D’Mancing : Milad Ke 9. Berburu Mas, Grass Carp & Bandeng di Sabilulungan

Kabarmancing.com, Bandung – Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke 9 di 2018 Grup D’Mancing menggelar lomba mancing dengan peserta mencapai ratusan orang. Untuk tahun ini penyelenggara dan tanggung jawab acara pun diserahkan kepada Grup Mancing Kurawa yang bernaung di bawah D’Mancing untuk menjadi panitia milad yang digelar Minggu, 7 Oktober 2018. Lomba yang dimulai pukul 10 siang sampai selesai pukul 3 sore, 230 lapak terisi penuh. Lokasi milad berlangsung di Pemancingan Sabilulungan di area Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Itulah sekelumit tentang kegiatan D’Mancing yang dilontarkan Irma Kurniawan selaku ketua pelaksana.

    Ya, patut diketahui pendiri D’Mancing adalah Kang Ellen Ramlan yang berdiri sejak 2009 di daerah Sukaluyu, Bandung. Sedangkan arti dari D’Mancing berasal dari kata mancing yang beranggotakan para pemancing dari Sukaluyu dan berkembang menjadi komunitas besar dari luar Sukaluyu dan dari luar daerah. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 15 ribu dan kepengurusan D’Mancing pun ada di tangan Ellen Ramlan, Dokter Osman Hassan, Josef Siagian, Edy J Kehedy, Nanang Agus Trianto yang semuanya bertanggung jawab sebagai admin.

    Elle Ramlan di acara milad ini sangat berterima kasih kepada para panitia yang telah bersedia menjadi panitia Milad Ke 9. Begitu pula dengan ketua pelaksana Irma, merasa bangga ditunjuk menjadi panitia milad dan senang karena acara berjalan lancar dan sukses sampai tuntasnya acara.

Berita Terkait : D’Mancing : ‘Riung Mungpulung’ Kebersamaan di Kolam Galapung

    Di kegiatan ini D’Mancing juga mengundang semua komunitas mancing di sekitar Jawa Barat diantaranya ada Bekasi Mancing, Biang Murni Fishing Club dari Jakarta, Mancing Sadulur Ciamis dari Tasikmalaya dan komunitas-komunitas mancing lainnya. Untuk tiket lomba dikenakan Rp 250 ribu perlapak 1 joran sudah termasuk kaos dan makan siang. Ikan yang dilombakan ada mas, bandeng dan braskap atau grass carp (Ctenopharyngodon idella)

    Selanjutnya aturan lomba yang diterapkan panitia diantaranya full power, umpan bebas karena acara diadakan di alam terbuka, koja baskom payung bawa sendiri, kedalaman kolam pinggir 1,5 meter ke tengah 10 meter dan peserta boleh menggunakan pelampung atau glosor, ikan mas terberat harus ditimbang di meja panitia untuk juara induk dan ikan rame dihitung ekor untuk menentukan juara total.

    Hari itu lomba yang diikuti 230 peserta diiringi kondisi cuaca cerah. Jumlah ikan yang diturunkan 600 kg rame dan induk 100 kg. Total hadiah berupa uang nilainya pun hampir Rp 10 juta lebih dengan rincian 3 juara total, 3 juara induk terberat, 3 juara total merah dan 3 juara total induk. Ya, ada 12 peserta masuk nominasi juara namun oleh panitia dilarang juara ganda. Hadiah lainnya hadiah hiburan bagi 4 pemenang dengan syarat ikan harus release yaitu 2 juara grass carp terberat dan 2 juara terberat bandeng.

    Selain itu panitia juga tidak menyediakan ikan pita namun bagi yang berhasil mendapatkan bandeng dan grass carp ada uang senilai Rp 100 ribu per ekornya. Sementara itu dari keterangan Irma, sponsor acara pun banyak sekali mencapai lebih dari 20 sponsor diantaranya dari Kroto Ikan, Diva Pancing, Umpan SKKS, RC Fishing Essence, SKKS, Umpan Sumaker, Essence Red Baboon, Umpan Si Magic, Umpan Stum, CGI, Umpan Kameumeut, Umpan ZN, Umpan Tiris, Umpan Tanaya, Ikan Salmon, Umpan Sari Laut, Ngeuleuyeud, Umpan Daun Awi, Essen Ugeur, JS, KN Fishing Essence, Buchori Fishing, Double Z, Umpan Salmon Mede, SS Pancing, Oplosan Anak Haji, BMFC dan Snack Ciggaretes.

Stand Buchori Fishing

    ”Sponsor kebanyakan memberikan produknya ada juga yang cash money. Hampir semua produk dari sponsor dibagi rata kepada peserta dan sisanya dibagikan dengan cara doorprize undi lapak,” terang Irma. Selama lomba berjalan peserta mulai mengatur strategi bagaimana bisa memenangkan lomba. Pasalnya karena kolamnya begitu luas dan dalam sekali harus bisa menggaet ikan. Tanpa menggunakan atap untuk pelindung dari panas tetap saja peserta terus menikmati asiknya mancing sambil menunggu umpan disambar ikan.

    Dari siang sampai sore lomba berjalan lancar tanpa satu kendala apa pun. Apalagi dari pantauan panitia setiap lapak, peserta mendapatkan ikan. Akan hal tersebut beragam tanggapan dari peserta pun bermunculan setelah acara selesai yang intinya mereka merasa senang bisa  mengikuti milad ini setiap tahun untuk saling berkumpul dan bertemu secara langsung dengan pemancing lain dari berbagai daerah secara langsung.

Stand Umpan Kroto Ikan

    Akhirnya sesuai jadwal ditentukan panitia acara pun selesai. Pengumuman pemenang yang masuk nominasi juara segera menuju podium menerima hadiah. Selanjutnya Ellen Ramlan, Dokter Osman Hassan dan Admin D’Mancing lainnya memberikan hadiah. Juara Induk Terberat diraih Yaya S dengan berat 1,88 kg, Juara Total Terbanyak diraih Soni Demian, Juara Merah Terbanyak diraih Dea Esol dan Juara Induk Terbanyak diraih Irvan Bagus Septiawan. Sedangkan nominasi Ikan Terkecil donasi dari H. Ramdhany Supriyadi Amalik dimenangkan Menir Edwar dengan berat 40 gram.

    “Jalannya acara bagus dan berlangsung meriah dan sukses,” ujar Dr Osman Hassan di akhir acara. Dengan suksesnya kegiatan Milad Ke 9 ini ke depannya D’Mancing menjadi wadah silaturahmi antar pemancing dari berbagai daerah. Sukses untuk D’Mancing.(bayu kmc/seperti diceritakan irma kurniawan/foto:dok.d’mancing-kroto ikan)

  • Juara Total 1 / Soni Demian / 24 Ekor
  • Juara Total 2 & 3 Dibagi 2 Orang / Oman Nur Abidan & Haji Roni
  • Juara Induk Terberat 1 / Yaya S / 1,88 Kg
  • Juara Induk Terberat 2 / Aji / 1,83 Kg
  • Juara Induk Terberat 3 / Azhay Grepes / 1,70 Kg
  • Juara Total Merah 1 & 2 Dibagi 2 Orang / Dea Esol & Hanjaya / 2 Ekor
  • Juara Total Merah 3 Dibagi 17 Orang Dengan Total 1 Ekor
  • Juara Total Induk 1 / Eko Tiris / 3 Ekor
  • Juara Total Induk 2 / Irvan Bagus Septiawan / 2 Ekor
  • Juara Total Induk 3 Dibagi 8 Orang Dengan Jumlah 1 Ekor
  • Nominasi Ikan Terkecil / Menir Edwar / 40 Gram
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply