Peringati HUT RI Ke 73, Kayu Kacang Gelar Lomba Mancing

Para pemenang foto bersama dengan panitia

Kabarmancing.com, Tapin, Kalimantan Selatan – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 73 serta menjalin ikatan persaudaraan sesama Angler Mania Banua, Sabtu, 18 Agustus 2018 kemarin, Pemancingan Kayu Kacang yang berada di Pasar Keraton, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, sukses menggelar event mancing dari pagi sampai sore.

Pejabat Bupati Tapin H.Gusti Syahyar (kiri) bersama istri melepas ikan pertanda waktu lomba dimulai

    Dengan tema ‘Memperingati HUT RI Ke 73’ hari itu total lapak yang disediakan Panitia Pemancingan Kayu Kacang jumlahnya mencapai 140 lapak dengan tiket perorangnya Rp 150 ribu untuk satu joran. Syarif Maulana selaku ketua panitia pelaksana lomba pun merasa puas dan senang, pasalnya lapak penuh dan jalannya lomba berakhir lancar serta kondusif hari itu.

    Ya, lomba mancing guna menyemarakan HUT RI ini pelaksanaannya pun terbuka untuk umum dan disambut positif para angler. Apalagi seluruh pemancing tertib serta mengikuti aturan lomba sehingga apa yang direncanakan sesuai jadwal terlampir berjalan mulus. Inilah diharapkan beliau bersama para panitia yang ikut membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

    Sesuai jadwal, jam 10 lomba dimulai sampai waktunya jam 4 sore acara tuntas. Kali ini yang diperebutkan peserta bukanlah uang tunai melainkan barang seperti televisi, kulkas, mesin cuci, sepeda gunung, kipas angin dan piranti pancing. Dari semua barang diperebutkan tersebut juaranya kategori ikan terberat sebanyak 8 pemenang. Tentu dengan hadiah dalam bentuk barang akan lebih berguna dan manfaatnya bisa dinikmati bersama keluarga dibanding uang yang habis dalam waktu singkat.

    Pemancingan Kayu Kacang yang begitu luas dari laporan ketua pelaksana, peserta yang hadir datang dari Kabupaten Tapin 114 orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara 8 orang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 6 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 5 orang dan Kabupaten Banjar 7 orang. Dari 140 pemancing yang hadir, Kayu Kacang juga kedatangan tamu pejabat setempat.

    Ya, ada beberapa pejabat daerah meluangkan waktunya untuk hadir diantaranya, H Gusti Syahyar (Pejabat Bupati Tapin), Camat Tapin Utara, Camat Bungur, Perwakilan Kadishub  (Mustofa), DPRD Tapin, Perwakilan Kodim 1010 Tapin (Khairil), Perwakilan Polsek Tapin Utara (Ibrahim dan Edy), Perwakilan Kadis Perikanan (GT. Arifin) serta lainnya. Kedatangan mereka membuat semangat para peserta untuk menunjukan yang terbaik dan meraih kemenangan di lomba kemerdekaan ini.

    Di bawah teriknya matahari yang panas, ditambah lagi Kayu Kacang tidak beratap, strike ikan rame dan induk mulai terlihat. Dengan menggunakan payung buat melindungi diri, peserta tetap menikmati mancingnya. Jumlah ikan tombro (mas) yang ditebar 400 kg ikan rame dan 100 kg ikan induk. Umpan boleh bebas dan induk harus kena kail atau makan (hook up). Bagi peserta yang strike induk lalu kena badan atau buntut tentunya tidak disahkan oleh panitia.

Camat Tapin Utara menyerahkan hadiah Televisi 40 Inci kepada Juara 1

    Kegiatan mancing Kemerdekaan RI ke 73 ini didukung sponsor dari Pemda Tapin dan Bank Kalsel Tapin ditambah adanya doorprize 10 payung. Ya, selama 6 jam berjalan dari pengamatan panitia hampir semua peserta dapat ikan dengan jumlah berbeda setiap lapaknya, ada yang dapat banyak ada pula yang sedikit. Ya, 97 persen dari 140 peserta berhasil dapat ikan.

    Senda gurau sesama peserta pun sesekali menggaung dan membuat lainnya terhibur. Beragam candaan di sekeliling kolam tidak membuat peserta ada yang tersinggung walaupun saling cela, semuanya itu hanyalah kesenangan saat mancing saja sambil menghibur satu sama lainnya. Itulah yang tampak dan semua peserta begitu riang gembira.

    Jam 4 sore lomba selesai. Juara pertama ada di lapak 17 atas nama Julak Ancau dengan berat ikan 1,670 kg. Julak dengan senang berhasil membawa pulang Televisi 40 inci. Para pemenang lainnya pun memperoleh barang-barang yang disebutkan diatas dan menerima dengan senyum lebar. Usai lomba para peserta kompak mengatakan, bahwa acara hari itu berjalan sukses dan harapan mereka pun ingin diadakan kembali kegiatan seperti ini dengan hadiah-hadiah yang lebih menarik lagi tentunya.

    Di ujung acara, Syarif bersama panitia berterima kasih kepada Pejabat Bupati Tapin dan Bank Kalsel Cabang Tapin serta pejabat lainnya yang sudah hadir. “Terima kasih kami ucapkan kepada H. Gusti Syahyar selaku Bupati Tapin dan pejabat yang sudah hadir dan peserta lomba serta sponsor acara. Lomba yang kami laksanakan ini sudah sesuai rencana dan tepat waktu dengan ketentuan yang ada,” ujarnya senang.(beta-kalimantan selatan/foto:dok.beta)

  • Induk 1 / Julak Ancau / Lapak 17 / 1,670 Kg / Televisi 40 Inci
  • Induk 2 / Edy / Lapak 24 / 1,610 Kg / Kulkas 2 Pintu
  • Induk 3 / Mufdi / Lapak 47 / 1,565 Kg / Mesin Cuci
  • Induk 4 / Kasrun / Lapak 18 / 1,455 Kg / Sepeda Gunung
  • Induk 5 / Saufi / Lapak 23 / 1,415 Kg / Televisi 22 Inci
  • Induk 6 / Risman / Lapak 48 / 1,350 Kg / Kipas Angin Berdiri
  • Induk 7 / Komang / Lapak 66 / 1,330 Kg / Kipas Angin Duduk
  • Induk 8 / Sony / Lapak 79 / 1,295 Kg / 1 Buah Alat Pancing
example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply