Komunitas Mancing Liar Jakarta : Mabar & Tebar 1300 Bibit Lele di Milad 1

Kabarmancing.com, Cilangkap, Jakarta Timur – Komunitas Mancing Liar Jakarta disingkat KMLJ merayakan hari jadinya yang pertama dengan menggelar mancing bareng (mabar) sekaligus halal bihalal sesama anggota yang diselenggarakan di Danau Agro Wisata Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu, 29 Juni 2019 lalu.

Berita Terkait : Komunitas Mancing Liar Jakarta : Mabar & Pengukuhan KMLJ di Rawa Indah

    Dengan tema kegiatan ‘Komunitas Mancing Liar Jakarta Menjalin Persaudaraan’ Aceng Yunus (Ketua KMLJ) dan Idham ketua panitia mengatakan, kegiatan ini tidak mengundang komunitas lain dan dikhususkan untuk internal Keluarga Besar Mancing Liar Jakarta.

    Idham menyebutkan, setiap peserta dikenakan biaya per orang Rp 35 ribu include nasi kotak, kopi dan air mineral dengan jadwal acara mabar dimulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Aturan mancing lanjut Idham, 1 peserta 2 joran, 2 mata kail, tidak boleh menggunakan tegek dalam perlombaan dan umpan bebas, tidak boleh pakai essen. Hadiah yang diberikan untuk Juara 1, Ril Shimano Sedona 3000, Juara 2, satu set Joran BC Kenzi, Juara 3, Joran Maguro Extrem dan Juara 4, Ril Kenzi 3000. “Total pesertanya 60 orang dari seluruh Jabodetabek,” jelasnya didampingi Aceng.

    Beberapa sponsor pun ikut serta di acara ini yakni Krik Pelet Ikan, Raja Essen Surabaya dan toko pancing, dengan memberikan dalam bentuk barang berupa essen, pelet, ada juga memberikan uang namun lebih banyak barang. “Hadiah doorprize banyak sekali, semua peserta lomba dapat doorprize mulai dari joran, ril, tegek, topi mancing, tas pancing, minow, flog dan masih banyak lainnya,” tambah Idham senang yang diiyakan Aceng.

    Cuaca yang cerah dan sedikit panas di kawasan Jakarta Timur mengawali jalannya acara lomba milad pertama KMLJ di Danau Bulan Sabit Agro Wisata Cilangkap. Sesuai jadwal acara dimulai jam 8 pagi, namun sebelum dimulai ada kata sambutan dari ketua komunitas, diteruskan oleh ketua panitia event. Setelah itu dilakukan pemotongan kue ulang tahun oleh Aceng kemudian pemotongan tumpeng secara simbolis. Selanjutnya pukul 09.30 mancing bersama dan lomba dimulai.  

Timbang ikan hasil pancingan peserta

    Kondisi kedalaman danau yang kurang bagus membuat peserta susah dapat ikan. Ini disebabkan dalamnya danau yang mencapai 4 meter dan ikan susah didapat. Peserta yang berhasil strike ada ikan gabus broso, mujaer dan lainnya. Jam 12 siang waktunya Isoma, semua peserta istirahat sambil makan siang dan sholat berjamaah. Kemudian dilanjut lagi jam 1 siang. Ya, dengan sisa waktu 2 jam banyak ikan yang didapat peserta tapi tidak ada yang besar mulai dari ukuran berat 200 gram – 850 gram.

    Pukul 3 sore lomba selesai. Panitia menimbang ikan hasil tangkapan peserta. Untuk jenis ikan yang dilombakan semua kategori ikan kecuali ikan sapu-sapu dan belut yang tidak masuk kriteria. Semua ikan yang berhasil didapat peserta pun dikembalikan lagi ke habitatnya setelah ditimbang panitia. Jenis ikan didapat ada mas, mujair, gabus, gabus broso. Untuk juara dihitung dari kategori juara 1, 2, 3 ikan terbesar dan juara 4 ikan terbanyak/total ikan.

Usai acara, anggota KMLJ menebar bibit lele 1300 ekor

    Setelah melakukan penimbangan ikan selesai saatnya sang juara diumumkan panitia. Juara 1 diraih Gunda dengan berat ikan gabus broso 850 gram, Juara 2, Irfan Dio berat timbangan 650 gram jenis ikan gabus broso, Juara 3, Koko berat ikan 550 gram ikan jaer dan Juara 4 Fahru Melehoy, total ikan terbanyak didapat 460 gram.

    Penyerahan hadiah Juara 1 dilakukan oleh Anwar selaku wakil ketua, Juara 2 diserahkan Ustad Abdilah dari Tim Penasehat KMLJ, Juara 3 diserahkan Idham selaku ketua acara dan Juara 4 diserahkan Aceng. Usai penyerahan hadiah kepada pemenang, selanjutnya para anggota KMLJ di lokasi yang sama melakukan penebaran bibit ikan lele sebanyak 1300 ekor dengan ukuran 10 sampai 12 cm. Ya, tutur Aceng tujuan dari tebar bibit ikan ini untuk menjaga kelestarian danau dengan melakukan penebaran bibit ikan. 

Para juara menerima hadiah joran dan ril

    Usai menebar bibit lele acara pun selesai dengan berjalan sukses dan lancar. “Setiap tahun di acara milad kami akan adakan acara seperti ini. Untuk ke depannya saya harapkan mengundang komunitas lain dan acaranya akan lebih menarik dan banyak lagi hadiahnya,” terang Aceng yang didampingi Idham.

Para pemenang Milad Ke 1 KMLJ

    Ya, hari itu semua peserta punya kesan sendiri dengan acara ini. Mereka sangat bahagia dan puas, karena inti dari event ini silaturahmi antar angler bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan teman-teman yang selama ini hanya chat di media sosial.  “Alhamdulilah dengan dibantu dari tim panitia, acara dapat berjalan lancar dan terlaksana karena acara ini direncanakan 2 bulan,” lanjut Idham. Selamat milad pertama untuk KMLJ.(bayu kmc/foto:dok.kmlj)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply