Bontot : Seminggu 3 Kali Lomba Pelampungan. Jadwalnya Rabu, Sabtu & Minggu

Kabarmancing.com, Ciputat, Tangerang Selatan – Usia pemancingan ini cukup lama. Ya, sejak ada tahun 1998 nama Bontot kian tenar di kalangan pemancing pelampungan ikan mas. Selain usianya sudah puluhan tahun, nama pemiliknya sebagai generasi pertama pun begitu lekat di mata pemancing. Namun sejak Samsudin atau dikenal dengan panggilan Bang Udin (pemilik Bontot) meninggal dunia, sejak itulah di 2013, Bontot diambil alih dan diteruskan oleh Danu (putra Samsudin) yang terus berjibaku membesarkan Kolam Pancing Bontot ke depannya.

Kolam Lomba atau Kolam A 66 lapak

    Di tangan Danu yang notabene bukanlah seorang pemancing, Bontot dikelola dengan baik dan lebih profesional serta menjaga para member agar tetap bertahan dan terus datang. Alhasil Bontot hingga kini masih tetap ramai. Setiap event mancing dengan tiket bervariasi digelar, lapak tidak pernah kosong selalu penuh. Juga dari komunitas-komunitas mancing, perusahaan ada saja yang sewa. Itulah Bontot yang masih tetap eksis dipegang generasi kedua keluarga Samsudin.

    Siang itu kabarmancing.com berkunjung kesana. Karena usia kolam pancing ini cukup lama warga pun tahu betul letak Bontot dan mengarahkan sesuai petunjuk mereka. Lokasinya tidak jauh dari pinggir Jalan Raya Legoso yang hanya berjarak 50 meter ke dalam. Pemancingannya tidak terlalu besar tapi bisa menampung puluhan orang. Ada dua kolam pancing disana, yang satu untuk lomba Minggu dan satunya lagi untuk lomba Rabu dan Sabtu.

    Dari penjelasan Danu, supaya lebih detail ia memberitahu fungsi kedua kolam tersebut yang berada di lahan seluas 3000 meter. Kolam lomba atau disebut Kolam A luasnya 40 x 16 meter yang digunakan untuk lomba Minggu. Tiket lomba Minggu dibandrol mulai dari Rp 400 ribu s/d Rp 500 ribu perlapak dua joran. Tiket Rp 500 ribu lanjut Danu apabila 66 lapak penuh terisi maka hadiah Induk 1, Rp 4,8 juta, Induk 2, Rp 3,5 juta, Induk 3, Rp 2,5 juta, Induk 4, Rp 1,5 juta, Induk 5, Rp 1 juta dan Juara 5 dan 6 masing-masing kiri kanan Total Prestasi mendapatkan @ Rp 600 ribu. Adapula hadiah hiburan ikan pita 50 ekor @ Rp 10 ribu dan jumlah ikan yang diturunkan 450 kg rame dan 100 kg induk.

Kolam A luas kolamnya cukup besar

    Selanjutnya untuk tiket Rp 400 ribu perlapak 2 joran sambung Danu, Induk 1, Rp 3,5 juta, Induk 2, Rp 2,5 juta, Induk 3, Rp 1,5 juta, Induk 4, Rp 1 juta, Induk 5, Rp 500 ribu dan Total Prestasi kiri kanan untuk Juara 5 dan 6 masing-masing @ Rp 600 ribu. Jumlah ikan pita yang disebar 50 ekor @ Rp 10 ribu dan jumlah ikan ramenya sebanyak 400 kg dan induk 80 kg. “Lomba dimulai jam sembilan pagi sampai jam empat sore. Dilarang ngebom dan mata kail maksimal tiga,” pungkas Danu tentang aturan lomba dan tiket.

    Usai menjabarkan Kolam A berlanjut ke Kolam B dengan jumlah lapak 64 yang ukurannya lebih kecil dari Kolam A. Di Kolam B ini mancingnya wajib satu joran dan sistemnya lomba dengan jadwal hari Rabu dan Sabtu mulai jam 2 siang sampai jam 5 sore dengan tiket Rp 100 ribu perlapak satu joran. Susunan hadiahnya dengan tiket yang disebutkan tadi, Induk 1, Rp 1 juta, Induk 2, Rp 650 ribu, Induk 3, Rp 400 ribu, Induk 4, Rp 300 ribu, Induk 5, Rp 200 ribu dan kiri kanan Total Prestasi @ Rp 300 ribu. Ikan yang diturunkan 80 kg rame dan ikan super 20 kg ditambah hadiah ikan pita sebanyak 20 ekor @ Rp 10 ribu.

    Jelas mengenai jadwal kolam, kemudian Danu memberitahu fasilitas yang ada, seperti kantin, mushola dan toilet serta parkir motor dan mobil. Dari pengakuan Danu sejak dikelola ayahnya, beliau selalu mengingatkan harus bersikap adil dan bertindak jujur. Sebab itulah apa dikatakan ayahnya, Danu pun selalu adil dan jujur mengelola bisnis kolam pancing ini dan hasilnya Bontot tetap ramai baik itu Kolam A dan Kolam B.

    Selain itu informasi penting lainnya dari Danu, jika Bontot adakan lomba atau sedang disewa maka oleh beliau diberikan kelonggaran waktu saat lomba mancing usai dengan jam tidak dibatasi. “Usai lomba silahkan mancing bebas sampai bosan, tidak ada ketentuan batas waktunya sampai jam berapa,” terangnya dengan gamblang. Disinilah para pemancing dan penyewa merasa senang akan hal itu. Namun di akhir perbincangan ada satu kendala yang membuat Bontot belum bisa mencari solusinya, apa itu ? Jika musim kemarau datang maka yang terjadi Bontot mengalami kekeringan air di kolam dan harus menunggu musim hujan datang. Dan saat memasuki musim hujan Bontot kembali ramai didatangi pemancing. Itulah yang terjadi setiap tahunnya saat kemarau.

    Mau jajal Bontot, ayo dong datang kesana dan tinggal pilih mau ikut lomba Minggu, Rabu atau Sabtu, silahkan saja (rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Bontot

Jalan Legoso Raya (Samping Perumahan Bandar Legoso)

Kecamatan Pisangan, Kelurahan Ciputat Timur, Tangerang Selatan

Telp : 0813 – 8447 9036 (Sali)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply