Telaga Hijau : Borongan & Harian Setiap Hari, Lomba Digelar Rabu & Minggu

Kabarmancing.com, Srengseng, Jakarta Barat – Pemancingan Telaga Hijau termasuk salah satu kolam pancing terlama yang ada di Jakarta. Ya, sejak tahun 2001, Telaga Hijau sudah ada yang berlokasi di daerah Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Sekarang ini namanya pun sudah dikenal luas oleh pemancing pelampungan ikan mas. 

    H. Epeng, pemilik Telaga Hijau hari itu mengisahkan perjalanan panjang dari awal buka hingga sekarang dalam mengelola usaha kolam pancing miliknya. Kebetulan di hari Minggu kolam lomba sedang disewa oleh komunitas mancing dan kabarmancing.com hadir disana untuk meliput sekalian berbincang banyak dengan Epeng seputar Telaga Hijau.

Kolam Lomba

    Dari keterangan beliau sejak buka tanggal 5 Mei 2001 silam pemancing yang datang belum sebanyak sekarang ini. “Pemancingnya dulu sedikit masih belum banyak kaya sekarang,” ujarnya mengawali cerita. Epeng pun tetap bertahan membangun Telaga Hijau, pasalnya beliau sendiri pemancing dan dengan mudah menawarkan kepada teman-temannya untuk datang ke tempatnya itu. Beberapa tahun kemudian Telaga Hijau mulai ramai dan sering disewa pemancing.

    Keadaan sekarang sambung beliau dengan usahanya ini, lumayan baik dan perkembangannya pun pesat terutama untuk pemancing dan komunitas. Apalagi member Telaga Hijau jumlahnya cukup banyak dan setiap digelar lomba tidak pernah absen bahkan berebut lapak setiap minggunya mulai dari tiket murah tiket mahal mereka selalu ikut. Sedangkan untuk komunitas mancing banyak juga memilih sewa di Telaga Hijau selain tempatnya nyaman juga pemiliknya dikenal familiar ditambah lagi kondisi kolam dan ikannya yang sehat.

    Ya, ada beberapa kolam pancing disana. Epeng menjelaskan ada satu kolam besar dengan jumlah lapak 54 untuk dipakai kegiatan lomba pelampungan mas. Kolam lomba dengan ukuran 36 x 16 meter ini berkedalaman 90 cm. Dari 54 lapak tersebut bisa digunakan untuk satu joran dan dua joran. Jadwal lomba tambah Epeng digelar Rabu dan Minggu. Untuk hari Minggu tiket Rp 400 ribu dan Rabu tiket Rp 300 ribu yang dimulai dari jam 10.00 s/d 16.30 WIB. Untuk hadiah bisa berubah tergantung jumlah peserta ikut di hari itu. ”Tiket di kolam lomba terkadang saya buat sampai satu juta rupiah dan lapak selalu penuh. Tapi itu tidak sering kadang-kadang aja dan biasanya di minggu kedua. Untuk lomba dengan tiket dibawah lima ratus ribu selalu penuh tiap Minggu,” jelasnya lagi.

    Selanjutnya ada pula kolam borongan dengan luas 10 x 14 meter. Posisi kolam borongan ada di samping kolam lomba. Jadwal buka kolam borongan dari pagi sampai sore dengan harga ikan hari itu Rp 40 ribu perkilo. ”Harga ikan mas turun naik mengikuti harga ikan di pasaran bisa naik bisa juga turun dan minimal ikan turun di kolam borongan 10 kg,” terangnya sambil menunjuk posisi kolam borongan tersebut.

    Selain borongan ada kolam harian juga dari pagi sampai sore bukanya dengan harga ikan sama Rp 40 ribu namun di hari Sabtu dan Minggu harga ikan naik jadi Rp 50 ribu perkilonya. Jadi kolam pancing yang ada di Telaga Hijau ada kolam borongan, kolam harian dan kolam lomba. Sedangkan aturan umpan untuk kolam lomba dilarang menggunakan pellet dan cacing serta ngebom.

    Sambung Epeng, jika lomba digelar Rabu dan Minggu untuk ikan induk tidak harus makan dan peserta boleh juara ganda. Kemudian untuk yang berminat sewa kolam dari informasi Epeng tidak ada uang sewa dan agar memberitahu jauh-jauh hari jika ingin sewa kolam.  “Untuk sewa kolam lomba diwajibkan hari Sabtu karena minggunya dipakai untuk lomba mingguan,” jelas beliau.

    Lalu untuk fasilitas yang ada disana seperti kantin, toilet, parkir mobil, motor pun tersedia bahkan mau beli atau pesan umpan juga bisa disini yang siap membantu pemancing. Ya. karena Epeng sudah lama tinggal disana di lahan miliknya sendiri maka untuk datang ke Telaga Hijau pun mudah. Cari saja di google dengan mengetik Pemancingan Telaga Hijau maka akan muncul dimana lokasinya. Yuk, mancing di Telaga Hijau.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Telaga Hijau

Jalan Delima Rt 05 / Rw 01, Srengseng, Kembangan,

Jakarta Barat / Telp : 0815 – 8677 7660

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply