Yoook….Jajal Tarikan Melem Progo

6d

Kabarmancing.com, Temanggung – Sungai Progo khususnya wilayah Kabupaten Temanggung, ikan melem jutaan jumlahnya yang hidup di sungai ini. Selain ikan melem di Sungai Progo, banyak jenis ikan lain diantaranya uceng, wader, tombro, nila, lele, balar, kepekan, mangur, beyong, kekel, gabus, mas, hampala dan lainnya.

   Ya, Sungai Progo  banyak menyimpan ikan-ikan yang tidak bisa kita jumpai lagi di sungai Jabodetabek.Di Sungai Progo banyak pemancing saban hari nongkrong di pinggiran sungai. “Pemancing sudah datang sejak pagi. Untuk ikan melem ada jam-jam tertentu untuk makan dan biasanya pagi hari. Jadi ngga sembarang waktu melem makan,” ujar Yanto pemilik toko Sanggar Pancing di Temanggung..

    Di spot Jembatan Kranggan, misalnya, tampak pemancing sedang asik menunggu buruan ikan melem. Dengan umpan nasi yang digantung di saku baju yang diikat peniti, dan memasang umpan boom yang dimasukkan dalam botol plastik atau toples plastik yang dibolongin lalu ditenggelamkan ke air tak jauh dimana pemancing itu duduk, mereka menunggu sambaran ikan melem. 

 

6e

     

    Cara mancing ikan melem memang unik, dengan menggunakan joran tegeg, tarikan ikan melem luar biasa mengasikkan, ujung joran bisa meliuk-liuk jika melem menyambar umpan. “Tarikannya luar bisa saat fight. Kalau musim kemarau kita bisa melihat para pemancing sudah berderet di spot-spot unggulan yang ada di Progo, tiap kedung tak kurang dari 15 pemancing. Bisa dihitung berapa jumlah kedung yang ada di Temanggung. Pokoknya hiburan sehat, murah dan meriah, bisa menghilangkan stres,” ujar Yanto menjelaskan.

   Sungai Progo terkenal spot-spot mancing ikan air tawar yang istimewa baik spot dasaran maupun spot apungan. Berbagai tikungan terjal dan lekukan aliran Sungai Progo membuat para pemancing selalu semakin ingin untuk memancing di sungai ini. Bukan  pemancing Temanggung dan Magelang saja gemar memancing di Sungai Progo ada datang dari Semarang, Purwokerto, Tegal, bahkan dari Tasikmalaya Jawa Barat dan Jakarta datang kesini untuk menjajal tarikan ikan-ikan di Sungai Progo.    

 

6c 

    Ikan Progo sangat liar penuh tenaga dan  benar-benar mantap tarikannya. Bagi para pemancing yang belum pernah mencoba memancing di Sungai Progo bila ingin memancing  bisa didampingi pemandu. Bahkan tutur Yanto beberapa waktu lalu, ikan pelus seberat 22,5 kg juga berhasil didapat di Sungai Progo, begitu juga ikan-ikan besar lainnya seperti balar dan pelus.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply