Jamal Jaya : Buka Seminggu Sekali, Lomba Pelampungan Mas 72 Lapak

Kabarmancing.com, Kunciran, Tangerang – Salah satu pemancingan yang ada di wilayah Tangerang Kota yang kerap disambangi pemancing pelampungan ikan mas adalah Jamal Jaya. Ya, Jamal Jaya memang sudah ada sejak tahun 1996. Kenapa dinamakan Jamal Jaya? Oleh pemiliknya H. Mursan nama tersebut diambil dari nama anak keduanya, Jamal.

    Pertemuan kabarmancing.com dengan pemilik kolam pun ditanggapi positif oleh Mursan dan Jamal. Karena kolam ini sudah diserahkan ke Jamal atau generasi kedua maka Jamal pun banyak menceritakan awal mula berdirinya pemancingan ini. Bermula dari sang ayahnya yang punya ide buka pemancingan, pasalnya saat itu masih jarang yang buka usaha pemancingan.

    “Saat itu belum banyak pemancingan dan saya wujudkan buka usaha ini,” ujar Mursan yang didampingi Jamal. Alhasil beliau mewujudkan punya pemancingan sendiri di lahan miliknya yang kosong dan tidak difungsikan saat itu.

    “Dulunya letak pemancingannya bukan yang ada sekarang ini tetapi diseberangnya dan tidak besar. Tapi seiring berjalannya waktu tahun 2012 saya pindahkan ke depan dan jadinya seperti ini,” jelas Mursan lagi menunjuk ke arah kolam sekarang dan yang dulu. Dari tahun ke tahun Jamal Jaya yang tadi ukurannya kecil sekarang sudah besar dengan luas kolam 2300 meter dengan kedalaman 80 cm.

    Apa yang kabarmancing.com saksikan sekarang ini cukup luas dan bisa menampung ratusan orang, pasalnya lapak yang ada 72 lapak jika satu lapak diisi 2 pemancing berarti 144 pemancing muat di Jamal Jaya. Kemudian Jamal memberitahu, kolam miliknya hanya punya satu kolam saja yang tidak buka setiap hari dan digunakan seminggu sekali yaitu hari Minggu khusus lomba pelampungan ikan mas dua joran dan satu joran.

    ”Ya, kami tidak buka setiap hari, kolam ini khusus dipakai lomba yang buka hari Minggu. Tujuannya agar kolam terjaga dan terawat,” ujar Jamal. Ya, jadwal lomba setiap Minggu bandrolan tiketnya bervariasi dan selalu berbeda setiap minggunya mulai dari Rp 350 ribu s/d Rp 500 ribu perlapak dengan jam main pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. Lanjut Jamal, sesekali juga main tiket besar Rp 1 juta s/d Rp 1,5 juta, namun tiket besar tidak sering. Dari jumlah pemancing jika lomba tiket kecil, lapak kadang penuh terkadang juga tidak full. “Diatas 30 peserta kita lomba,” jelas Jamal.

    Penjelasan berikutnya selain dipakai untuk lomba, Jamal Jaya dipersilahkan oleh beliau jika ingin sewa. Untuk harga sewa ditiadakan, tetapi ikan wajib beli disini dengan harga fluktuasi tergantung harga ikan hari itu di pasaran. Tapi jika ikan beli sendiri oleh si penyewa maka dikenakan biaya sewa Rp 1,6 juta. Dan nyatanya banyak pula menyewa Jamal Jaya mulai dari perusahaan dan komunitas mancing. “Hari ini ada yang sewa dari komunitas mancing. Pokoknya setiap bulan ada saja yang sewa. Terserah mau Sabtu atau Minggu. Ada baiknya beritahu jauh-jauh hari jika ingin sewa dan saya bisa memberitahu member bahwa kolam ditutup karena ada yang sewa,” papar Jamal tegas.

    Dari penjelasan Jamal jelas sudah bahwa Jamal Jaya layak untuk didatangi selain tempatnya bersih juga berada di permukiman penduduk sekitar Kunciran. Sedangkan fasilitas yang tersedia parkir mobil dan motor yang luas berada di samping kolam, begitu pula kantin dan toilet pun ada.

    Penasaran ingin ikut lomba mancing di Jamal Jaya? Ayo silahkan datang dan ikuti lombanya mau tiket gede atau kecil tinggal pilih dan telfon panitia kolamnya untuk daftar lapak. Selamat memancing di Jamal Jaya.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Jamal Jaya

d/a Jalan Nean Saba, Kunciran Indah, 

Kecamatan Pinang, Kunciran, Tangerang Kota

Telp : 0838 – 1366 3237 (Rojak)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply