Pletess Mania Indonesia : Serasa di Alam Liar, Mancingnya Pakai Tegeg

Kabarmancing.com, Sukoharjo, Jawa Tengah – Kolam pancing ini ukurannya luas sekali, berbeda dengan kolam pancing pada umumnya. Saking luasnya yang mencapai 6800 meter bisa menampung lebih dari 250 orang. Ya, pemancingan ini bernama Pletess Mania Indonesia atau dikenal dengan sebutan PMI.

    Lokasi PMI sendiri berada di daerah Kriwen, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (sebelah selatan Pasar Cuplik Sukoharjo) atau setengah jam dari Kota Solo. Kebetulan kabarmancing.com sedang bertandang kesana untuk meliput kegiatan event mancing yang diselenggarakan PMI. Andi Gabah, pemilik dan pengelola PMI sedang ada di lokasi untuk menyiapkan event esok harinya yang akan dihadiri lebih dari 250 pemancing.

    Andi menerangkan, bahwa kolam miliknya itu berdiri di lahan sewa yang luas sekali. Kehadiran PMI sejak ia buka pada Februari 2018 lalu semakin membuat pemancing beralih ke kolam miliknya itu dengan alasan kolamnya luas, ikannya beragam dan jarak lempar yang jauh sehingga seperti mancing di alam liar saja. Konsep demikian memang sudah ada di benak Andi sejak lama yaitu membangun kolam pancing tapi suasananya seperti mancing di alam liar. “Konsep yang saya buat ini rasanya seperti mancing di waduk dan sungai di alam liar. Tentunya dengan hadirnya PMI sudah mewadahi para pemancing alam liar, mancing casting di laut dan air tawar menjadi satu. Selain itu PMI sekaligus ingin menyatukan semua komunitas mancing di tempat ini yang kami sebut Dermaga Mancing Mania,” sambung Andi.

    Itulah keinginannya dan akhirnya terwujud untuk mempersatukan visi dan misi menyalurkan hobi mancing, kegiatan sosial dan menjalin persaudaraan selamanya. Ya, sejak dibuka sampai sekarang nama PMI kian dikenal. Cara mancingnya pun unik yang biasanya pakai joran spinning disini mayoritas pemancing manggunakan joran tegeg. Memang unik dan penuh sensasi menggunakan tegeg apalagi ditambah beragamnya jenis ikan seperti nila, bawal dan ikan mas yang wara wiri di kolam dengan berbagai ukuran berat.

    Bagi Andi, dengan konsep demikian itu ternyata peminatnya banyak. Dan beliau membuat sistem untuk mancing di PMI dengan sistem harian dan lomba mingguan. “Untuk sehari-harinya sistem mancingnya harian dan setiap minggu lomba dengan tiket bervariasi,” katanya. Untuk lomba setiap minggu dikenakan tiket di Minggu Pertama Rp 150 ribu s/d Rp 250 ribu, Minggu Kedua tiket Rp 70 ribu s/d Rp 100 ribu, Minggu Ketiga tiket Rp 55 ribu s/d Rp 100 ribu dan Minggu Keempat tiket Rp 100 s/d Rp 150 ribu dengan kategori Juara 1, 2 dan 3 ikan tombro (mas) terberat dan Juara 4 dan 5 ikan nila terberat.

    Untuk mancing hariannya yang ditebar ikan tombro dan nila. Tiketnya mulai dari Rp 25 ribu s/d Rp 78 ribu dan main 2 sesi setiap harinya. Untuk harian dan lomba tambah Andi aturan main wajib 1 joran, 1 mata kail, ikan boleh bawa pulang. Aturan lainnya adalah jika si pemancing dapat ikan master tombro 3 kg up maka akan diganti uang Rp 50 ribu oleh PMI dan ikan harus dikembalikan dengan kompensasi penggantian uang. Hal yang sama juga berlaku dengan ikan nila 1 kg up  dan master patin juga diganti uang.

    Setiap menggelar lomba, Andi selalu membuka lebih dari 200 lapak dan untuk harian bisa dibuka 80 lapak sampai 150 lapak. Peminatnya pun tidak hanya datang dari Sukoharjo dan Solo bahkan dari Semarang, Yogyakarta serta kota-kota lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Andi Gabah (pemilik dan pengelola PMI)

    Saking luasnya PMI, banyak pemancing mengatakan mancing disini selain lemparannya cukup jauh juga suasana disekitar kolam sejuk karena hembusan angin yang dikelilingi sawah. Selain fasilitas satu kolam saja yang ada di PMI, fasilitas lainnya tersedianya warung minuman dan makanan, toilet-nya yang bersih dan ada ruang panitia serta musholla, begitu pula lahan parkir mobil dan motor yang bisa menampung puluhan mobil dan ratusan motor.

    Untuk bisa merasakan sensasi mancing di PMI tentu para angler harus datang kesana. Siapkan tegek Anda dan langsung meluncur ke PMI. Mau mancing harian atau lomba silahkan saja. Raih hadiahnya siapa tahu Anda menang jackpot yang sudah mencapai puluhan juta rupiah nilai uangnya. Selamat memancing.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pletess Mania Indonesia (PMI)

d/a Embung Bladon Kriwen

(Sebelah Selatan Pasar Cuplik Sukoharjo)

Sukoharjo, Jawa Tengah  

Telp : 0813 – 7505 5666 / FB : Pletess Mania Indonesia

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply