Menaikkan Hasil Pancingan Rock Fishing & Menghindari Bahaya

Cover Menaikkan Ikan

Kabarmancing.com, Jakarta – Mancing Rock fishing penuh tantangan dan mengasikkan bagi Anda yang suka dengan jiwa pertualang di alam bebas. Ya, mancing Rock fishing dengan peralatan memancing yang khusus kita hanya dapat fight dengan ikan hanya sampai di permukaan air laut saja. Proses pengangkatan ikan dari permukaan air keatas tebing menjadi tingkat kesulitan tersendiri dan juga menjadi tantangan untuk pemancing Rock fishing.

    Nah, untuk mengetahui lebih detail bagaimana cara menaikkan ikan hasil memancing Rock fishing dan menghindari keadaan yang berbahaya, berikut penjelasannya :

 

 1.     Cara Menaikkan Ikan Hasil Pancingan :

 

  • Jangkar Ikan : Digunakan untuk menancapkan hook besar ke badan ikan (terutama insang). Terdapat 3 bagian yaitu hook besar 2 buah, batang jangkar sepanjang 40-60 cm dan 2 buah penuntun yang berbentuk cincin yang digunakan dengan memasukkan tali pancing ke dalam cincinnya.
  • Tali Jangkar : Menggunakan tali nylon (1,5-2 mm) ataupun tali tampar 2-3 mm sepanjang 50-80 meter (disesuaikan dengan lokasi tinggi tebing ke permukaaan laut)
  • Penggulung yang mampu menampung tali jangkar.
  • Pada beberapa posisi tebing dibutuhkan selorok atau katrol pendorong yang digunakan untuk menghindarkan gesekan tali jangkar dengan dinding tebing.
  • Penggunaan senter sorot akan sangat membantu pada proses penjangkaran untuk mengetahui apakah ikan telah terjangkar atau belum.

    Tips sebelum menjangkar sebaiknya tali jangkar diturunkan/diulur terlebih dahulu di spot menjangkar untuk mengurangi efek twist/berputar pada tali yang dapat membelit tali pancing.

 

2.     Menghindari Keadaan Berbahaya :

 

  • Badai disertai petir

    Berhentilah memancing ketika terjadi badai petir atau kondisi cuaca sedang tidak baik. Joran merupakan penghantar yang sangat potensial mendapatkan sambaran petir. Rebahkanlah joran di tempat yang aman. Berteduhlah pada lokasi yang tidak tinggi dan aman dari angin (membuat shelter/tenda di tempat yang terlindung)

  • Tebing longsor

    Perhatikan kondisi tebing yang akan digunakan untuk memancing, jika terdapat patahan/sesar pada tebing, hindarilah dan carilah posisi yang lebih baik.

  • Tersesat dalam perjalanan menuju lokasi spot

    Gunakanlah jasa guide untuk menghantar kita ke lokasi memancing, selain kita lebih hemat tenaga dalam membawa bawaan dan juga dapat memberi pemasukan untuk penduduk yang berkerja sambilan menjadi tukang pikul/guide dan assistance memancing.

  • Terpeleset di tebing

    Memancing di tebing memiliki resiko yang sangat berbahaya. Ketinggian tebing yang bervariasi antara 5-50 meter, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih lokasi memancing yang aman. Pilihlah lokasi yang tidak licin, ketika fight sebaiknya didampingi teman untuk membantu menyetabilkan posisi fight, pasanglah life line jika lokasi sangat beresiko.(sumber:eko ardi/foto:eko ardi)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply