Mata Pancing : Jelajah Rumpon Berburu Kakap Merah

Cover MP 11

Mata Pancing MNCTV, Cirebon – Mata Pancing edisi berikutnya kembali menyuguhkan serunya memancing di rumpon-rumpon di laut lepas Kota Cirebon. Tim Mata Pancing, Muhdi, Odja, Winnie, Edmond dan Bagus ikut merasakan bagaimana serunya tarikan ikan-ikan penghuni rumpon yang menyenangkan serta asiknya berburu kakap merah, ikan paling lezat yang membuat keringat bercucuran.

    Singkat cerita, berangkat dari Jakarta menuju Cirebon, Tim Mata Pancing pun bertemu dengan teman-teman angler dari Cirebon dan berkumpul di Dermaga Cangkol. Dari Dermaga Cangkol tim akan bergerak sekitar jam 12 malam, sebelum air surut yang bisa membuat kapal kandas. Di Dermaga Cangkol semua persiapan akhir sebelum memancing di rumpon lepas Laut Jawa di cek kembali mulai dari alat pancing, umpan hingga berbagai keperluan di kapal. Usai persiapan dan berdoa, tim segera menuju kapal dan menggunakan dua kapal terpisah untuk mencoba berbagai kemungkinan ikan tangkapan.

    “Sekarang jam 01.20 dinihari dan waktunya berangkat. Kami akan memancing di rumpon. Mata Pancing Yess…,” teriak Winnie dari atas kapal. ABK dengan sigap segera memindahkan berbagai perlengkapan keatas kapal. Selanjutnya para pemancing segera naik ke kapal. Kapal dengan mesin dongfeng ini mengantar kami ke Perairan Laut Jawa. Di perjalanan menuju spot, kami dan rekan-rekan beristirahat untuk memulihkan tenaga. Matahari pun mulai muncul satu jam menjelang spot kakap merah. Teman-teman pemancing segera menyiapkan tackle untuk berburu ikan-ikan dasaran Laut Jawa ini.

    Trip RumponTidak diduga, tiba-tiba di samping kapal, umpan Mang Ucok yang belum sampai dasar langsung disambar. Tanpa menunggu lama seekor kakap merah berhasil landed. Ya, kakap merah merupakan komoditas perdagangan yang penting di masyarakat. Harga perkilogramnya bisa mencapai kisaran empat puluh ribu rupiah. Umpan yang bisa digunakan untuk berburu ikan-ikan dasaran ini adalah udang dan cumi.

    Berikutnya giliran umpan Yuli yang berhasil strike. Pemancing asal Bekasi ini terus mencoba memainkan jorannya untuk menuntaskan permainan dengan ikan. Winnie pun tak mau kalah menaklukkan si kakap merah dan segera melemparkan umpannya. Tak lama kemudian ia strike. “Percobaan saya dengan teknik dasaran sukses disambar ikan dan seekor ikan target berhasil saya angkat keatas kapal. Yuhuu… ini ikan kakap merah atau red snapper. Mata pancing Yeess,” ujar Winnie senang. Rekan lainnya masih di kapal yang sama, Mang Kobar juga tak mau ketinggalan ikut merasakan sensasi tarikan ikan dasaran Laut Jawa ini. Tanpa banyak membuang waktu akhirnya seekor ikan target sukses landed.

    Ya, rumpon yang terawat dengan rutin menjadi tempat yang nyaman untuk bertelur dan berkembang biak bagi ikan-ikan dasaran di kawasan ini. Ikan seperti kakap merah, kerapu, dan jenaha sangat suka tinggal di spot ini. Strike yang bertubi-tubi terus menghampiri kami. Dan terbukti Winnie kembali strike. “Lihat dari arusnya bagus, pagi-pagi matahari tinggi. Yah meski kecil begini, good size untuk dimasak dan dimakan. Wah pokoknya luar biasa. Mata Pancing yess,” teriaknya lagi.

    Bisa dikatakan, ikan-ikan dasaran terbilang agresif dalam berburu makanan. Tanpa harus menurunkan umpan hingga ke dasar, ikan kelaparan pun sudah menyambar umpan kami. Baru saja strike, Winnie strike lagi. “Yuhuuuu… strike kakap merah lagi atau bahasa latinnya Luncanus ampecanus dikedalaman 35-40 meter,” ujar Winnie sambil memperlihatkan hasil tangkapannya ke rekan-rekannya di kapal. Sementara itu, Yuli yang baru pertama kali turun ke laut merasakan kegembiraan, berulangkali umpannya terus dihajar, dengan semua tenaganya ikan digeret ke permukaan dan hasilnya dua ikan sekaligus.

 

Kapal lainnya juga strike

    Serunya memancing di sekitar rumpon nelayan Cirebon dilanjutkan kembali. Kemeriahan pun terjadi di kapal rekan kami yang lainnya. Teman-teman angler dengan sigap menyiapkan peralatan memancing. Umpan udang Udin akhirnya sukses disambar ikan kelaparan. Dengan sabar jorannya terus dipompa untuk segera mengakhiri permainan. Strike berikutnya menjadi milik Dimas. Ikan yang hook up membuat jorannya melengkung tajam dan seekor kakap merah menyerah.

    Trip Rumpon 2Pesta strike terus berlanjut. Sekarang giliran umpan Karna yang sukses mengecoh ikan target. Dan Yeesss, akhirnya dua ekor ikan yang hook up di ujung senar pancingnya. Percobaan terus berlanjut dengan menurunkan mata kail berisi umpan udang. Keriuhan pun bergeser ke Andry, umpan dasarannya berhasil digondol ikan. Jorannya terus dimainkan untuk segera menuntaskan pertarungan dengan ikan dasaran. Selanjutnya rekan lainnya, umpan Dimas kembali memakan korban. Tanpa banyak membuang waktu, ikan segera merapat di samping kapal. Kemudian seekor ikan lainnya berhasil hook up lagi di ujung mata kail Udin. Jorannya dimainkan dengan sabar untuk menggiring ikan naik ke permukaan dan berhasil.

    Keberuntungan pun kembali memihak Andry, jorannya langsung melengkung saat ikan hook up dan seekor gabus laut merapat ke samping kapal. “Yess dapat ikan gabus laut nih, kita release yah,” ujar Andry. Setelah Andry dengan ikan gabus lautnya, Karna juga tak ketinggalan ikut merasakan sensasi strike di rumpon nelayan ini dan setelah beberapa saat bertarung akhirnya seekor ikan target sukses mendarat diatas kapal. Lagi-lagi Udin berbuah strike, dengan perlahan rilnya terus digulung dan akhirnya seekor ikan kapas-kapas menyerah di ujung mata kailnya.

    Kembali ke kapal Tim Mata Pancing, pertarungan semakin sengit, dari belakang kapal, Mang Kobar juga berhasil strike dan tak perlu menunggu lama untuk menuntaskan permainan dengan kakap merah. “Baru sekali mancing dapat kakap merah,” katanya semangat. Teman-teman pemancing kembali melanjutkan pertarungan dengan ikan-ikan dasaran. Umpan dipasang dan segera diturunkan ke sekitar rumpon. Dan kembali percobaan Ucok sukses berbuah strike. Dengan semangat pemancing asal Cirebon ini terus menggulung rilnya. Dan akhirnya seekor ikan target sukses merapat di pinggir kapal. Demikian juga dengan usaha Winnie, setelah berjuang beberapa saat seekor jenaha berhasil landed. “Ini ikan jenaha atau ikan tompel atau nama lainnya Lucanus sinagris. Salah satu tipikal ada tompel diatasnya. Ikannya tidak bisa besar tapi dagingnya enak luar biasa. Mata Pancing Yess…,” ujar Winnie dengan semangat.

    Akhirnya trip mancing rumpon di Cirebon pun usai dengan hasil memuaskan dengan strike bertubi-tubi. Selesai memancing Winnie dan rekan-rekan pemancing lainnya pun membuat beberapa menu dari ikan hasil tangkapan mereka. “Kita sudah selesai memancing banyak dapat kakap dan jenaha dan semuanya akan kami masak. Pastinya rasanya luar biasa nikmat,” terang Winnie mengakhiri mancing rumpon hari itu.(tim mata pancing/foto:dok.mata pancing)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply