APSI : Pecah !!!!! 94 Bendera Komunitas Mewarnai HUT APSI Ke 2 di Onrust 

Kabarmancing.com, Kepulauan Seribu, Jakarta – “Hampir memakan waktu kurang lebih 3 bulan lamanya untuk mempersiapkan acara HUT APSI kedua yang bertema SAN ‘Silahturahmi Angler Nusantara’ yang dilaksanakan di Pulau Onrust. Kekompakan panitialah yang membuat warna warni berkumpulnya 94 bendera,” ujar Rusly selaku Ketua APSI (Angler Pemburu Strike Indonesia) saat ditemui di lokasi acara.

Berita Terkait : APSI : Keindahan Dalam Kebersamaan Antar Komunitas di Cipir

    Ya, selain menggelar acara silahturahmi HUT APSI juga diisi dengan perlombaan mancing dengan hadiah menarik dari beragam kategori antara lain kategori Ikan Bersisik Terberat untuk Juara 1, 2 dan 3 serta Ikan Non Sisik Terberat nominasi Juara 1, 2 dan 3. Semua kategori 1 dan 2 masing-masing mendapatkan uang Rp 3 juta+set alat pancing untuk Juara 1, uang Rp 2 juta+set alat pancing untuk Juara 2 dan Rp 1 juta+set alat pancing untuk Juara 3. 

    Selain itu ada hadiah jackpot untuk kategori Ikan Buntal Terpanjang dengan hadiah uang Rp 3 juta untuk Juara 1, Rp 2 juta untuk Juara 2 dan Rp 1 juta untuk Juara 3 serta ada jackpot ikan baronang terberat uang senilai Rp 1 juta. 

Tim panitia HUT APSI

    Di puncak acara panitia juga menyediakan 1 unit motor Yamaha XRide baru sebagai doorprize disamping hadiah doorprize lainnya berupa merchandise mancing dan piranti mancing yang telah disediakan panitia yang disponsori oleh SMG. Dengan tiket Rp 150 ribu per angler para peserta sudah dapat mengikuti acara termasuk biaya penyebrangan perahu dari Pelabuhan Kamal dan konsumsi sarapan pagi. 

    Hari itu, Sabtu, 3 Agustus 2019, pukul 7 pagi sudah terlihat panitia berjaga menyambut peserta dan memberikan petunjuk arah perahu mengantarkan sampai tujuan. Ya, sekitar 30 menit menempuh perjalanan sampai ke spot tujuan. Ketika waktu beranjak sore seluruh peserta disibukkan dengan aktifitas memasang tenda, membereskan alat pancing yang digunakan pada saat perlombaan akan dimulai. Tampak suasana keakraban dari mereka yang sudah lama tidak berjumpa saling bercengkrama dan berjabat tangan sambil menikmati secangkir kopi. 

Pemenang doorprize utama

    Sesuai informasi panitia, seluruh peserta berkumpul di panggung utama pukul 7 malam untuk mendengarkan aturan lomba dan tata tertib yang akan dimulai pukul 20.00 s/d 08.00 WIB. Panitia hanya membolehkan peserta menggunakan 1 joran namun dalam hal teknik dan umpan panitia membebaskan sesuai keinginan dan selera peserta. Kurang lebih 15 menit acara akan dimulai tiba-tiba angler Oeplay Ahh dari MDM strike ikan pari seberat 7,5 kg, namun dinyatakan tidak sah oleh panitia karena waktu lomba belum dimulai. Tak ayal peristiwa itu menjadi bahan tertawaan para peserta dan sorak yang membuat Oeplay Ahh tersipu malu.

    Pukul 20.00 pluitt panjang terdengar tanda lomba dimulai. Para peserta berhamburan mengisi spot di kisaran Onrust. Untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan kepada peserta panitia menerjunkan dewan juri ukur yang telah ditempatkan di tiap titik koordinat pada saat acara berlangsung. Sebagian dari mereka tim juri ukur berseragam pramuka yang diperbantukan oleh Rusly juga selaku Ketua Pembina Pramuka Tingkat DKI. 

Pemenang lomba menerima uang dan piala 

    Suasana malam tanpa ditemani sinar bulan tidak mengurangi semangat peserta untuk merasakan sensasi strike. Benar saja tidak lama berselang sahut menyahut suara pun bergema ‘strike’ dari kisaran spot Onrust dan langsung dihampiri oleh pihak panitia juri ukur dan timbang. Suasana tersebut berlangsung hingga pukul 08.00 keesokan harinya.

    Dari pantauan panitia ketika waktu sudah menunjukan pukul 08.00 sudah tampak para peserta menuju panggung utama. Sebagian dari mereka membawa hasil tangkapan pancingnya yang segera diumumkan panitia sebagai pemenang lomba HUT APSI. 

    Sambil menikmati cuaca pagi yang cerah seluruh peserta sarapan pagi yang disediakan panitia disusul pembagian doorprize dan ditutup dengan pengundian hadiah utama motor Yamaha XRide dengan mengambil 5 nomor dari 788 peserta. Kemudian nomor tersebut dipilih menjadi 2 nomor, lalu 2 nomor inilah dijadikan untuk memacu jantung dengan harapan hadiah XRide. Alhasil nomor 205 dari komunitas GMPS yang beruntung mendapatkan motor tersebut.  

    Setelah seluruh rangkaian acara selesai, para peserta pun berkemas untuk melakukan perjalanan pulang. Dari potret raut wajah seluruh peserta tampak terlukis menyenangkan dan membahagiakan mesti sebagian dari mereka harus pulang tanpa hadiah dan dengan kata boncos, namun silahturahmi keutamaan dari acara ini mereka dapatkan. 

    “Luar biasa, seluruh rangkaian acara berjalan tanpa hambatan apa pun,” papar Rusly di akhir kegiatan. Beliau tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta, panitia dan sponsor.(riski hikari/foto:dok.riski hikari)

Pemenang Kategori Bersisik Terberat :

  • Juara 1 / Suwarno (Komunitas PAB) / Mangrove Jack / 1,390 Kg (20.33 WIB) / Rp 3 Juta
  • Juara 2 / Wangsa (Komunitas AJM) / Kakap Batu (Okek) / 0,755 Ons (23.40 WIB) / Rp 2 Juta
  • Juara 3 / Imam S (Komunitas MDM) / Kakap Batu (Okek) / 0,690 Ons (22.00 WIB) / Rp 1 Juta

Pemenang Kategori Non Sisik Terberat :

  • Juara 1 / Kiki Chandra (Komunitas PPB) / Pari / 0.460 Ons (06.32 WIB) / Rp 3 Juta
  • Juara 2 / Latif (Komunitas FA) / Toka Tika / 0.355 Ons (21.33 WIB) / Rp 2 Juta
  • Juara 2 / Braga Zila / Cendro / 0.350 Ons (06.54 WIB) / Rp 1 Juta 

Pemenang Jackpot Buntal Terpanjang :

  • Juara 1 / Edi (Komunitas ACL) / 11 Cm (20.42 WIB) / Rp 3 Juta 
  • Juara 2 / Komunitas Ngapaxs / 10 Cm (07.14 WIB) / Rp 2 Juta 

Pemenang Cumi Terberat :

  • Komunitas Ruy Adventure / 0,485 Ons (06.47 WIB) / Rp 1,5 Juta 
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply