Persiapan, Peralatan, Umpan & Waktu yang Baik Mancing Bandeng

Kabarmancing.com, Jakarta – Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Dalam bahasa Bugis dan Makasar dikenal sebagai ikan bolu dan dalam bahasa Inggris milkfish. Bandeng juga merupakan ikan favorit pancingan para angler. Dengan ciri khas saat fight, dari mulai manuver loncat ke permukaan air hingga lari kencang bagai torpedo membuat bandeng banyak diminati pemancing.

    Waktu yang paling baik untuk mancing bandeng sekitar pagi jam 9 hingga jam 12 siang saat matahari bersinar terik. Lebih dari jam 12 bandeng akan sulit makan. Tapi tidak usah khawatir, mancing bandeng dapat dilanjut lagi sekitar jam 3 sore.

    Sedangkan untuk umpan yang biasa digunakan roti reject, yang di ulir di mata kail, pellet merah yang diseduh air panas atau dicampur dengan telur mentah (bebek atau ayam) yang dicantolkan di mata kail 1 s/d 3 butir dan udang.

 

Peralatan Mancing Bandeng :

  • Joran : Joran yang digunakan mancing bandeng biasanya berukuran 150 cm hingga 180 cm dengan action medium serta rating kenur 3 – 18 lbs
  • Ril : Untuk mancing bandeng ril yang digunakan biasanya seri 1000 – 4000
  • Line : Line yang digunakan untuk mancing ikan bandeng monofilament : 2lbs – 20lbs atau PE 1 – PE 2.
  • Kail : Kail yang digunakan untuk mancing bandeng biasanya No 3, 4 atau 5.
  • Timah Pemberat : Pemberat dari timah bulat nomor 4 atau timah melinjo biasanya digunakan pemancing bandeng.
  • Stopper : Bawa stopper secukupnya pada saat mancing bandeng.

 

Persiapan Mancing Bandeng :

    Untuk Anda para pemancing yang ingin merasakan mancing bandeng, ikan ini dapat dipancing dengan rangkaian pancing glosor ataupun menggunakan pelampung. Karena tipe ikan bandeng terus melawan, bahkan saat sudah terangkat ikan ini masih meronta-ronta. Oleh karena itu, untuk lebih amannya ketika melepas mata kail dari mulut ikan ada baiknya menggunakan satu buah mata kail dengan nomor 3. Hal ini untuk melindungi tangan agar terhindar dari tusukan liar mata kail yang menggantung bebas.

    Saat siang ketika ikan bandeng sulit didapat dengan menggunakan pelampung, maka saat itu pula Anda ganti rangkaian dengan glosor. Biasanya ikan yang memakan umpan ikan bandeng besar. Gunakan umpan pellet merah atau pellet olahan/racikan dengan bahan lainnya, seperti telur atau sarden dan lainnya.

    Jangan ragu untuk ngebom atau cumming dengan menggunakan pellet yang telah disediakan oleh pihak kolam, biasanya dengan melempar pellet ikan bandeng langsung berjibaku berebut pakan di permukaan air. Disinilah Anda langsung melontar umpan dan lebih baiknya menggunakan pelampung.

    Jika terkendala dengan angin, maka lempar atau cumming pellet di sisi kolam terjauh dan biarkan pellet terbawa angin. Hindari lempar umpan dengan berlawanan angin, karena posisi pelampung akan terbawa hanyut oleh angin.

    Nah, jika Anda ingin merasakan nikmatnya mancing bandeng ada baiknya untuk menambah kenyamanan harap membawa sunblock, topi, payung, kaos lengan panjang, kacamata hitam dan minimal bawa 2 joran untuk cadangan dan bawa minum supaya tidak dehidrasi, lalu siapkan kain lap atau sarung tangan, supaya ikan bandeng yang kita dapat tidak mudah lepas. Selamat memancing bandeng.(andi/foto dok:kabarmancing.com)

example banner example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses