Sendang Biru : Banyak Metal Jig Putus & Paus Lintang di Bawah Kapal

Sendang Biru 2

Kabarmancing.com, Malang, Jawa Timur Komunitas mancing Nemo Fishing Club (NFC), bulan Desember ini kembali mengadakan trip mancing laut ke Pantai Tamban, Sendang Biru, Malang, Jawa Timur, 12 s/d 13 Desember 2015 lalu.

    Tujuan kegiatan mancing ini dalam Rangka Open Trip Nemo Fishing Club yang kedua kalinya di Pantai Tamban, Sendang Biru serta pengenalan dan pendekatan Klub NFC dengan para pemancing yang baru bergabung. Anggota NFC yang ikut dalam trip tersebut diantaranya Bang Farid, Bang Royce, Ko Luky, Bang Renhat, Bang Tompul, Bang Ferry dan Bang Ijam.

    1Hari H, Tim NFC berangkat dari Jakarta menuju Pantai Tamban, Sendang Biru, Jumat, 11 Desember 2015 pukul 01.00 WIB menggunakan dua mobil. Satu mobil dihuni pasukan Nemo dari Jakarta Timur dan satu mobil lagi pasukan Nemo dari Bekasi. Perjalanan kami ini memakan waktu kurang lebih 26 jam dikarenakan mampir untuk istirahat dan makan dalam perjalanan menuju Malang. Jawa Timur. Kami juga menyempatkan waktu untuk mampir di basecamp Nemo di Kota Solo untuk istirahat kurang lebih 3 jam dan setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali. Setelah perjalanan jauh ditempuh, kami pun tiba di lokasi Pantai Tamban pukul 03.30 pagi, 12 Desember 2015.

     Setibanya di lokasi, rencananya kami mancing dimulai dari Timur Pantai Tamban, Sendang Biru dan berakhir di Barat Pantai Tamban, Sendang Biru. Ya, begitu banyak lokasi sport untuk fishing diantaranya bagian barat Pantai Tamban, Karang Tengah, Laut Pulau Sempu, Karang Kembar Batu Mandi dan lainnya. Jenis kapal yang kami gunakan pada saat memancing itu jenis kapal katamarang yang dikapteni Pak Mul dan seorang ABKnya. Berbagai fasilitas yang diberikan antara lain pelampung, fishfinder, tempat istirahat dan lainnya. Untuk pelayanan kapal ini seperti menunjukan lokasi spot, makan siang dan makan malam.

    Sendang Biru 5Setelah kapal beranjak meninggalkan daratan menuju lokasi spot sekitar 20 sampai 30 menit dan ketika itu cuaca cukup baik. Hari pertama, cuaca seperti biasa panas dan sore harinya mendung, Di hari kedua cuaca sangat baik panas dan teduh sampai kegiatan memancing di sore hari tiba. Selama dalam perjalanan menuju spot seperti biasa ada yang sibuk menyiapkan piranti, ada yang mengambil dokumentasi, bercanda dengan kapten dan ABK kapal dan lainnya ada menyempatkan mancing troling sambil menuju spot.

 

Beragam jenis ikan

    Tak butuh waktu lama kami sampai di lokasi spot sekitar jam 07.30 pagi dan kapten kapal mengisyaratkan kami semua supaya mempersiapkan piranti dasaran dan kemudian yang pertama kami lakukan teknik ngejig (jiging) dengan umpan yang digunakan umpan jig (metal jig). Sebagian rekan ada pula yang poping karena lokasi yang dekat dengan Batu Mandi dan waktu yang pas untuk melakukan poping.

    Sendang Biru 4Kedalaman laut dari spot satu ke spot yang lainnya berbeda-beda tetapi rata-rata kedalaman spot 60 meter sampai 120 meter. Tak lama berselang ikan menyambar umpan kami untuk pertama kalinya dan spontan reaksi kami tentunya berbeda-beda ada yang tambah semangat nge-jig, ada pula yang teriak-teriak, ada yang kalem dengan senyuman yang woooowww. ada juga yang dijadiin bahan candaan ke teman-teman yang belum dapat ikan dan ada juga yang langsung ganti metal jig-nya. Pokoknya seruuuu banget. Ikan hasil pancingan yang pertama kami dapat ikan amberjeck dengan berat 5,6 kilogram.

    Spot selama mancing disana disebutnya spot Barat Pantai Tamban, spot Timur Pantai Tamban dan spot Karang Tengah dan di spot-spot itulah kami mendapat beragam ikan antara lain tuna gigi anjing, amberjeck, barakuda, kerapu dan jenis ikan lainnya.

    Sendang Biru 6Selama dua hari mancing di Pantai Tamban, Sendang Biru semua berjalan lancar tidak ada badai ataupun ombak dan alhamdulillah kali ini tidak ada satu anggota yang mabuk laut. Ada kejadian menarik saat mancing dan membuat kami terkejut apa itu ? Ikan paus lintang yang berputar-putar dibawah kapal sekitar 3 kuintal lebih beratnya, yang membuat kami semua tertegun melihatnya. Bertemu dengan ikan paus lintang yang begitu besar dan berenang-renang di bawah kapal inilah membuat kaget seluruh tim di kapal. Ada yang ketakutan ada juga senang melihat ikan yang jinak itu.

     Selama 2 hari mancing, ikan yang kami dapat di trip Sendang Biru 12 dan 13 Desember 2015 seperti amberjeck, tuna gigi anjing, barakuda, tongkol, kerapu dan lainnya. Rata-rata beratnya sekitar 3 kg dengan jumlah total keseluruhan ikan yang didapat kurang lebih 30-an ekor. Puas mancing di Sendang Biru akhirnya kami harus kembali ke darat. Jam 17.30 kapal beranjak meninggalkan spot dan sampai ke darat pukul 18.00 waktu setempat.

    Sendang Biru 3Ya, trip mancing ini sungguh mengesankan, bagi kami kesan yang tak dilupakan saat mancing banyak metal jig yang putus ditarik sama ikan dengan kekuatan tarikan yang sangat luar biasa. Jujur kami sangat penasaran dengan ikan tersebut dan ingin tahu sebenarnya ikan apakah itu yang menghabiskan metal jig begitu banyak.

    Jelang malam akhirnya kami tiba di darat dan bersyukur trip berjalan lancar tanpa ada halangan apa pun. Terima kasih kami sampaikan kepada Ronson Fishing dan kabarmancing.com yang ikut men-support kegiatan ini untuk pertama kalinya kami bekerjasama.  Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke Jakarta.

    Sukses trip Sendang Biru rencananya NFC kembali melakukan trip berikutnya yang rencananya ke Timur Indonesia yaitu Pulau Buru, Maluku. Semoga rencana ini berjalan sukses dan lancar.(nemo fishing club/foto:dok.nfc)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

5 Responses

  1. royceDecember 25, 2015 at 8:52 amReply

    Mantabbbss juooosss

  2. ferry cJanuary 6, 2016 at 8:01 amReply

    Agan agan …. mantab sekali tuhh…. sy jg pemancing dari sby . Kalo agan agan berkenan mungkin bisa berbagi no telpnya nelayannya . Makasi gan

  3. PAITANGJanuary 15, 2016 at 8:10 pmReply

    MANCING MANIA………. JOUOOOSSSS IIII
    Sama ” Brp bos No tlp Nelayan y……

    • BayuApril 29, 2016 at 7:04 amReply

      Keeereeen.. abisss

      • agusNovember 17, 2016 at 12:35 amReply

        Disewakan kapal buat mancing sendang biru
        Agus 081336619454

Leave a Reply