Tua Muda Rebutan Tangkap Lele di Senayan. Seru Banget

cover-dkp

Kabarmancing.com, Senayan, Jakarta – Ada yang berbeda siang itu di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu 10 Desember 2016 kemarin. Ya, hari itu ada acara, bagi siapa yang mau ikan lele dipersilahkan ambil sendiri dengan syarat tangkapnya pakai tangan.

    dkp-10Acara yang dimulai jam 2 siang begitu heboh dan ramai ketika panitia memulai tangkap lele. Anak-anak, tua, muda, wanita dan pria tumpah di lokasi berebut sambil berteriak senang dan seru. Ya, itulah suasananya saat kabarmancing.com datang menyaksikan kegiatan itu.

    Tempat untuk menangkap lele oleh panitia dibuat seadanya ukurannya 5×5 meter yang terbuat dari bahan plastik tebal berwarna biru berbentuk lingkaran.  Lalu di dalamnya diisi air setinggi 80 cm. Acara yang dinamakan ‘’Pancing dan Bakar Ikan-Mu’ ini merupakan rangkaian kegiatan Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan tajuk ‘Festival Peringatan Hari Ikan Nasional Ke 3, Festival Perikanan Nusantara’ yang digelar di Parkir Timur Senayan selama 2 hari dari tanggal 10 dan 11 Desember 2016.

    dkp-9Di hari pertama ‘’Pancing dan Bakar Ikan-Mu’ yang dimulai siang hari, kolam buatan pun sudah siap di lokasi acara. Ada dua kolam dari plastik biru dimana masing-masing di isi 400 ekor lele dengan ukuran sekilo 8 ekor. Dari jumlah tersebut di kolam buatan itulah peserta boleh mengambil ikan lele secara cuma-cuma bagi siapa saja mau ikut.  ”Tidak ada aturan ketat, nangkapnya harus pakai tangan, tidak boleh diserok dan kaki tidak boleh masuk ke dalam,” ujar panitia.

ikan lelenya dikumpulkan di kantong plastik

Ikan lelenya sudah banyak dan dikumpulkan kedua wanita ini di kantong plastik

    Begitu acara dimulai, 2 kolam buatan itu diserbu pengunjung yang datang ke acara pameran pasca diumumkan. Tua muda berlomba mendapatkan lele-lele itu. Saling teriak dan ngedumel terus mewarnai suasana. Ikan lele yang dikenal tubuhnya licin bagi belum terbiasa sulit menangkapnya. Salah satu pengunjung dari Bogor bersama keluarganya tampak kewalahan, pasalnya anak, ibu dan bapak ini berkali-kali memakai tangan tidak berhasil, atas arahan si Ayah mereka pun menggunakan kantong plastik, alhasil lele bisa ditangkap dan kemudian mereka kumpulkan di kantong plastik besar. “Lumayan dapat 12 ekor,” ujar Asep asal Bogor itu.

    dkp-3Pokoknya seru banget, suasana tertawa membahana baik yang mengikuti kegiatan ini maupun yang menonton dan membuat semua orang tertawa. Karena banyaknya yang ikut acara tangkap lele, dalam hitungan jam tinggal sedikit, namun tak semuanya peserta bisa menikmati hasil tersebut. Ada beberapa peserta sedari tadi tidak dapat seekor pun, lalu dengan kesal ia menangkapnya dengan serokan dari jaring, bahkan ada yang memasukan kakinya sebelah agar lebih mudah menangkap, padahal itu dilarang panitia. Apa boleh buat, peserta lainnya ikutan. Panitia pun menegur serokan jaring dan kaki tidak boleh masuk. Pengunjung yang menyaksikan pun tertawa. Wah pokoknya seru deh.

    Setelah acara usai, panitia memberitahu ikan-ikan lele itu bisa langsung dibakar dan dimasak. Panitia sudah menyiapkan panggangan dan peserta tinggal membakarnya. Setelah dibakar para peserta pun menyantap hasil olahan mereka sendiri. Asik banget.(ronald/foto:dok.kabarmancing.com)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply