Baronang 1-2 Kg di Spot Tambak Kerang di Utara Jakarta

IMM Fishing Team 1Kabarmancing.com, Jakarta Utara – Spot mancing di Perairan Jakarta Utara menjadi favorit pemancing laut. Beragam spot disana kerap disambangi untuk mencari ikan buruan. Berbagai teknik mancing pun digunakan dimana tempat yang disukai para pemancing.

    Kali ini pemancing yang tergabung dalam IMM Fishing Team asal Jakarta menjajal spot-spot  di perairan Utara Jakarta. Tim yang terdiri dari Steven, Nandang, Owik, Linsen dan Ardian, Minggu, 23 Agustus 2015, selama satu hari penuh melakukan trip disana.

    Ceritanya, dua minggu persiapan trip sudah direncanakan. Setelah persiapan trip ini matang,  Minggu pagi jam 5, IMM Fishing Team berangkat menuju Darmaga Kali Baru, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tak butuh waktu lama menempuhnya, kurang lebih pukul 6 pagi mereka sudah sampai di Darmaga Kali Baru. Setibanya disana perlengkapan mancing segera diturunkan dari kendaraan dan selanjutnya dibawa dan dimasukkan ke perahu sewa.

Steven dengan hasil pancingan

Steven dengan hasil pancingan

    Untuk spot yang mereka tuju lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan perahu yang dikapteni Pak Mamat. Selanjutnya setelah piranti dimasukkan ke perahu, atas saran Pak Mamat tim segera menuju lokasi yang akan dipancing. Perahu mulai berjalan perlahan meninggalkan dermaga. Kondisi saat itu cuaca cerah dan bersahabat, ombak flat relatif tenang. “Untuk menuju lokasi kurang lebih setengah jam,” ujar Pak Mamat memberitahu kami.

    Namun sebelum kapal bergerak ke spot tujuan, kami sempat berdiskusi terlebih dahulu dengan Pak Mamat spot mana kira-kira berpotensi untuk tujuan mancing, lalu atas saran beliau dipililah spot dimana banyak terdapat tambak kerang, karena diinfokan bahwa ikan baronang sedang banyak disana. Patut diketahui, ikan baronang merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut.

 

Total ikan 40 kg

    Selama dalam perjalanan menuju spot kami menikmati alunan ombak yang begitu tenang. Kurang lebih setengah jam tibalah di spot tujuan. Kami sempatkan mancing casting dan Pak Mamat mengambil kerang yang ada di tambak guna dijadikan umpan untuk memancing ikan baronang. Ya, umpan yang kami pakai udang hidup dan kerang dipotong-potong kecil. Teknik mancing yang kami gunakan casting dengan menggunakan joran dan tegek untuk memancing ikan baronang. Kedalaman laut yang kami pancing itu dalamnya kurang lebih 30 meter.

    IMM Fishing Team 4Setelah dianjurkan Pak Mamat untuk mancing, kami menurunkan umpan untuk segera disambar ikan-ikan yang ada di spot itu. Pak Mamat tak mau kalah ia ikut juga memancing, bahkan beliau pertama kali umpannya disambar.

    Rekan-rekan IMM Fishing Team begitu semangatnya memancing, apalagi ketika reaksi kami semua saat pertama kali umpan disambar ikan adalah kaget dan sangat senang. Setelah kejadian itu tentu saja kami semakin antusias untuk mendapatkan ikan baronang lebih banyak lagi. Untuk mancing ikan baronang membutuhkan timing yang pas untuk dapat kail garong bisa menempel di ikan baronang, apalagi baronang merupakan tipe ikan yang sangat cepat menyambar umpan.

IMM Fishing Team

IMM Fishing Team

    Ya, ikan yang kami dapat mayoritas ikan baronang yang beratnya kurang lebih 1 kg. Selama mancing di Perairan Utara Jakarta spot-spot yang  kami tuju tidak jauh dari tambak kerang yang sangat banyak sekali spot-spot tambak yang bisa kita kunjungi. Seharian mancing di laut, hampir semua tim merasakan mabok laut. Dan untung saja selama trip berjalan tidak terjadi badai dan gelombang yang sangat besar. Namun untuk perolehan ikan besar belum berhasil didapat.

    Adapun jenis-jenis ikan yang berhasil dipancing kebanyakan baronang beratnya kurang lebih 1-2 kg dan ikan kerapu ukuran kecil dan jenis ikan lainnya. Jumlah total keseluruhan ikan diperoleh kurang lebih berat total 40 kg. Dengan hasil itu setelah seharian mancing, atas keputusan bersama pukul 4 sore diputuskan kembali ke dermaga karena ombak terlihat sudah agak besar dan teman-teman mulai merasa mabok. Menjelang Magrib kami tiba Dermaga Kali Baru dengan selamat. Ikan yang diperoleh pun dibagi rata.

    Setelah seharian berburu ‘Si mulut mungil’ baronang, ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan bagi kami semua sebagai pemancing pemula. Kesan yang kami dapat pun adalah bagaimana umpan disambar oleh sang ikan, ditambah memancing baronang itu sangatlah menarik sebab butuh kejelian dan timing pas untuk menarik menggunakan tegek dan tentunya keindahan laut Indonesia yang sangat berpotensi untuk kita telusuri.(steven/imm fishing team)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. johnJanuary 26, 2016 at 9:35 amReply

    itu venue nya masih bs d kunjungi gak ? bisa share kontak kapten kapal nya…thx before

Leave a Reply