Jatayu Fishing : Berawal Dari Hobi, Sukses Kelola Bisnis Pancing

Cover JF

Kabarmancing.com, Kebumen, Jawa Tengah – Sejak buka tahun 2000 lalu, Toko Jatayu Fishing semakin lengkap yang diperjualbelikan untuk keperluan pemancing di Kebumen, Jawa Tengah. Lokasinya di pusat Kota Kebumen pun menjadi nilai tambah untuk Jatayu. Ya, sepintas jika baru pertama kali datang, layaknya bukan toko pancing, pasalnya tidak ada plang menandakan bahwa itu Jatayu Fishing.

Toko Jatayu Fishing tampak depan

Toko Jatayu Fishing tampak depan

    Untung saja saat itu kabarmancing.com dibantu alamat toko yang jelas dan bertanya kepada warga sekitar, dan mereka pun menunjuk ke sebuah lokasi yang tampak dari depan bukan seperti toko pancing. Setelah dari dekat barulah terlihat bahwa itu toko pancing dengan stiker berbagai merek produk alat pancing tertempel di kaca dan ada plang diatas  pintu masuk bertuliskan merek-merek pancing ternama.

    Soibun atau akrab dipanggal Ibun si empunya toko bukanlah orang baru di dunia mancing, namanya dikenal dan disegani di kalangan pemancing Kebumen. Ibun sendiri maniak segala jenis teknik mancing dan hampir saban hari ia mancing di sungai. Usai strike 1 atau 2 ekor ia pulang ke rumah dan sibuk menjaga toko bersama istrinya. “Toko ini merangkap rumah tinggal saya dan keluarga,” ujarnya memberitahu. Ibun lalu mengajak kabarmancing.com berbincang di ruang tamu miliknya.

Senar pancing memudahlan pemancing untuk memilih

Senar pancing memudahkan pemancing untuk memilih

    Alasan Ibun terjun ke usaha pancing dikarenakan hobinya mancing. Dari hobi itu kata Ibun ia ada kesempatan untuk buka toko pancing yang kala itu masih jarang di Kebumen. Keinginan ini disambut positif dan didukung teman-temannya sesama pemancing. “Waktu itu keinginan saya begitu kuat untuk buka toko pancing dengan modal seadanya. Teman-teman dan keluarga pun mendukung,” ujarnya mengenang.

    Ya, dilihat dari lokasi, Jatayu berdiri sangat strategis karena berada di pusat keramaian dimana disekitarnya banyak kantor dan pertokoan. Sejak buka, toko Ibun langsung ramai didatangi pemancing karena ia hampir dikenal pemancing di Kebumen ditambah lagi letaknya strategis. Selain menjual piranti pancing, Jatayu juga menerima servis ril dari berbagai merek dan tempat tongkrongan para pemancing hingga larut malam.

 

Harga dari ribuan sampai jutaan

    Jatayu Fishing yang luas toko 6 x 8 meter buka dari jam 8 pagi sampai setengah enam sore. Dilihat dari kelengkapan memancing, patut dibilang lengkap. Harga ril dan joran mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah menghiasi isi toko. Jejeran joran di rak terpampang dan pajangan ril yang menyolok mata membuat siapa saja yang datang pasti mengatakan lengkap. Tak hanya ril dan joran, ketika ditanya senar, asesoris dan umpan, Ibun dengan tangkas menjawab ada.

Beragam merek piranti dari murah dan mahal ada disini

Beragam merek piranti dari murah dan mahal ada disini

    Tambah Ibun, untuk penjualan piranti di toko miliknya itu berimbang ada pemancing air tawar mencari keperluannya dan ada juga pemancing laut. Dilihat dari umpan-umpan juga beraneka ragam. Saking banyaknya jenis dan merek umpan, pemancing jadi bingung memilih umpan apa yang bagus dan jooss. Tidak kalah dengan asesoris lainnya, Ibun memberitahu bahwa Jatayu Fishing juga menjual Kaos Mancing Mania dengan harga relatif. Pasalnya kata Ibun, Kaos Mancing Mania banyak dicari di Kebumen. Jadi bagi pemancing Kebumen dan sekitarnya silahkan saja datang dan pilih warna kaos yang disuka.

Ibun (pemilik Jatayu Fishing)

Ibun (pemilik Jatayu Fishing)

    Bagaimana dengan harga di Jatayu, lanjut Ibun, relatif, maksudnya ada mahal ada murah tergantung kualitas produk dan merek. “Harga boleh diadu dengan toko serupa di Kebumen. Harga kami fleksibel,” ujarnya tertawa. Selain menjual eceran, Ibun juga melayani grosir. Ya, ada saja setiap hari belanja grosir, namun yang belanja eceran lebih ramai setiap harinya. Jelang siang jikalau besoknya hari libur, Jatayu ramai pemancing yang belanja keperluan mereka. “Kalau besok hari libur toko ramai dan malamnya pada nongkrong disini, kumpul-kumpul membahas tentang mancing,” ujarnya.

    Bagi Ibun, konsumen yang datang ke tokonya tamu spesial yang tidak ia bedakan. Ya, tanpa mereka tidak mungkin Jatayu Fishing bisa maju dan sukses serta dikenal hingga di usianya yang menginjak 17 tahun. Di akhir perbincangan, Ibun mengharapkan agar dunia memancing di tanah air semakin ramai, semarak dan maju. Dari hobi mancing itu banyak ilmu yang ia dapat dan bisa melatih kesabaran terutama dalam mengelola usaha toko pancing.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Toko Jatayu Fishing
Jalan Mayjen Sutoyo No. 49, Kebumen Jawa Tengah
Telp : 0813 – 27566292 / 0821 – 36275880

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply