Mencari Lokasi Habitat Ikan Mas di Alam Terbuka

Kabarmancing.com, Jakarta – Bagi para pemancing penyuka alam liar (wild fishing) seperti danau, sungai dan waduk adalah kesenangan dan kenikmatan tersendiri saat memancing di suasana alam terbuka. Namun belum banyak yang tahu dimana sih keberadaan ikan mas itu saat pemancing ingin berburunya di alam terbuka.

    Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut ulasannya 6 ciri keberadaan habitat ikan mas di alam terbuka :

  • Sebelum memancing sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu suhu air di tempat yang akan dipancing, karena biasanya ikan mas berkembang di suhu berkisar 20 hingga 26 derajat celcius.
  • Anda dapat memperkirakan kedalaman air pada suatu lokasi yang akan dipancing. Biasanya untuk ikan mas lebih menyukai kedalaman antara 1 meter hingga 5 meter.
  • Melihat warna air yang menjadi lokasi tujuan, dengan warna air agak keruh malah menjadi tempat favorit ikan mas dibanding dengan warna air jernih. Walau pun demikian kekeruhan ini tidak disebabkan oleh adanya polusi limbah atau sampah.
  • Dalam memilih lokasi mancing pada sungai berarus (stream river) maupun genangan air (still water), Anda harus mampu mencari lokasi arus kecil atau agak sedang dan permukaan yang luas, karena lokasi seperti inilah pasokan oksigen serta stok makanan yang dibutuhkan ikan melimpah.
  • Anda juga dapat memilih lokasi air tenang seperti danau, setu atau rawa-rawa dengan warna air kehijauan karena lumut yang menutupi permukaan sangat disukai ikan mas.
  • Jika Anda telah mengenal lokasi, maka beberapa area yang harus diperhatikan sebagai markas ikan mas adalah tempat terdalam dari permukaan dasar danau yang luas misalnya lubuk, palung dan bekas penggalian, bagian dari danau yang ditumbuhi pepohonan di sisinya menyebakan permukaan air terlindung dari panas sinar matahari, pepohonan yang tumbang dan sebagian yang tenggelam merupakan petunjuk alam keberadaan ikan. Tumbuhan rumput, alang-alang dan teratai adalah beberapa tempat kesukaan ikan-ikan besar.

    Dengan memperhatikan 6 ciri lokasi keberadaan habitat ikan mas diatas diharapkan Anda mampu membawa ikan yang memuaskan. Selamat mencoba.(bayu kmc-berbagai sumber/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply