Bekasi Mancing : Event Akbar Milad Kedua. Seru & Meriah Dari Pagi Sampai Sore

Cover BM

Kabarmancing.com, Bekasi – Usianya yang memasuki 2 tahun, komunitas Bekasi Mancing atau disingkat BM, Minggu, 3 September 2017 kemarin, merayakan ulang tahun atau Milad ke 2. Perayaan yang digelar di Pemancingan H. Jun, Bekasi, 120 lapak hari itu yang disiapkan panitia penuh diisi anggota BM.

    BM 6Ya, dari perbincangan dengan Ketua Umum Alam Murtado dan Erik Himawan (pendiri BM) saat kabarmancing.com meliput, suasana tampak meriah, apalagi ada hal menarik dan unik disana, semua panitia BM mengenakan pakaian khas Betawi, sarung yang dikalungkan di leher dan berpeci.

    Inilah yang menciptakan suasana semarak apalagi ditambah dukungan sponsor yang jumlahnya puluhan, ada Umpan Djempol, Kroto Ikan, BajupromosiShop, Diva Pancing, Toko Pancing Idris, Umpan DAM, Silvi Fishing, Umpan Ranjau, Super Sprint, Umpan Stum, Cholis Kumbul, Defri Umpan, Umpan ZN, Minyak Sayur Lunglep 1501, Lang Lang Buana, Verry Fishing, Umpan Ikan RD, Umpan Kampung, Sidiqo Harmanto, Bano Sport, Oplosan Janda, Grup Mancing MIMPI, kabarmancing.com dan Umpan C’Gesit Irit. Para sponsor ada menyumbangkan produk, piranti pancing dan uang.

Potong Tumpeng

Erik Himawan (nomor 2 dari kiri) pendiri Bekasi Mancing bersama anggota BM potong tumpeng sebelum event dimulai 

    Dalam perbincangan dengan Alam dan Erik, mereka berdua menceritakan awal mula terbentuknya BM. Bermula dari Erik di tahun 2015 punya ide membuat grup mancing. Gayung pun bersambut. Idenya pun dianggap positif dan tanggal 31 Mei 2015 Bekasi Mancing resmi berdiri. Hingga kini tercatat 8700 member dimana 70%-nya anggota aktif. Selanjutnya Erik dan kawan-kawan membentuk korwil yang kini sudah ada 16 korwil yang tersebar di wilayah Bekasi.

Doorprize BM

Pemenang doorprize kaos dari sponsor 

    Selain itu terang Erik, BM juga dibagi menjadi beberapa divisi, ada empang, alam liar dan laut. “Empang dan alam liar lebih banyak peminatnya,” ujar Erik yang melihat antusias pemancing di Bekasi begitu tinggi. “BM tidak hanya orang Bekasi saja di luar Bekasi boleh bergabung. Anggota kami sudah ada di Lampung dan Pulau Jawa,” tambah Erik yang diiyakan Alam.

Juara Babon Satu

Juara Induk 1 menerima hadiah dari Alam Murtado (kiri) selaku Ketua Umum

    Untuk memperkuat tali silaturahmi tentu punya agenda mancing tahunan, untuk itu dibuatlah kegiatan mancing yang diwajibkan kepada 16 korwil setiap 3 bulan dengan lokasi berbeda yang disebut Cingling (Mancing Keliling). Tak hanya intern BM saja Cingling ini, pemancing luar boleh bergabung yang tujuannya untuk menarik agar bisa bergabung ke BM. Itulah disampaikan Erik dan Alam di sela lomba kepada kabarmancing.com dengan rinci.

    Di Milad ke 2, Bekasi Mancing yang dikenal dengan soliditas, kekompakkan, tenggang rasa dan silahturahmi membuat Erik senang sampai saat ini BM tetap masih ada. Sebelum acara dimulai untuk merayakan hari jadinya diadakan potong tumpeng di sisi kolam dihadiri semua anggota yang hadir.

Juara Babob Terbanyak

Juara Ikan Induk Terbanyak

    Usai kata sambutan dari ketua panitia, jam 9 lomba dimulai. Hari itu 120 lapak dihuni peserta bukanlah di isi satu lapak untuk 2 joran melainkan satu lapak 1 joran yang dikenakan biaya perorang Rp 200 ribu. Kolam H. Jun yang luas terlihat padat oleh anggota dengan menggunakan kostum kebanggaan BM.

 

Bagi-bagi doorprize

    Event berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Awal mulanya baru tarikan ikan rame yang terus merambah di setiap lapak. Untuk ikan induk jam 10 siang dilepas. Jumlah ikan rame hari itu 450 kg dan babon 50 kg dari berat 2 sampai 3 kg. juga ada ikan balap 170 ekor @ Rp 10 ribu.

Juara Ikan terakhir

Juara Tarikan Ikan Terakhir

    Satu jam berlalu ikan induk mulai turun. Panitia yang bertanggung jawab di penimbangan stand by jika ada peserta narik induk. Benar saja, beberapa menit diturunkan terjadi penyerokan induk. Panitia usai menimbang mengumumkan hasilnya yang bisa disaksikan peserta lewat timbangan digital berapa kilo berat ikan tersebut. 

    Karena doorprize masih menumpuk di meja pun mulai dimainkan. Berbagai hadiah hiburan diberikan kepada peserta, Ada umpan kering, opolosan, essen, topi, rompi, ril, mug dan banyak lainnya. Tarikan ikan ganda juga mewarnai kegiatan ini. Masing-masing peserta yang dapat doorprize maju ke meja panitia menerima hadiah dan mengabadikan.

Juara Induk BM

Dari kiri ke kanan : Juara Induk 2, 3 dan 4 menerima hadiah dari panitia

    Wah, pokoknya hari itu bisa dibilang hari paling bahagia bagi seluruh anggota BM yang hadir, Semuanya gembira, tertawa, saling canda dari pagi sampai sore. Suasana seperti inilah diinginkan BM, rasa kekeluargaan yang akrab tanpa memandang apa jabatannya, bagi mereka yang utama jika duduk dan kumpul di kolam stratanya sama yaitu pemancing.

Juara BM

Dari kiri ke kanan : Juara Induk 5 dan Juara Total Lapak Kecil dan Lapak Besar

    Sudah 5 jam berlalu berarti 1 jam lagi usai. Perolehan induk masih terjadi. Namun hanya ada 5 pemenang untuk juara induk selebihnya juara total prestasi kiri kanan dan lainnya. Jam 3 sore lomba usai. Panitia mengumumkan siapa juara induk 1 dengan perolehan uang Rp 1,2 juta.

Pemenang Induk Terkecil

Pemenang Ikan Induk Terkecil menerima hadiah

    Lapak 34 atas nama Ahmad Baizuri keluar sebagai Juara Induk 1, disusul juara-juara lainnya. Juara Induk Terbanyak diraih Kuru Angler 2 ekor asal lapak 78, Induk Terkecil 1 diraih Roi Andika 1,50 kg dari lapak 105 dan Induk Terkecil 2, Ace Juhana 1,65 kg asal lapak 28, kemudian tarikan ikan terakhir diraih Saleh Rizal dari lapak 27 dan Rojali Jali dari lapak 8. Setelah penyerahan hadiah usai dilakukan foto bersama.

Menceburkan diri

Menceburkan diri usai acara

    Namun di akhir acara ada saja kelakuan para anggota BM, mereka pun melakukan selebrasi semacam ritual rutin, kalau usai acara panitia dan pengurus dan peserta menceburkan diri. Gelak tawa bagi yang diceburkan maupun yang menceburkan diri semuanya senang riang gembira. Inilah kelebihan grup Bekasi Mancing, persaudaraan yang kuat antar anggota terus dibina dan dijaga.(rambe/foto:dok bm/kabarmancing.com)

  • Induk 1 / Acmad Baizuri / Lapak 34 / 4,30 Kg / Rp 1,2 Juta
  • Induk 2 / Verry Fishing / Lapak 41 / 3,85 Kg / Rp 1 Juta
  • Induk 3 / Doddy Hartanto / Lapak 79 / 3,65 Kg / Rp 800 Ribu
  • Induk 4 / Misin Koteng / Lapak 01 / 3,65 Kg / Rp 500 Ribu
  • Induk 5 / Arilmovich / Lapak 36 / 3,35 Kg / Rp 300 Ribu
  • Total Lpk Kecil / Prianto Ayong / Lapak 58 / 74 Ekor / Rp 300 Ribu
  • Total Lpk Besar / Iman Zachirman / Lapak 114 / 29 Ekor / Rp 300 Ribu
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply