Mancing Pinggir Laut, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan ?

Cover MP

Kabarmancing.com, Jakarta – Mancing di pinggir laut, asik juga tuh, namun sebelum Anda melakukan hal tersebut, alangkah baiknya mengetahui dulu apa saja sih yang harus kita bawa dan persiapkan agar apa yang kita harapkan bisa berjalan dengan lancar.

    Ya, dari uraian diatas banyak juga pemancing yang menyukai mancing di pinggiran laut. Di kawasan Jakarta sendiri terdapat beberapa lokasi yang dapat dijadikan lokasi, misalnya di kawasan Pelabuhan Peti Kemas Jakarta Utara. Biasanya mancing seperti ini mencari ikan-ikan kecil. Tapi tidak sedikit pula ikan berukuran besar terangkat.

    Meski mancing di pinggir laut tapi persiapan juga dibutuhkan seperti halnya mancing pada umumnya. Alat-alat yang dibutuhkan untuk mancing di pinggir laut juga tidak kalah pentingnya. Ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan dan dibawa saat mancing di pinggir laut berikut ulasannya :

  •  Life Jacket : Kadangkala ini suka diremehkan pemancing. Padahal jaket ini sangat berguna untuk menjaga keselematan jiwa pemancing saat terjatuh ke laut misalnya.
  • Rompi : Persiapkan pula rompi mancing yang sangat berguna untuk menyimpan piranti ringan seperti lure atau umpan, gunting dan asesoris lain.
  • Sepatu atau Alas Kaki : Untuk mancing juga harus dibawa. Sepatu atau fishing boots ini tentu untuk menjaga kenyamanan kaki dari air. Bukan itu saja sepatu ini juga akan melindungi kaki dari batu-batu karang atau benda-benda tajam. Jangan lupa pula bawalah gunting dan tang penjepit untuk membantu membuat rangkaian pancing atau melepas lure dari ikan.
  • Kacamata Polarize : Kacamata ini dapat membantu melindungi mata dari sinar matahari dan sambaran benda-benda yang membahayakan mata seperti kail serta mengurangi pantulan sinar matahari dari permukaan air laut.
  • Landing Net : Terkadang ikan besar tertangkap pada saat kita mancing, landing net atau serokan sangat membantu untuk menaikkan ikan besar pada spot yang tinggi dan daerah berbahaya.
  • Joran : Terdapat banyak macam joran tergantung panjang dan kepadatan. Ketika membeli joram, hal yang perlu diperhatikan adalah ikan target apa yang akan dipancing dan fishing points.
  • Ril : Banyak pilihan ril, ada yang ukurannya kecil, sedang dan besar. Selain itu dalam pemilihan ril, perlu diperhatikan kecocokan dengan joran yang kita miliki, budget, jumlah bearing (semakin banyak semakin bagus), kapasitas benang, bahan (apakah tahan dengan air asin) dan faktor-faktor lainnya.
  • Line : Umumnya fishing line dikelompokan dalam 3 kategori yaitu PE line, nylon line, dan fluorocarbon line. Kebiasaan yang berlaku, PE line digunakan sebagai main line dan fluorocarbon line sebagai shock leader. Kekuatan shock leader biasanya 3 kali lebih besar dari main line. Dengan menyambungkan line yang lebih tebal di bagian ujung, akan menyerap hentakan akibat perlawanan ikan dan mencegah tali putus akibat gigi ikan yang tajam.
  • Lure : Gunakan berbagai jenis lure sesuai ikan target dan lokasi mancing. Cobalah bereksperimen dengan berbagai macam warna lure sesuai dengan kondisi atau warna air dan cuaca.

    Selamat memancing.(jajat/foto:dok.kabarmancing.com)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply