Berikut Tips Meramal Cuaca Saat Hendak Memancing

Tips Cuaca 2

Kabarmancing.com, Jakarta – Bagi pemancing laut dan air tawar, cuaca adalah paling dominan dan penting saat melakukan trip mancing. Jika cuaca buruk tentu mancing yang akan dilakukan pun batal.

    Namun kadangkala saat hendak berangkat mancing, cuaca terlihat masih baik dan bersahabat, tetapi setelah itu mendadak berubah jadi buruk. Nah, inilah seringkali terjadi, apalagi tidak ada tanda-tanda sebelumnya akibat perubahan cuaca dadakan tersebut.

    Walaupun sudah melihat atau mendengar dari ramalan cuaca untuk hari ini, baik itu dari televisi, radio, maupun media cetak dan internet, walau tidak 100% tepat, paling tidak kita sebagai pemancing sudah mempunyai pegangan, rencana apa yah yang akan di lakukan saat cuaca cerah atau hujan

    Tetapi bagaimana jika suatu saat kita berada di suatu tempat dan ingin mancing tapi tidak ada pedoman dan tidak bisa mengamati ramalan cuaca itu karena keterbatasan fasilitas. Maka alangkah baiknya jika sebagai pemancing ketahui dahulu beberapa tips berikut ini agar perjalanan mancing Anda menjadi nyaman dan selamat kembali ke darat.

 

1. Cek embun di rumput saat matahari terbit

    Jika rumput kering, ini menandakan ada awan atau angin yang kencang, yang mungkin berarti akan hujan. Jika ada embun, kemungkinan tidak akan hujan pada hari itu. Tetapi, jika pada malam hari sebelumnya hujan, metode ini tidak bisa digunakan.

 

2. Melihat tanda merah

    Melihat tanda merah jika melihat cahaya merah saat matahari terbenam (lihat ke arah barat). Ada cahaya merah di langit karena adanya udara bertekanan tinggi yang mengumpulkan debu-debu yang ada di udara, karena arus angin biasanya bergerak dari barat ke timur, maka udara kering menuju ke arah Anda.

    Jika melihat cahaya merah saat matahari terbit (lihat ke arah timur) berarti udara kering sudah lewat, dan diikuti udara bertekanan rendah yang membawa udara lembab.

 

 3. Melihat pelangi di barat

    Hal ini disebabkan oleh cahaya matahari pagi di timur mengenai udara lembab. Kebanyakan badai bertiup dari barat ke timur, dan pelangi di barat berarti udara lembab, yang berarti hujan akan datang. Di sisi lain, pelangi di timur, di sekeliling matahari, berarti hujan sudah lewat. Hari yang cerah akan muncul pada hari itu (ataupun terik panas)

 

4. Mendeteksi dengan arah tiupan angin

    Angin timur dapat mengindikasi mendekatnya badai, sedangkan angin barat sebaliknya. Angin yang kencang mengindikasikan perbedaan tekanan yang tinggi, yang berarti tanda datangnya badai.

Tips Cuaca 1

 

5. Cium aroma udara

    Tumbuhan mengeluarkan zat buangnya saat udara bertekanan rendah, sehingga menghasilkan aroma seperti kompos dan mengindikasikan akan turun hujan.
     Rawa akan mengeluarkan gas sesaat sebelum badai akibat udara bertekanan rendah, dan menyebabkan bau tidak enak. Wangi bunga lebih tercium di udara yang lembab, yang berarti akan turun hujan.

 

6. Lihat awan

    Awan bergerak dengan arah yang berlawanan, kemungkinan akan hujan.

  • Awan cumulonimbus, di awal-awal hari dan berkembang sepanjang hari, kemungkinan cuaca akan buruk. Ciri-ciri awan ini mempunyai bayangan gelap di sisi bawah awannya. Biasanya kita menyebutnya dengan awan mendung. Padahal selain formasi awan ini, masih ada lagi formasi awan yang bisa menyebabkan hujan.
  • Awan mammatus, ini berbentuk seperti kumpulan buah anggur yang ada di langit. Formasi awan ini dapat diprediksi akan ada tambahan petir pada saat hujan turun. Jadi jangan pergi ke tempat yang tinggi-tinggi jika di langit mulai tampak formasi awan mammatus.
  • Awan cirrus, ini berbentuk seperti helaian kapas. Walaupun terlihat indah sebelumnya, formasi awan ini menyebabkan cuaca buruk dalam 36 jam berikutnya. Maka dari itu selesaikan semua urusan Anda secepatnya, jika tidak mau pulang ke rumah bermandikan hujan.

 

7. Membuat api unggun.

    Jika asap api unggun tersebut berbentuk pusaran dan tidak naik ke atas, ini disebabkan karena rendahnya tekanan udara, yang berarti akan hujan.

 

8. Lihat bulan saat malam

    Jika saat melihat bulan tampak jelas dan terang, mungkin akan terjadi hujan. juga jika terdapat cincin di sekeliling bulan, dapat diindikasikan hujan akan turun dalam 3 hari berikutnya. Banyak cara-cara lain untuk memprediksi cuaca. Anda juga bisa membuat metode sendiri yang tak kalah hebatnya dengan cara yang diatas.

    Alam bukan hanya sebuah lingkungan tempat kita tinggal, tetapi juga mempunyai informasi-informasi untuk kita gunakan sehari-hari.(bayu/dari berbagai sumber/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

6 Responses

  1. Cleanmymac 3.9 Crack Full Activation CodeMarch 16, 2018 at 1:59 amReply

    I conceive this web site holds some real superb information for everyone : D.

  2. OmniPlan Pro 3.7 Crack + License Key For Mac OS MacOSXMarch 17, 2018 at 1:55 pmReply

    Thanks for this post. I definitely agree with what you are saying.

  3. Geometry Dash Moderator Hack 2.1 Mac Win APRIL FOOLSMarch 18, 2018 at 1:56 amReply

    Some truly wonderful content on this web site , appreciate it for contribution.

  4. Thor - Legit CS GO MAC cheatMarch 18, 2018 at 8:25 pmReply

    I like, will read more. Cheers!

  5. hitfilm 4 pro crackMarch 28, 2018 at 2:01 amReply

    Cheers, great stuff, I enjoying.

  6. App ToolsMay 31, 2018 at 2:05 amReply

    Enjoyed reading through this, very good stuff, thankyou .

Leave a Reply