Teknik Handline, Alat Digunakan Hanya Senar, Kail & Pemberat

Handline

Kabarmancing.com, Jakarta - Bagi pemancing laut tentu sudah tidak asing lagi dengan teknik-teknik mancing yang banyak dikenal selama ini. Ada pemancing yang suka dengan satu teknik mancing, ada pula yang suka dengan semua teknik mancing.

    Handline 1Begitu pula halnya dengan teknik mancing handline. Meski pemancing sudah mengenal teknik ini namun jarang sekali pemancing yang mau memakai teknik tersebut. Biasanya teknik handline banyak dipakai para ABK (Anak Buah Kapal) dan para nelayan. Saat kita sedang mancing di laut barangkali kita sering melihat para ABK ikutan mancing dengan teknik seperti itu.

    Untuk mengulasnya lebih jauh agar pemancing yang belum memahami teknik yang satu ini yang dimaksud dengan handline ialah merupakan teknik mancing tanpa menggunakan piranti pancing modern. Tekniknya pun sangat sederhana sekali karena tidak memakai joran dan ril. Alat yang dipakai hanyalah senar, kail dan pemberat. Ya, teknik handline tergolong sangat sederhana sekali dan bisa dilakukan bagi seorang pemula.

    Mata pancing yang digunakan pun bisa satu buah atau lebih. Umpan yang digunakan biasanya umpan hidup. Soal ukuran pancing dan besarnya tali tergantung dari ikan yang menjadi buruan.

    Handkine 2Saat mancing dengan menggunakan teknik ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Resiko yang mungkin akan kita alami bisa berupa jari tangan terluka karena senar ketika kita strike ikan yang besar atau pun juga jari tangan terluka karena terkena hook/kail.  Untuk mencegah bahaya ini disarankan untuk memakai plester perekat untuk luka di tangan atau karet atau sarung tangan dan sejenisnya yang dibelitkan pada ruas jari.
  • Benang kusut, sering terjadi terutama ketika kita sedang strike dimana biasanya kita tidak menggulung benang pada gulungan tapi menarik benang dan membiarkannya menumpuk di sisi badan kita. Untuk mencegah benang kusut, sterilkan area di mana benang akan ditarik, kosongkan area tersebut dari peralatan apapun. Pada saat menarik benang juga usahakan dengan arah tertentu, misalnya jika di sebelah kiri badan maka posisi tangan kanan di depan kiri di belakang. Tarikan tangan saat strike, berbeda saat kita menggunakan joran, pada saat handlining kita hempaskan ke samping badan dengan gerakan menyentak.

    Teknik mancing handline memang sangat cocok untuk pemancing pemula. Selain karena mudah dilakukan, juga karena murah. Untuk mancing dengan teknik ini tidak perlu belanja alat pancing. Teknik ini pun diam-diam menjadi favorit para pemancing. Ya, pasalnya pemancing bisa merasakan langsung getaran tangan saat ikan menyambar umpan.

    Selamat mencoba.(jajat-berbagai sumber/foto:dok.kabarmancing.com)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply