Umpan Air Tawar : Umpan Lele Untuk Kolam Pancing & Sungai

Kabarmancing.com – Setelah membahas umpan untuk ikan bawal dan ikan mas, kali ini membahas kembali bermacam jenis umpan pancing untuk ikan lele di kolam pancing dan sungai. Tentu ada beberapa diantara pemancing belum tahu akan hal tersebut. Ya, pada dasarnya umpan lele untuk kolam pancing dan sungai sama saja namun untuk mengetahui lebih detail berikut ulasannya :

  • Cacing :

    Umpan cacing adalah umpan paling umum, untuk ikan lele cacing yang digemari adalah cacing sawah (cacing merah dan cacing cobra). Untuk cacing tanah yang disukai cacing lur (cacing agak putih kemerahan, seperti ada cincin di leher). Untuk pemasangan di mata kail usahakan berbentuk menggerombol, dapat berisi 2 – 5 cacing dalam 1 mata kail. Umpan ini bisa digunakan di kolam pancing dan sungai.

  • Jangkrik dan Orong-Orong :

    Ini juga termasuk umpan yang ampuh untuk ikan lele, jenis umpan ini hampir sama. Tapi orong-orong cenderung lebih ganas. Cara pemasangannya yaitu, kepala dan kaki dibuang, tancapkan mata kail melalui leher, ujung belakang (pantat) disobek sedikit kemudian badan jangkrik/orong-orong ditekan sehingga bagian dalam perut keluar sedikit. Bila suhu air dingin/di malam hari bisa dibakar sedikit untuk mengeluarkan aroma. Umpan ini bisa digunakan di kolam pancing dan sungai.

  • Ikan Kecil (Ikan Cemplon/Gathul) :

    Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar dan umpan ini bisa digunakan di kolam pancing dan sungai.

  • Katak Kecil :

    Umpan katak kecil cenderung akan dimakan ikan lele yang besar. Dan jenis umpan ini bisa juga digunakan di kolam pancing dan sungai.

  • Daging ayam :

    Umpan ini baik untuk digunakan saat lomba, ikan yang baru dari tandon cenderung menyukai umpan ini. Caranya daging ayam dikukus, kemudian disobek kecil-kecil dan memanjang. Pasang mata kail pada bagian tengah memanjang sobekan daging ayam, isi 3 – 5 sobekan. Untuk hasil maksimal celupkan dulu ke dalam kuning telur bebek yang diaduk sebelum dilempar ke air. Namun umpan ini hanya bisa digunakan di kolam pancing saja.

    Selamat mencoba.(sumber:verry hobi mancing/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply