap ada 10 kolam pancing dan yang paling besar atau disebut kolam utama ukurannya 57 x 85 meter dengan jumlah lapak 50. Yasin si empunya kolam pun merasakan suka duka menjalankan pemancingan ini.

    Untuk menuju kesana patokannya ialah CBC (Cengkareng Bisnis Center). Ya, di depan CBC inilah kolam pancing Yasin berada. Itulah yang kabarmancing.com lakoni saat berkunjung kesana. Hari itu Pemancingan Yasin sedang disewa oleh sebuah komunitas mancing. Di kolam utama yang paling besar berjejer rapi di lapaknya masing-masing pemancing dari komunitas tersebut.

    Yasin 4Tak lama kemudian muncul Yasin si empunya kolam. Dengan menjelaskan maksud kedatangan, beliau pun paham dan mempersilahkan menanyakan tentang kolam miliknya itu. Yasin banyak menceritakan awal mula ia membuka pemancingan ini. Karena itu lahan milik PT yang ‘tidur’ maka oleh perusahaan tersebut Yasin diperbolehkan untuk menggarapnya atau memfungsikannya. Di benak Yasin kala itu terbersit pemancingan, dengan dalih di kawasan itu banyak sekali pemancing kolam. Selanjutnya oleh beliau dibuatlah kolam pancing pelampungan. Awalnya ia buka untuk mancing mujair dan kemudian merubahnya ke mas.

    Dengan bermodalkan seadanya lambat laun Pemancingan Yasin berdiri kokoh dan mulai didatangi pemancing. Untungnya lagi, Yasin juga pemancing sejati yang kerap mancing dimana-mana apalagi di kawasan Jakarta Barat beliau suka mendatangi pemancingan disana. Sontak begitu tahu Yasin buka pemancingan, satu persatu maniak mancing pun datang. Hingga kini Yasin sudah bisa membangun 10 kolam pemancingan di satu area itu. Satu dibuat olehnya jadi kolam besar atau utama, sisanya kolam-kolam pancing ukuran kecil.

 

Jatah ikan 2 kg

    Dari penjelasan tentang kolam, selanjutnya beliau langsung menyerahkan kepada putranya bernama Malawi. Ya, Malawi adalah anak kandung Yasin dan dipercaya untuk mengelola kolam miliknya ayahnya tersebut. “Saya serahkan ke Malawi untuk mengelola dan penjelasan tentang kolam kepada beliau saja,” ujar Yasin kepada kabarmancing.com

    Yasin 9Dengan semangat Malawi menjelaskan kolam apa saja dan diperuntukkan untuk jenis ikan apa. Kolam utama ujar beliau digunakan untuk kolam harian dengan jumlah lapak 50. Di kolam utama ini kiri dan kanannya sudah diberi atap, namun hanya diperuntukkan untuk harian dan sewa. Untuk lomba sesekali saja. “Kami jarang adain lomba,” ujar Malawi memberitahu. Ya, dibanding lomba dan harian, peminatnya lebih banyak pemancing harian.

    Di kolam utama diisi ikan mas berkedalaman 80 cm s/d 150 cm dengan sistem main per lapak 2 kg dengan harga ikan rame saat itu Rp 50 ribu untuk 2 kilo. Umpan yang digunakan pun bebas terkecuali umpan hidup dilarang. Namun untuk mancing di kolam utama minimal pemancing 50 orang dengan jatah perorangnya 2 kg. Jikalau dibawah 50 orang maka kolam utama tidak digunakan dan pemancing silahkan memilih kolam harian lainnya yang tersebar di sisi kolam utama.

    Yasin 3Selain kolam utama, masih ada 9 kolam lainnya dengan ukuran berbeda lebih kecil dari kolam utama. Ke sembilan kolam itu dipakai untuk mancing harian  pelampungan mas dan satu kolam untuk borongan bawal. “Kalau orang datang ke sini tinggal pilih saja kolam yang mau digunakan. Ikannya dibawa pulang,” papar Malawi sambil menunjuk kolam-kolam itu.

    Fasilitas lainnya, ada kantin dan parkir motor. Untuk parkir mobil memang tidak ada tempat parkirnya. Ada baiknya jika kesini menggunakan motor agar lebih aman apalagi parkirnya selalu dijaga dan toilet kondisinya pun apa adanya. Nah, mau jajal mancing harian disini? Silahkan datang dan pilih mana kolam diinginkan. Ingat ya, di sekitaran Pemancingan Yasin ada kolam pancing lain yang beda pengelola. Agar tidak salah masuk, begitu tiba di Jalan Atang Sanjaya tepatnya depan CBC ada jalan kecil dan masuk saja kurang lebih 50 meter dan Pemancingan Yasin tampak lebih dulu. Selamat memancing.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Yasin
Jalan Atang Sanjaya, Rawa Bokor (Depan CBC), Cengkareng, Jakarta Barat
Telp : 0877 – 7142 2894

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply