Tips Mancing Bawal, Sensasi Perlawanan Sang Predator Air Tawar

Tips Mancing Bawal

Kabarmancing.com - Mancing ikan bawal membawa keasyikkan tersendiri bagi pemancingnya. Pasalnya ikan bawal yang dikenal memiliki gerakan gesit juga dikenal sebagai salah satu ikan predator air tawar. Tidak heran bila kemudian ikan ini banyak dipakai untuk mancing kolam terutama mancing galatama.

    Tapi bagaimana caranya mancing ikan tersebut? Nah, bagi pemula tentu akan menemui sedikit kesulitan untuk memancing ikan ini. Meski cara mancingnya tidak jauh berbeda namun secara keseluruhan mancing ikan memiliki trik atau cara tersendiri yang membedakannya. Perbedaan tersebut terletak pada piranti yang digunakan.

    Sebenarnya, piranti mancing ikan bawal seperti joran dan ril sama dengan yang biasa digunakan untuk mancing ikan mas. Hanya saja perbedaannya terletak pada mata kail dan teknik. Mata kail yang dipakai berukuran 6 sampai 8. Kalau mancing ikan mas memakai pelampung maka mancing ikan bawal justru memakai teknik glosor. Selain dengan teknik glosor, mancing ikan bawal juga bisa dilakukan dengan teknik casting.

Tips Mancing Bawal 1    Karakter ikan bawal yang menarik dan cocok di air dengan berbagai warna serta mudah dipancing dengan umpan saja menjadi ciri khas dari ikan bawal. Ikan bawal memang tidak seperti ikan mas. Ditaruh di air berwarna tetap hidup. Begitu pula dengan umpannya yang sangat mudah. Cukup dengan umpan jangkrik atau sejenisnya ikan tersebut bakal menyantapnya.

    Untuk mancing ikan bawal di kolam galatama ada peraturan yang harus dipatuhi pemancing. Biasanya, pemilik kolam melarang beberapa umpan seperti ikan mati atau ikan hidup sebagai umpan. Selain itu ada lagi seperti kodok, cebong, cacing, tempe dan roti. Umpan-umpan ini dilarang karena dapat menimbulkan pengaruh terhadap air maupun ikan.

    Sedangkan umpan yang diperbolehkan adalah umpan seperti jangkrik, ongol-ongol, tahu, telur ikan sapu-sapu, dan mede. Satu lagi pellet. Biasanya pellet yang kasar dipakai untuk campuran ongol-ongol. Namun penggunaan pellet ini pun hanya sebagai campuran. Artinya, pellet tidak bisa digunakan untuk ngebom atau sebagai bemper.  

    Beberapa hal diatas itulah yang biasanya digunakan para pemancing di kolam ikan bawal. Umpan yang mudah dan teknik mancing yang simple membawa keasyikkan bagi pemancingnya. Tidak perlu repot-repot seperti mancing ikan lain yang membutuhkan beragam umpan dan campuran lainnya.

    Tidak aneh kalau ikan bawal bakal menjadi primadona di dunia pemancingan. Di beberapa wilayah di Tangerang, Bekasi, Depok dan sebagian Jakarta sudah merebak mancing ikan bawal dengan sistem galatama. Begitu pula dengan pemancing yang mulai menyukai ikan bawal.

    Kalau mau merasakan bengisnya ikan bawal silahkan mencoba mancing dengan teknik dan umpan yang sudah disebutkan diatas. Anda akan merasakan perlawanan dari ikan yang dikenal rakus makan tersebut.(jajat/foto:dok.kabarmancing.com) 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply