Belut Listrik : Bisa Menghasilkan Listrik 650 Volt. Luar Biasa

Belut Listrik 1

Kabarmancing.com, Jakarta – Kalau Anda ditanya tahu tidak belut, pasti jawabnya tahu. Nah, belut itu banyak tipe jenisnya dan salah satunya ialah belut listrik (Electrophorus electricus). Belut listrik termasuk spesis ikan yang tergolong dalam kategori keluarga gymnotiformes dimana mereka adalah jenis ikan yang mampu menghasilkan tenaga listrik (selain daripada jenis Knifefish). Tenaga listrik yang dihasilkan belut listrik ini digunakan sebagai alat untuk berburu, berinteraksi dengan belut lain dan mempertahankan diri.

    Walaupun ia diberi nama belut listrik, namun secara ilmiahnya mereka diklasifikasikan sebagai ikan karena jenis keluarga mereka lebih terarah ke keluarga ikan keli (catfish) dan ikan pisau (knifefish).

    Belut listrik dapat menghasilkan listrik hingga 650 volt yang banyak ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah disekitarnya. Hewan ini bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat hingga 20 kg (44 pon), meskipun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 meter. Hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5000 buah.

    Tegangan listrik tiap baterai kecil ini tidaklah besar, tetapi kalau semua baterai dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh  tegangan listrik sekitar 600 volt. Ujung ekornya berfungsi sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala berfungsi sebagai kutub negatif.

    Belut listrik dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya untuk mendapatkan tegangan listrik kecil dan listrik besar. Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik kecil. Tetapi ketika bertemu musuh atau mangsanya, belut listrik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh/mangsanya. Arus listrik sekitar 1 ampere akan dialirkan ke tubuh mangsanya dan tentunya bisa membunuh mereka. Hewan lain tak terganggu karena mereka tidak bersentuhan langsung dengan ekor dan kepala belut.

    Ada cerita tentang belut listrik ini, yaitu dimana seorang pemancing yang sedang memancing di pinggir sungai berhasil menjerat seekor belut listrik. Namun sepertinya sang pemancing tidak sadar bahwa yang ia pancing seekor belut listrik. Ketika ia sedang berusaha menaikkan hasil pancingannya itu, tanpa disadari seekor buaya yang lapar ternyata menghampiri belut itu. Dengan cekatan, buaya tersebut menyergap belut. Tapi sayangnya sang buaya tidak menyadari bahwa mangsanya itu adalah belut listrik.

    Dalam beberapa menit saja, tamatlah riwayat sang buaya karena sengatan listrik yang dihasilkan belut itu. Itulah cerita kehebatan dan keunikan belut listrik.(bayu/berbagai sumber/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply